Seandainya saja hati manusia itu bisa disetting seperti komputer, tentu kamu nggak akan kesulitan menghapus sakit hati di masa lalu. Tinggal menekan tombol ctrl+alt+del, semua kenangan buruk akan terhapus dari benakmu. Sayangnya, ya, otak manusia lebih hebat dari komputer. Kenangan tentang mantan bisa mengendap begitu lama, tanpa bisa dipindahkan ke recycle bin.

Tapi sesulit apapun itu, kamu harus tetap move on. Karena kamu nggak akan menemukan sesuatu yang baru jika kamu terus-terusan duduk di tempat yang sama. Untuk kamu para pejuang move on, biar semangatmu tetap on, Hipwee akan menemanimu dengan lagu-lagu bersemangat ini. Pelan-pelan saja nggak apa-apa, lama-lama nanti kamu bisa bilang ‘bye mantan!’

1. Somebody That I Used To Know by Gotye

But you didn’t have to cut me off
Make out like it never happened and that we were nothing
And I don’t even need your love
But you treat me like a stranger and that feels so rough
No you didn’t have to stoop so low
Have your friends collect your records and then change your number
I guess that I don’t need that though
Now you’re just somebody that I used to know

Ya, ya, dan ya. Meski putus, hubungan dengan mantan tak harus jadi musuh. Kamu nggak harus menghindar, menghapus semua kontak dan akun media sosialnya, dan pura-pura nggak pernah mengenalnya. Karena toh, bagaimanapun juga, kamu pernah bahagia dengan dia. Sekarang anggap saja dia hanya seseorang yang pernah kamu kenal, seperti kata Gotye. Kamu pasti bisa!

2. Terlatih Patah Hati by The Rain

Aku sudah mulai lupa

Saat pertama rasakan lara

Oleh harapan yang pupus

Hingga hati cedera serius

Advertisement

Orang datang dan pergi, itu patah hati. Berkali-kali kehilangan, berkali-kali ditinggalkan,justru akan membuatmu semakin kuat dan terlatih untuk menghadapi kerasnya kehidupan. Wajar kalau kamu susah melupakannya. Wajar kalau kamu terkadang ingat-ingat tentang kenangan kalian. Namanya juga mantan. Jadi, terima kasih, Mantan!

3. Lapang dada by Sheila On 7

Kau harus bisa

Bisa berlapang dada

Kau harus bisa

Bisa ambil hikmahnya

Karena semua

Semua tak lagi sama

Walau kau tahu dia pun merasakannya

4. Irreplaceable by Beyonce

So since I’m not your everything
How about I’ll be nothing
Nothing at all to you
Baby I won’t shed a tear for you
I won’t lose a wink of sleep
‘Cause the truth of the matter is
Replacing you is so easy

Kalau semangatmu untuk move on hilang, ingat-ingat bahwa mungkin dirinya sudah menemukan penggantimu? Semakin sedih? Ya, itu wajar. Tapi setidaknya kamu tahu bahwa terlalu lama mengenangnya dan menangisi kisah yang sia-sia, itu nggak ada gunanya. Daripada begitu, mending kamu berusaha keras menyembuhkan hati, supaya bisa segera siap menyambut cinta yang baru.

5. Stronger by Britney Spears

Stronger than yesterday
Now it’s nothing but my way
My lonliness ain’t killing me no more
I’m stronger

Lagu lama Britney Spears ini masih lumayan enak didengarkan. Terutama buat kamu yang jengah dengan pacar yang hobi mengekang. Perpisahanmu dengannya justru akan memberimu kebebasan. Sekarang kamu bisa melakukan apa yang kamu mau, dan kamu juga jauh lebih kuat dari hari yang lalu. Tunggu apa lagi? Segera maju!

6. Don’t bother by Shakira

So don’t bother
I won’t die of deception
I promise you won’t ever see me cry
Don’t feel sorry

Patah hati tidak akan membuatmu mati. Apalagi melihat mantanmu sudah menggandeng calon pengganti. Ah sudahlah. Sakit hatimu saat ini dirasakan saja. Proses penyembuhan hati itu, dinikmati saja.

7. Move On by Souljah

Jika bukan sekarang mungkin terjadi nanti

Yang terbaik datang bukan sembarang

Hidup yang berputar-putar, sulit, sukar

Kita memang harus sabar

Lagu Souljah yang satu ini memang nggak diragukan lagi khasiatnya. Kamu yang sedang berusaha move on wajib mendengarkan lagu ini, supaya kamu sadar bahwa hari yang indah sudah menanti. Kalau kamu ingin menemukannya, kamu harus bergerak, nggak boleh tetap di masa lalu. Karena yang terbaik datang bukan sembarang :’)

8. Bye-bye by Raisa

Hey girl
You know you’re amazing
Anyone who gets to love you is one lucky guy

Hey girl
You know you’re a queen
If he doesn’t appreciate you then its time to say..

Bye bye bye

Perpisahanmu dengan dia pasti ada sebabnya. Kamu tahu pasti kualitas dirimu. Daripada terus-terusan meratapi kisah lalu, ini bisa menjadi saatnya mengembangkan potensimu. Dia yang nggak menghargaimu, sudah saatnya ditinggalkan.

9. Santai Saja by Saint Loco

Santai saja kawan
Ikuti kata hati biarkan sedihmu berlalu
Kau pasti bisa
Menjadi suatu hari dengan pagi yang baru
Tenang saja kawan
Hadapilah semua

Kau harus bersabar
Semua indah pada waktunya

Move on memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Sakitnya patah hati itu memang bukan ilusi. Saat segala hal yang kamu perjuangkan berjalan nggak sesuai harapan, sabar saja. Santai saja. Mungkin itu bukan rezekimu. Dihadapi saja, karena memang hidup banyak masalahnya. Tapi toh, justru itu indahnya?

10. Tak Ingin Lagi by Dewi Sandra

Tak ingin lagi

Kudengar kata-kata yang tak berarti dari dirimu

Kan kujalani hidupku

Meski tanpa kamu

Masih banyak yang lebih baik darimu…

Sebagai penonton sinetron Catatan Hati Seorang Istri, mungkin kamu lupa bahwa dulu Dewi Sandra adalah seorang penyanyi. Supaya kamu semakin semangat move on, Dewi Sandar meyakinkanmu bahwa di luar sana masih banyak yang lebih baik daripada mantanmu. Percaya saja, toh di dunia ini ada lebih dari semilyar manusia. Untuk apa terus-terusan memikirkan masa lalu?

11.  I Will Survive by Gloria Gaynor

Go on now, go. Walk out the door
Just turn around now ’cause you’re not welcome anymore
Weren’t you the one who tried to hurt me with goodbye?
Did you think I’d crumble?
Did you think I’d lay down and die?

Sebagai pejuang move on, kamu harus mencoba lagu move on sepanjang masa yang populer di zaman orang tuamu ini. Mantan adalah mantan. Meskipun kenangannya sering datang tiba-tiba dan tak terduga, tapi tetap saja dia bagian dari masa lalu. Jangan memberinya kesempatan untuk menjegal langkahmu. Kamu lebih kuat dari itu.

Sudah Hipwee temani sampai sini, moveon mu sudah sampai mana? Jangan putus asa kalau kamu masih sesekali ingat dia. Jangan juga panik saat dia sudah bersama orang lain lagi. Sekarang kamu menyanyikan lagu-lagu move on dulu, nanti kamu juga akan menyanyikan lagu-lagu cinta dan kemenangan.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!