Jangan Minder Kuliah Di Kampus Swasta, ini 4 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjalaninya

Kuliah di kampus swasta

Memilih kampus nggak pernah mudah. Memilih kampus bukan semata favorit atau enggaknya kampus yang akan dipilih doang, banyak hal mesti dipertimbangkan Sebut saja jurusan, biaya hidup, pergaulan, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Advertisement

Namun isu itu kadang terkesampingkan lantaran masih ada orang yang menganggap kuliah di kampus negeri adalah sebuah kewajiban. Katanya biar benar pengajarnya, biar bagus lingkungannya, biar mudah cari kerjanya. Anggapan inilah yang sering bikin minder orang-orang yang akhirnya masuk kampus swasta. Kuliah di kampus swasta nggak sepenuhnya buruk, banyak keuntungan yang bisa kamu dapat. Inilah 5 di antaranya.

1. Banyaknya ejekan yang diterima mereka yang kuliah di kampus swasta malah bisa jadi api semangat untuk meraih kesuksesan. Buktikan bahwa kamu juga bisa sukses

Jadikan pacuan via unsplash.com

Selalu ada hal baik pada sesuatu yang kamu anggap buruk. Hidup nggak bisa dilihat hanya dari satu sisi saja. Jangan berkecil hati. Anggap ejekan dari temanmu hanya angin lalu. Masa depan nggak ada yang tahu. Kuliah di kampus negeri bukan jaminan bikin mereka sukses. Sukses atau gagal nggak ditentukan dari ijazah kampus, melainkan seberapa tinggi ilmumu, seberapa tangkas kemampuanmu, seberapa banyak pengalamanmu.

Jadikan ledekan mereka api yang membakar semangatmu untuk meraih kesuksesan. Buktikan bahwa mereka salah.

Advertisement

2. Kuliah di kampus swasta nggak seketat kampus negeri. Dari sini kamu bisa siasati strategi untuk bisa jadi nomor satu di kampus

Jadi nomor satu via unsplash.com

Mesti kita akui bahwa mahasiswa kampus negeri itu pintar-pintar. Persaingan di kampus negeri juga sepertinya lebih ketat dari kampus swasta. Sekilas ini terlihat buruk, padahal enggak. Justru ini peluang buat kamu untuk menjadi nomor satu di kampusmu kini. Sainganmu nggak banyak, kesempatan untuk menjadi yang terbaik terbuka lebar. Tinggal bagaimana kamu memanfaatkannya.

3. Kuliah di kampus swasta memang kadang lebih mahal namun itu semua bisa disiasati dengan beasiswa. Selalu ada kemudahan bagi mereka yang mau cari jalan

Cari beasiswa via www.ktnv.com

Banyak yang membandingkan biaya kuliah di kampus negeri dan swasta. Tentu saja mahalan swasta karena nggak dapat subsidi dari negara. Mau nggak mau kampus mencari dana dari mahasiswanya. Jangan hanya karena biaya lantas kuliahmu jadi terbengkalai. Biaya kuliah bisa disiasati dengan mencari beasiswa. Mendapatkan beasiswa di kampus swasta lebih mudah, kamu tinggal jadi yang nomor satu di kelas dan aktif di organisasi niscaya kampus akan memilihmu.

4. Yang paling penting; Belajar bisa di mana saja, semua bergantung sama keseriusan pelakunya

Advertisement

Belajar di mana saja sama via unsplash.com

Perlu diingat bahwa nggak selamanya lulusan kampus negeri itu lebih baik dari kampus swasta. Nggak selamanya lulusan negeri langsung dapat kerja. Nggak selamanya lulusan negeri berkualitas. Semua tergantung orangnya. Kamu beruntung dapat kesempatan untuk bisa kuliah, jangan pedulikan mulut-mulut mahasiswa kampus lain yang pongah.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat saat berkuliah di kampus. Nama kampus nggak menjamin kesuksesan, satu-satunya jaminan adalah usahamu sendiri.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE