Mungkin kamu memiliki cita-cita berbisnis seperti kebanyakan orang. Kebebasan waktu, kebebasan melakukan hal yang disuka, dan tentunya impian untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik nantinya. Apalagi jika kamu sering membaca biografi tentang pebisnis yang sukses, sudah pasti tanganmu akan semakin gatal untuk segera membuka bisnismu sendiri.

Namun dalam praktiknya, berbisnis bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan serta dilakukan agar kamu tetap bisa mendapat untung dan meningkatkan penjualan. Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis sendiri pasti pernah menemui beberapa hambatan, kegagalan, serta berbagai masalah lainnya.

Advertisement

Kamu tak perlu takut maupun berkecil hati, apalagi mundur dari usahamu saat ini. Justru dengan keberanianmu membuka usaha, kamu mendapatkan segudang keuntungan daripada mereka yang hanya sekadar berencana.

Sekecil apapun usaha yang kamu kembangkan sekarang, beberapa pelajaran ini layak jadi alasanmu bertahan.

1. Beruntunglah kamu yang saat ini sudah memiliki bisnis sendiri. Tujuan hidupmu sudah bisa kamu petakan, tak perlu bimbang dengan segala kemungkinan

Kamu mengerti tujuan hidupmu

Kamu mengerti tujuan hidupmu via www.bloomberg.com

Kamu yang saat ini sedang menekuni bisnis—apapun itu pasti sudah bermimpi ingin membesarkan dan mengembangkan usahamu. Misalnya saja kamu sedang berbisnis rumah makan, pastilah sebelumnya kamu sudah melakukan riset kecil-kecilan dan sudah memiliki rencana ke depan bagaimana nantinya restoranmu dioperasikan.

Advertisement

Bukan tidak mungkin jika sebagian atau bahkan seluruh waktu dan tenagamu didedikasikan untuk membuat usahamu maju. Hal ini tentunya berbeda dengan mereka yang masih terombang-ambing, masih ragu-ragu untuk memulai berbisnis sendiri, dan hal-hal lain yang sudah pasti menghambat keberanian mereka untuk membuka bisnis mereka sendiri.

2. Membuka usaha sendiri adalah bukti kamu orang yang percaya diri. Walau tak ada yang pasti, kamu berani mengandalkan kelihaianmu mengkalkulasi

Kamu sudah mencoba

Percaya diri via in-cyprus.com

Namanya saja dunia usaha, pasti semuanya serba tidak pasti. Mungkin saja demam batu akik seperti saat ini bisa mendulang rupiah bagi mereka yang berkecimpung di dalamnya, namun siapa tahu 5 sampai 10 tahun mendatang justru bisnis ini malah makin sepi karena terlalu banyak yang mengikuti tren ini.

Mungkin saja bisnis yang kamu geluti saat ini belum banyak orang yang menggeluti, atau istilah kerennya niche market. Tapi siapa tahu beberapa tahun lagi justru bisnis yang kamu gerakkan akan menjadi booming dan berkali-kali lipat lebih menguntungkan daripada saat ini. Jika ini sungguh-sungguh terjadi, maka kamu akan diuntungkan karena sudah mencuri start terlabih dahulu.

3. Meski bisnismu belum mendominasi pasar dan bermasalah di tengah jalan, sudah bagus ketika hingga sekarang ia masih bertahan

Percayalah, kesulitan hanya bersifat sementara

Percayalah, kesulitan hanya bersifat sementara via www.bloomberg.com

Tak banyak orang yang berani banting setir dan berganti haluan menjadi pengusaha. Jadi jika kamu memang berani melakukannya, itu berarti bahwa kamu adalah pribadi yang  memiliki percaya diri tinggi dibanding dengan orang-orang lain yang masih ragu-ragu mengikuti kata hati.

Mungkin kamu seringkali mengalami berbagai macam masalah ketika menjalankan bisnismu. Namun percayalah semua hal itu hanya bersifat sementara. Tak ada yang abadi di dunia ini. Begitu pula segala macam cobaan yang datang menghadang. Jika kamu benar-benar bisa berhasil melewati segala rintangan, sudah pasti kamu akan mereguk nikmat manisnya kesuksesan.

4. Teman-temanmu yang lainnya boleh jadi bisa berencana. Namun — walau masih kecil-kecilan — kamu sudah mencoba secara nyata

Yang penting kamu sudah mencoba

Yang penting kamu sudah mencoba via MeskiUsahamuMasihKecil,

Hal ini merupakan langkah yang sangat baik untukmu. Pasalnya, kamu sudah berani melangkah ketika teman-temanmu yang lain hanya masih bisa berencana dan bermimipi membuka usaha yang sebenarnya. Pasti kamu sering kan mendengar curhatan mereka-mereka yang hanya mengumbar mimpi dan cita-cita?

Tak salah memang. Namun jika rencana yang telah dipersiapkan dengan amat sangat matang tak juga dilaksanakan, sama saja dengan membiarkan ide-ide itu menumpuk dan membusuk di kepala. Semakin matang rencanamu, maka kamu akan semakin takut menjalankannya. Padahal, keberanian untuk memulai itulah yang sebenarnya amat diperlukan. Membuat rencana hanya seperlunya saja, dan gambaran besarnya saja. Apalagi dengan keberanianmu mencoba ini, kamu akan diuntungkan karena kamu sudah beberapa langkah lebih maju dari orang-orang lain yang masih menyimpan mimpi mereka di kepala.

5. Mungkin kamu pernah menemui kegagalan. Namun bukankah itu yang membuatmu sekarang kuat mental?

Mentalmu akan ditempa menjadi sekuat baja

Mentalmu akan ditempa menjadi sekuat baja via teespring.com

Segala macam masalah, serta aral yang melintang mungkin saja sering menghadang jalanmu dan menghambat pencapaianmu menuju kesuksesan. Namun percayalah, alih-alih akan menjungkalkanmu, masalah-masalah ini justru akan membuat mentalmu semakin tertempa hingga sekuat baja.

Kamu akan menemukan bahwa untuk menjadi pengusaha yang sebenarnya, kamu harus memiliki mental yang kuat dan tak gampang menyerah. Jika kamu sering membaca biografi orang-orang sukses, maka kamu akan mendapati bahwa mereka justru seringkali terjatuh dan menemui kegagalan dalam hidupnya. Dibalik kesuksesan dan kekayaan yang mereka miliki, justru kegagalan seringkali mereka temui.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan meski bisnismu yang sekarang masih jauh dari kesuksesan. Yang perlu kamu lakukan adalah berusaha, percaya, dan berdoa agar Dia senantiasa mau menolong dirimu yang sedang mengalami kesulitan sementara. Jadi, tetap semangat menjalani bisnismu ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya