Pernah nggak sih mengalami malas bangun tidur dan beraktivitas seolah sedang nggak siap menghadapi hari. Bahkan sampai kehilangan motivasi buat menjalani kehidupan hari itu. Mungkin, kalian butuh punya ikigai deh. Apa itu Ikigai? Ikigai artinya adalah nilai hidup yang lahir dari kebiasaan orang Jepang yang bikin mereka lebih semangat lagi menjalani hari. Ikigai menjawab pertanyaan dasar, “Mengapa saya hidup?”

Dibalik teratur dan bersihnya negara Jepang, tekanan hidup buat penduduknya terbilang tinggi. Saat akan berangkat bekerja, mereka sudah dihadapkan dengan kondisi harus berdesak-desakan di dalam kereta menuju lokasi kerja. Tak berhenti disitu, para pekerja akan mengalami tekanan pekerjaan di kantor karena susunan hirarki yang kuat di pekerjaan mereka. Apalagi, mereka juga dituntut untuk berdedikasi penuh pada pekerjaan. Dengan tekanan hidup seperti itu, ikigai menjadi kunci alasan mereka tetap bertahan hidup dan bangun tidur saat pagi setiap hari. Bagaimana sih konsep ikigai ini?

Istilah Ikigai berasal dari ‘Iki’ yang artinya kehidupan dan ‘Gai’ berarti nilai. Jadi ikigai adalah tujuan dan nilai hidup untuk siap menghadapi hari

Apa hal yang bikin kamu semangat bangun pagi? via www.pexels.com

Advertisement

Mengapa saya bangun pagi? Mengapa saya hidup?

Pertanyaan itulah yang berusaha dijawab oleh orang yang menganut konsep ikigaiIkigai menekankan pada tujuan dan nilai dasar hidup yang akan dipegang terus menerus. Sebenarnya, hal seperti ini hal dasar yang seharusnya kita tahu sih. Buat apa kan hidup kalau nggak ada tujuan dan alasannya.

Intinya, Ikigai adalah terminologi yang memasukkan ide mengenai kebahagiaan dalam kehidupan di tengah tekanan hidup dan pekerjaan

Di tengah tekanan hidup dan pekerjaan, kita nggak boleh lupa menyelipkan kebahagiaan via www.pexels.com

Kehidupan nggak selamanya lancar dan bahagia. Ada kalanya setiap hari dihadapkan pada kejadian yang membuat orang merasa menderita. Pada dasarnya, ikigai bisa membuat orang melihat ke masa depan meskipun menderita. Jadi, meskipun tahu hari ini harus menghadapi kemacetan jalanan, presentasi laporan ke atasan, dan juga membayar aneka cicilan, ikigai membantu buat terus bertahan menghadapi hal tersebut dan lebih bahagia.

Terdapat empat elemen kunci yang membentuk konsep Ikigai. Ketika elemen tersebut digabungkan, maka terbentuklah Ikigai atau tujuan hidup

Ikigai adalah gabungan dari gairah, misi, profesi, dan juga pekerjaan via upliftconnect.com

Advertisement

Sebelum memahami konsep dasar ikigai, sebaiknya ketahui dulu empat elemen yang membentuk ikigai yaitu gairah (passion), misi (mission), profesi (profession), serta pekerjaan (vocation). Ketika tujuan hidup kalian sudah bisa menggabungkan empat hal tersebut, maka itulah yang disebut dengan ikigai. Nah, untuk bisa menemukannya, kalian harus menjawab dulu empat pertanyaan penting mengenai ikigai.

Untuk menemukan empat elemen kunci, ada empat pertanyaan yang harus terlebih dahulu direnungkan dan dijawab untuk diri sendiri

Yuk renungkan bersama empat pertanyaan tersebut via unsplash.com

Coba deh kita merenung bersama dan menjawab empat pertanyaan berikut ini. Nggak perlu digembor-gemborkan. Cukup jujur sama diri sendiri aja dan berusaha mengenali diri kok

Apa yang kamu cintai?
Apa kemampuanmu?
Apa yang dibutuhkan oleh dunia ini?
Apa yang bisa memberimu timbal balik?

Gairah atau passion adalah gabungan dari apa yang kita cintai dengan kemampuan kita. Misi adalah gabungan dari apa yang kita cintai dengan kebutuhan dunia. Sedangkan profesi merupakan kemampuan kita yang mendapatkan timbal balik. Pekerjaan menggabungkan kebutuhan dunia dengan timbal balik yang bisa kita dapatkan dengan melakukannya. Timbal balik nggak cuma soal uang, bisa juga tentang pengalaman atau jabatan.

Ikigai nggak mesti rumit kok, bahkan bisa sederhana, asalkan bisa bikin semangat menghadapi hari dan juga menjalani hidup

Bisa makan enak tiap hari udah bisa jadi ikigai kok via unsplash.com

Terdengar rumit? Nggak kok. Ikigai nggak serumit yang diperkirakan, bahkan bisa muncul dari hal yang dianggap sepele dan nggak penting. Ada lho orang yang ikigai-nya sesederhana ingin makan enak setiap hari. Asal hal itu bisa bikin kita bahagia dan menemukan makna hidup setiap hari, bahkan bisa dari hal kecil sekalipun.

Selamat menemukan ikigai kalian dan yuk lebih semangat bangun pagi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya