Kita Punya Masa Lalu Sendiri-Sendiri. Walau Diremehkan, Saya Akan Jadi Lebih Baik Lagi

Kalau kehidupan kita adalah kain, masa lalu sebuah robekan menganga. Agar kain bisa terus dipakai kita harus menjahitnya. Proses menjahit itulah yang kelak menentukan seberapa baik akhirnya masa depan kita.

Advertisement

Saya dulu pernah diremehkan karena kesalahan di masa lalu.

Lewat surat ini, saya berjanji akan membayar kesalahan itu.

Lewat surat ini saya hanya ingin orang tahu: kesempatan untuk berkembang selalu ada seburuk apapun masa lalu kamu. Dan pada siapapun yang sempat meremehkan, maaf — saya akan membuktikan bahwa usaha saya bukanlah kesalahan.

Melihat kejelekan orang lain itu mudah. Mengakui kesalahan diri sendiri jauh lebih susah

Melihat kesalahan orang lain itu mudah

Melihat kesalahan orang lain itu mudah via favim.com

Memandang apa yang salah dari orang lain amat mudah. Dengan sekali lihat, kamu menyimpulkan banyak hal yang belum tentu benar. Padahal ada banyak hal yang belum tentu bisa kamu lihat di balik penampilan luar.

Advertisement

Seringnya saat melihat kejelekan, kita lupa dengan apa yang pernah diri sendiri lakukan. Kita menghakimi bahwa kesalahan orang lain jauh lebih besar. Padahal, besar-kecilnya kesalahan orang lain harus tetap jadi cerminan diri. Untuk introspeksi, agar kita pun tak melakukan kesalahan serupa.

Kita punya masa lalu sendiri-sendiri. Daripada terus sibuk mengurusi orang lain, kenapa tak urus diri sendiri?

girl-lights-paper-plane-pretty-Favim.com-144935

Sebelum ada masa depan, sudah pasti ada masa lalu. Semua orang pun tahu hal itu. Lalu kenapa masih ada saja yang terus mengurusi, mengungkit bahkan meremehkan masa lalu kami yang pernah salah ini?

Advertisement

Berkali-kali diremehkan, saya bisa saja hilang sabar. Tapi saya berusaha untuk tak balik menyalahkan.

Saya anggap ini sebagai cambuk di kulit badan. Akan saya kerahkan semua usaha, agar kamu bisa menyaksikan saya berkembang.

Kini saya pun tahu. Dalam setiap hal yang diremehkan ada harapan yang menunggu diwujudkan 

art-beautiful-beauty-cool-Favim.com-2755209

Kini saya pun belajar hal baru lagi. Jika setiap orang punya cara yang berbeda dalam menyampaikan ekspektasi mereka. Ada yang menyampaikan melalui dukungan, semangat serta ucapan-ucapan baik lainnya. Tapi ada juga yang justru lewat kritikan bahkan cacian yang meremehkan.

Maaf saya pernah membuat kamu, atau kalian semua, kecewa. Hakmu untuk merasakan kemarahan tertentu, saya tak akan mendiktemu. Tapi kamu salah jika kamu bilang saya tak berusaha apa-apa untuk memperbaikinya.

Tuntutanmu pada saya adalah doa. Saya akan menitikkan tiap tetes keringat untuk mewujudkannya.

Terima kasih telah mengingatkan, meski dengan cara yang kurang menyenangkan. Saya tak akan lelah berbenah demi kebaikan.

plane-window-view

Kita semua pernah membuat kesalahan. Saya salah pernah berteman dengan orang-orang yang ternyata tak membawa saya pada kebaikan. Saya pun pernah salah menentukan orang untuk dititipkan rasa dan harapan. Seorang guru bisa salah karena meremehkan kecerdasan anak yang dia ajar. Seorang dokter bisa salah mendiagnosa. Sebuah maskapai bisa salah, membawa ke terminal domestik para penumpang penerbangan internasionalnya.

Mungkin ini bukan saatnya lagi untuk membahas kesalahan yang sudah terjadi.

Sudah waktunya untuk memberi kesempatan pihak itu untuk berevaluasi.

Saya yang pernah salah pilih teman harus lebih hati-hati di masa depan. Guru yang meremehkan anak ajarnya harus berkomitmen untuk lebih sabar. Dokter yang salah mendiagnosis mesti berjanji setia pada prinsip first, do no harm-nya. Sementara Lion Air diberi kesempatan untuk berbenah perihal layanan penerbangan. Mulai dari pendidikan khusus untuk pilot, pramugari, dan teknisi pesawat; pengembangan Lion Boga untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi penumpang — ada banyak yang sedang dilakukan maskapai itu untuk bertanggung jawab pada penumpangnya.

Kini saatnya berdoa. Semoga tuntutan kita pada mereka berbuah perbaikan nyata.

Inti surat ini sederhana: terima kasih telah meremehkan saya. Tapi diri ini tak akan pernah lelah berusaha sebaik-baiknya.

Dan sekali lagi, terima kasih atas segala kritiknya.
Semoga kamu diberi umur untuk menyaksikan saya berkembang jadi sebaik-baiknya 🙂

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tukang catat yang sering dilanda rindu dan ragu

12 Comments

  1. Made Rediasa berkata:

    Pas,,cocok…..1000 dpt nilai dek…

  2. Karena yang masa lalu cambukan utk masa depan.

  3. Fathur Rozy berkata:

    bagai cerminan diri ini kadang menjadi pelaku dan kadang menjadi korban
    bagus artikelnya

  4. Nikita Dwi berkata:

    Merdeka, Merdeka, Merdeka !!!
    Halo Pecinta Poker diseluruh Indonesia, menyambut datangnya Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia kita yang tercinta, kami dari pihak http://www.gudangpk.net/index.php?ref=1152460#/popupakan mengadakan
    event Gebyar Kemerdekaan Indonesia yang ke 71 tahun yaitu “Kontes TURNOVER” untuk kalian para pecinta poker diseluruh Indonesia. Event ini dimulai dari tanggal 17 Agustus 2016 s/d 2 September 2016.
    Tentunya ada hadiah-hadiah yang sangat menarik yang akan kami berikan bagi para pemenang event ini, mau tau apa ajah guys hadiah bagi para pemenang yang kami berikan? Check this out!
    1. Hadiah juara pertama “MACBOOK 12 inch”
    2. Hadiah juara kedua “Ipad Pro 12.9 inch”
    3. Hadiah juara ketiga “Iphone 6s 16 gb”
    4. Hadiah juara keempat “Ipad Pro 9.7 inch”
    5. Hadiah juara kelima “Iphone SE 16 gb”
    6. Hadiah juara 6 s/d 10 “Xiaomi mi 5”
    7. Hadiah juara 11 s/d 15 “Xiaomi Max”
    8. Hadiah juara 16 s/d 20 “Xiaomi Note 3”
    Berikut ini Syarat & Ketentuan yang berlaku yah guys :
    1. Peraturan untuk Turn over hanya Poker yang masuk Akumulasi Event Turn Over. jadi jika ada Mini games maka tidak termasuk catatan Turn Over
    2. Event ini berlaku untuk semua member setia kami yang lama atau pun member baru GUDANGPOKER
    3. Periode event dimulai dari tanggal 17 Agustus 2016 dan berakhir pada tanggal 2 September 2016
    4. Pemenang hadiah akan di tentukan berdasarkan jumlah turnover tertinggi selama event berlangsung, dan nilai turnover akan kami update REALTIME sehingga kalian bisa terus melihat posisi secara LIVE
    5. ID Pemenang akan kami umumkan di halaman depan website http://www.gudangpk.net/index.php?ref=1152460#/popup paling lambat 1 hari setelah event berakhir yaitu pada tanggal 3 September 2016
    6. Pemenang diharapkan menghubungi Customer Service http://www.gudangpk.net/index.php?ref=1152460#/popup untuk claim hadiah di sertai dengan data2 yg valid dan sesuai ( jika data2 yg di berikan tidak sesuai maka hadiah tidak akan kami berikan)
    7. Hadiah akan langsung dikirimkan ke alamat para pemenang (Tdk dapat diUangkan / tdk bisa dijadikan chips)
    So guys tunggu apalagi sih? ayo langsung saja segera bergabung bersama kami di http://www.gudangpk.net/index.php?ref=1152459#/popup website Poker Terbaik & Terpercaya
    Untuk keterangan lebih jelasnya silahkan menghubungi operator kami di Livechat yang setia melayani anda 24 Jam !
    Hidup Indonesia Merdeka !!!

CLOSE