Melihat pengemis di jalan, pengin nangis. Melihat kucing kelaparan, air mata langsung bercucuran. Ada teman minta tolong, sebenarnya kamu sendiri sedang repot, tapi mau menolak rasanya nggak tega. Kalau ada omongan teman yang kurang enak, kebawa pikirannya sampai berhari-hari, padahal mungkin temanmu juga nggak sengaja.

Menjadi orang sensitif memang sedikit merepotkan. Karena ada satu hal yang selalu menghalangimu untuk berbuat semau-maunya: hatimu sendiri. Yap, kamu sering heran sekaligus iri bagaimana orang bisa hidup dengan easy-going, cuek, dan nggak terlalu ambil pusing. Tapi sebenarnya sifatmu yang sensitif itu juga membuat orang mudah jatuh hati lho!

1. Kamu mudah simpati dan empati dengan penderitaan orang lain. Kepedulianmu yang tinggi membuat orang jatuh hati

Kepedulian yang tinggi

Kepedulianmu bikin orang jatuh hati via barkpost.com

Advertisement

Dari sananya hatimu memang halus dan lembut. Kamu mudah menaruh simpati ataupun empati atas kondisi orang lain. Saat seseorang sedang dalam kesulitan atau kesedihan, kamu bisa dengan mudah membayangkan bagaimana jika kamu yang ada di posisi itu. Karena itu, kamu sulit untuk nggak peduli ataupun menutup mata. Kepedulian yang luar biasa mudah membuat orang lain kagum, karena tidak mudah untuk memikirkan orang lain lebih dari diri sendiri.

2. Kamu juga sering dianggap bijak, semata-mata karena kamu tak bisa mengambil keputusan hanya mengandalkan pendapatmu sendiri

Mempertimbangkan keputusan masak-masak

Kamu selalu mempertimbangkan keputusan matang-matang via idontcareifyoudontbelieveme.tumblr.com

Perasaan orang lain adalah hal yang selalu kamu pikirkan. Bila diharuskan membuat keputusan yang berkaitan dengan orang banyak, kamu mungkin sedikit kesulitan. Karena kamu nggak mau ada yang dirugikan dari keputusanmu. Tapi dari situ, kamu justru bisa mempertimbangkan suatu masalah lebih mendalam dengan memperhatikan posisi-posisi orang lain. Kebiasaanmu untuk berpikir mendalam membuatmu menjadi sosok paling bijak di antara teman-teman.

3. Hatimu yang sensitif bisa membaca membaca situasi dengan mudah. Nggak heran kalau kamu sering jadi tempat curhat teman-teman

peka pada perasaan teman

Selalu peka dengan perasaan teman via www.huffingtonpost.com

Tingkat kepekaan hatimu nggak diragukan lagi. Hanya dengan melihat raut wajahnya atau nada bicaranya, kamu sering bisa menebak bagaimana suasana hati temanmu. Bila sedang dalam situasi tertentu, kamu juga tahu apa yang harus dikatakan dan apa yang nggak boleh dikatakan. Karena itulah, teman-temanmu selalu merasa nyaman menjadikanmu tempat untuk bercerita. Selain kamu bisa memberi saran yang jitu, kamu juga mudah mengerti perasaannya.

4. Perasaanmu yang tajam, bisa melihat yang tak biasa dari hal yang biasa. Kreativitasmu mampu menciptakan sesuatu yang baru

Kreatif

Pada dasarnya kamu orangnya kreatif via creativethinkingmsu.tumblr.com

Advertisement

Ketajaman perasaanmu, yang seringkali kamu sesali karena membuatmu mudah tersentuh, sebenarnya memberikan keuntungan sendiri. Kamu bisa menemukan hal-hal unik dari hal-hal biasa yang mungkin nggak ditemukan orang lain. Kamu punya daya kreatif yang tinggi, karena hatimu bisa menangkap tanda-tanda dari sekitarmu. Puisi, lagu, novel, film, adalah karya-karya yang membutuhkan kepekaan terhadap situasi sehari-hari yang kamu alami.

5. Selain kreatif, kamu juga teliti. Detail-detail kecil yang luput dari perhatian orang bisa kamu lihat dalam sekejap

Memperhatikan detil

Memperhatikan detil via djmculinary.com

Bukan hanya daya kreatif yang kamu punya, kamu juga selalu memperhatikan segala aspek dari karya. Detil-detil kecil yang biasanya terlupakan atau diabaikan, justru sering mengganggu perhatianmu. Karena itu, kepekaanmu terhadap detil ini membuat pendapatmu selalu dinanti-nanti. Karena apa yang kamu katakana pastinya bisa membuat sebuah karya menjadi semakin maksimal.

6. Menyakiti perasaan orang lain adalah hal paling kamu hindari. Orang senang berada di dekatmu karena kamu sopan, hangat, dan cinta damai

Banyak teman

Teman-temanmu senang berada di dekatmu via www.playbuzz.com

Kebiasaan nggak ingin menyakiti perasaan orang lain akan terbawa sampai ke sikapmu sehari-hari. Selalu sopan, ramah, dan cinta damai adalah trade mark-mu. Kamu nggak suka berselisih, dan sebisa mungkin kamu menghindari konflik. Karena kamu enggan menyinggung perasaan orang lain, kamu selalu menjaga sikap dan kata-katamu. Karena itu, orang juga menjadi nyaman berada di dekatmu.

7. Saat teman butuh bantuan, kamu orang yang paling tanggap dan cepat mengambil tindakan. Karena inilah kamu selalu disayang

Tanggap membantu

Selalu tanggap membantu dan mengulurkan tangan via wherefaithmeetsreallife.wordpress.com

Karena kamu mudah tersentuh dan berempati dengan keadaan orang, kamu juga orang yang paling cepat mengambil tindakan ketika ada yang butuh bantuan. Dalam membantu orang lain, kamu nggak pernah pilih-pilih ataupun setengah-setengah. Karena kebaikan hatimu ini, teman-temanmu juga jadi sayang. Tapi, kamu juga harus waspada. Karena ada saja orang yang membalas kebaikanmu dengan air tuba. Begitulah dunia.

8. Kamu selalu intropeksi diri dari kesalahan. Dari sana, kamu selalu belajar untuk jadi semakin baik setiap harinya

Mudah instrospeksi diri

Mudah introspeksi diri via www.pillowfights.gr

Setelah bertemu dan ngobrol dengan seorang teman, terkadang kamu merasa telah mengatakan sesuatu yang membuatnya tersinggung. Hal ini bisa membuatmu merasa nggak enak dan bersalah selama berhari-hari. Sebagai orang sensitif, hal seperti adalah biasa. Sisi positifnya, kamu selalu bisa instropeksi diri. Kamu mudah mengakui bahwa kamu melakukan kesalahan, dan dari sana, kamu senantiasa bergerak memperbaiki diri.

Tidak ada salahnya menjadi orang yang sensitif. Justru banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Hatimu yang lembut dan mudah tersentuh, justru membuatmu semakin menjadi manusia kok. Meski mudah tersentuh dengan kejadian-kejadian sederhana, kamu juga mudah bahagia dengan hal-hal sederhana.

Dan kalau menurut kamu, kepribadiannya Anisa Rahma gimana? 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya