Apakah melakukan suatu hal sendirian sering membuatmu khawatir dan tidak nyaman? Mungkin kamu takut kesepian, atau kelihatan tidak punya teman. Sehingga hal ini akan membuatmu mengurungkan niat untuk melakukan sesuatu karena malas melakukannya sendirian.

Apalagi jika kamu sebenarnya sedang berada dalam suatu hubungan yang bahagia. Dengan adanya sosok kekasih di sisi, kamu lebih memilih untuk kemana-mana selalu berdua. Padahal, sebenarnya kamu tak perlu merasa perlu ditemani setiap waktu. Sendirian untuk sementara waktu justru bisa sangat membantumu.

Dalam artikel ini, Hipwee akan membahas apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan hanya ketika sendirian. Semoga tak ada lagi yang perlu kamu takutkan walaupun kamu sedang tidak bersama sang pujaan hati.

1. Menghabiskan waktu dengan pasangan memang membahagiakan, tapi juga menghabiskan energi. Kamu bisa mendapatkan energimu kembali saat sedang sendiri.

dengan sendiri, kamu akan mendapatkan energimu kembali

Bercengkerama dengan kekasih bisa menguras energimu. Ya, disadari atau tidak kamu akan berusaha menyesuaikan diri dengannya, demi menghindari konflik dalam hubungan. Kamu juga akan berusaha untuk membaca emosi kekasihmu, supaya saat melontarkan sesuatu tidak menyinggung perasaannya. Hal ini akan cukup menguras emosi serta energi yang kamu miliki.

Advertisement

Berbeda halnya ketika kamu menghabiskan waktu sendirian. Kamu tidak perlu berpura-pura untuk bisa diterima. Kamu bisa senyaman mungkin menjadi dirimu sendiri. Waktu berkualitas dengan dirimu sendiri lah yang dibutuhkan untuk mengembalikan energimu yang sempat hilang. Kamu bisa beristirahat, menenangkan diri, dan menemukan kembali kekuatan dalam dirimu. Ketika kamu kembali terjun ke dunia “yang sebenarnya”, kamu akan mampu beraksi dengan baterai yang penuh.

2. Kamu juga akan ingat bahwa kamulah yang memegang kendali penuh atas hidupmu, bahkan kamu tidak harus minta pengakuan dari orang lain termasuk kekasihmu

kamulah yang memegang kendali via www.igre123.com

Tidak ada dari kita yang bisa hidup tanpa orang lain. Tapi justru karena itu, kita butuh menarik diri dari pergaulan sosial sekali-sekali. Ketika sendirian, kamu memegang kendali penuh atas hidupmu. Orang lain tak akan mampu mengatur hidupmu, termasuk kekasih hatimu.

Dengan sesekali menyendiri, kamu akan dapat beristirahat dan menghela napas. Pikiranmu bisa bersih dari kegalauan atau pencapaian orang lain yang selama ini merasuki kehidupanmu. Kamu bisa fokus pada diri sendiri, dan diingatkan bahwa hidup bukanlah kompetisi.

3. Sendirian juga bisa membuatmu lebih paham atas apa yang sebenarnya kamu inginkan

dirimu yang sebenarnya via helpforcodependency.com

Jangan takut untuk mengasingkan diri dari orang lain dan pengaruh luar untuk sementara waktu, termasuk pacarmu sendiri. Justru hanya dengan itu, kamu bisa menciptakan sudut pandangmu sendiri. Ya, kamu memang kadang memerlukan waktu extra untuk dirimu.

Dengan menemukan sudut pandangmu, kamu akan tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan, atau apakah memang yang kamu khawatirkan itu benar. Tak ada kepentingan atau permintaan orang lain yang mengganggu pikiranmu. Hanya dengan begitu, kamu bisa melihat sifat dirimu yang biasanya tertutupi ketika kamu bersama orang lain. Hal ini juga akan membutmu lebih memahami dirimu seutuhnya, apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup.

4. Sendirian akan membuat fokusmu tak terpecah, hal ini akan membuatmu bisa menjadi lebih mudah menyusun rencana hidup

menyusun rencana via favim.com

Saat sedang sendirian, kamu bisa lebih berpikir jernih tentang rencana-rencana dan prioritas pribadimu tanpa terganggun dengan prioritas dari kekasihmu. Apa sebenarnya yang ingin kamu capai dalam waktu satu, lima, dan sepuluh tahun? Agar harapan itu benar-benar terwujud, strategi apa yang harus kamu susun?

Selanjutnya, sesuaikan rencana yang sudah kamu buat itu dengan kepentingan-kepentingan orang lain di sekitarmu. Jika targetmu dalam dua tahun adalah mengambil gelar Master di luar negeri, kamu harus memikirkan siapa yang akan menjaga orang tuamu selagi kamu pergi. Atau kiat-kita apa yang harus dipersiapkan bersama dengan pacar supaya bisa melewati LDR nanti. Dengan begitu, rencanamu tidak hanya akan menjadi terbaik bagimu, namun juga orang-orang yang penting bagimu.

5. Selain itu, bukankah ketika sedang sendirian kamu bisa melatih kemandirian?

mandiri karena terbiasa kemana-mana sendiri via pixgood.com

Ketika bersama dengan kekasih, kamu bisa selalu mengandalkannya. Minta ditemani untuk membeli makan, minta diantarkan kursus, atau sekedar minta tolong untuk membelikan galon. Tentu berbeda kasusnya ketika kamu sedang sendirian. Kamu lapar? Kamu harus keluar, karena makanan tidak akan datang sendiri ke kamarmu. Begitu juga ketika galon air di kamarmu habis, kamu bisa memutar otak bagaimana cara membeli galon sendiri dengan meminimalisir energi, mengandalkan jasa delivery order misalnya.

Kesendirian akan melatihmu untuk menghadapi segala hal dengan kemampuan dan pertimbanganmu sendiri. Hanya dengan sendiri, kamu bisa jadi lebih mandiri. Dan, bukankah hal ini bisa dibanggakan karena kamu tidak perlu bergantung kepada orang lain termasuk kekasihmu sendiri?

6. Tidak hanya makin mandiri, secara tidak langsung kamu juga akan makin produktif

kamu menjadi lebih produktif via theteashed.wordpress.com

Selain lebih mandiri, sendirian juga akan membuatmu lebih produktif. Karena melakukan segalanya sendirian, mau tidak mau kamu akan beranjak dan mengandalkan diri sendiri. Bahkan, saat-saat sendiri juga bisa mendatangkan ide ke dalam lingkar kepalamu karena keadaan di sekitarmu sedang minim distraksi. Hal ini bisa membuat produktifitas di dalam dirimu melonjak dua kali lipat daripada saat kamu sedang bersama dengan orang lain maupun kekasih hati.

7. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang kamu suka sepuas yang kamu mau. Tak perlu gengsi atau malu!

bersenang-senang via quoteimg.com

Kamu bisa bernyanyi-nyanyi di kamar sendirian, mengikuti irama lagu favoritmu. Kamu bisa menari dan meloncat di kasur tanpa ada yang peduli. Kamu bisa menonton serial TV favoritmu, atau berjalan-jalan ke mall. Atau kamu bisa kembali menekuni hobi yang selama ini terlupakan karena sebagian besar waktumu tergadai hanya untuk bersama pasangan. Ada begitu banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan sendirian.

Barulah setelah ini kamu sadar bahwa kamu tak perlu orang lain untuk menghasilkan momen-momen yang ceria. Bahkan, kekasih hatimu juga bukan sumber kebahagiaan utamamu. Dirimu saja cukup untuk membuatmu bahagia.

8. Karena pada saat sendiri, kamu juga akan istirahat dari keharusan membuat orang lain bahagia

kamu akan istirahat dari keharusan membahagiakan orang lain via pixgood.com

Tanpa kamu sadari, saat sedang berkumpul dengan orang lain kamu memiliki keinginan untuk menyenangkan hati mereka pun saat kamu sedang bersama kekasih. Kamu ingin membuatnya bahagia dan tertawa. Hal ini terkadang akan membuatmu lelah. Berbeda halnya di saat kamu sendiri. Saat sendirian kamu bebas mengekspresikan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia walaupun hal itu akan membuat kekasihmu jengkel.

Kamu bisa terfokus hanya pada kebahagiaanmu semata, kamu tidak perlu memikirkan perasaannya untuk sementara. Karena yang utama dan terutama adalah kebahagiaan diri sendiri.

9. Kamu juga terhindar dari keharusan untuk meminta maaf atas hal-hal yang kamu lakukan tanpa sengaja

bahagia via 7-themes.com

Sekali lagi saat kamu sedang bersama kekasih, mau tak mau kamu akan memikirkan bagaimana suasana hatinya saat bersamamu.  Ketika kamu melontarkan candaan yang tanpa sengaja menyinggung perasaan atau tidak mengenakkan hatinya, kamu diharuskan untuk meminta maaf demi menjaga hubungan baik dan menghindari konflik.

Namun, saat sendirian kamu bisa terbebas dari hal itu. Kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau karena kamu tidak memiliki tuntutan untuk meminta maaf kepada siapapun saat melakukan kesalahan. Sekali lagi, kamu hanya terfokus pada dirimu sendiri serta kebahagiaanmu. Ya, kebahagiaanmu lah prioritas yang terutama.

10. Sendiri juga akan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang-orang di sekitar. Termasuk dengan sang pujaan hati!

hubunganmu dengan pasangan via www.huffingtonpost.com

Dengan sesekali menyendiri, kamu jadi bisa lebih menghargai hubunganmu dengan orang lain selama ini termasuk dengan pacar sendiri. Kamu bisa merasakan bagaimana rasanya hidup tanpanya. Jika terlalu lama menjalani waktu tanpa tawa, canda, dan suaranya, kamu bisa merasa hampa. Hal ini justru akan menimbulkan rasa rindu di dalam hatimu.

Ketika kamu kembali ke dunia sosialmu lagi, kamu akan menjadi manusia yang berbeda. Kamu bisa menghargai pentingnya eksistensi mereka yang mengelilingimu sehari-hari. Kesadaran ini tentu sulit didapatkan ketika kamu tak pernah menghabiskan waktu sendirian. Karena begitu terbiasanya dengan orang-orang yang ada di sekitar, kamu menganggap eksistensi mereka tak istimewa. Kamu tak akan menyadari betapa mereka begitu berharga. Bahkan, terlalu sering menghabiskan waktu bersama pasangan akan membuatmu merasa jenuh terhadap hubungan kalian.

Oleh sebab itu, sempatkanlah untuk menyendiri. Ambillah jeda sejenak supaya hubunganmu dan pasangan makin langgeng. Ini akan berguna tak hanya bagi dirimu, namun juga bagi orang yang kamu kasihi. Apakah kamu setuju? 🙂