7 Metode Refleksi Diri di Akhir Tahun yang Super Seru. Bisa Pilih sesuai Kepribadianmu!

Metode refleksi diri

Bagi sebagian besar orang, akhir tahun menjadi momen yang cukup penting untuk merefleksikan kembali berbagai hal yang telah dilalui selama setahun. Ya, refleksi diri di akhir tahun sangat penting untuk memudahkan kita mengevaluasi diri, mengukur kemampuan, menentukan target tahun depan, dan menunjang kesejahteraan mental.

Advertisement

Di akhir tahun ini, apa yang kamu lakukan untuk refleksi diri?

Setiap orang memang memiliki caranya masing-masing dalam melakukan refleksi diri. Biasanya disesuaikan dengan hal-hal yang bisa membantu kita dalam perenungan tentang hal-hal yang sudah terjadi dan yang ingin dicapai nantinya. Buat kamu yang masih bingung ingin melakukan apa untuk refleksi diri tahun ini, berikut Hipwee kasih sontekan metode refleksi diri yang super seru dan bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kepribadian atau kesukaanmu!

1. Menulis jurnal tentang isi pikiran dan perasaan yang sulit diungkapkan menjadi salah satu metode refleksi diri paling mudah dan nggak butuh modal

Menulis jurnal | illustration by Hipwee

Pada dasarnya, dalam refleksi diri kita butuh menyadari hal-hal yang telah berlalu termasuk penyebabnya baik itu keberhasilan yang sudah diraih maupun kegagalan yang pernah di alami. Selain itu, kita juga butuh mengungkapkan pikiran dan perasaan yang kita alami selama setahun. Menulis jurnal seperti ini akan membantumu dalam mengindentifikasi hal-hal tersebut dengan cara menuliskannya.

Advertisement

Supaya lebih mudah, kamu bisa menuliskan lebih dulu pertanyaan yang ingim kamu tanyakan pada diri sendiri, misalnya apa yang membuatmu menyesal, bangga, sedih, bahagia, atau keinginan yang belum tercapai. Kamu juga bisa membuat daftar pencapaian dan kegagalan selama setahun, serta keinginan terpendam yang selama ini belum berani kamu sampaikan pada orang lain.

2. Membaca buku-buku self-improvement untuk mendapatkan insight baru yang bisa membantu refleksi diri

Membaca buku | Credit by Alexavier Cimafranca on Pexels

Buat kamu yang butuh insight untuk refleksi diri, coba deh baca-baca buku tentang self-improvement atau improvisasi diri. Selain jadi punya waktu untuk belajar hal baru, kamu jadi punya ilmu baru untuk menyiapkan diri lebih baik lagi di tahun depan. Kalau bingung mau baca buku apa, cari saja rekomendasi di internet tentang self-improvement yang paling kamu butuhkan.

Misalnya jika kamu butuh belajar tentang self-love coba baca Atomic Habits karya James Clear. Jika kamu butuh belajar tentang pencarian jati diri, coba baca Self-Acceptance karya Diana Rikasari. Bisa juga baca The Alchemist karya Paulo Cuelho tentang kebimbangan hati dalam menentukan pilihan, atau buku-buku lain yang bisa membantumu mendapat insight baru dalam refleksi diri.

Advertisement

3. Quality time bersama orang-orang terkasih, bisa keluarga, sahabat atau orang terdekat lainnya

Kebersamaan dan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih | | Photo by Vidal Balielo Jr. from Pexels

Buat kamu yang terlalu sibuk bekerja dan sering merasa kesepian, coba deh luangkan waktu untuk benar-benar quality time bersama orang-orang terkasih. Misalnya pulang kampung sebentar jika kamu hidup di perantauan, ngobrol bareng keluarga atau sahabat, bahkan jika memungkinkan liburan bersama juga bisa jadi pilihan.

Quality time ini menjadi salah satu metode refleksi diri karena bisa membuat kita melihat diri sendiri dari sisi yang berbeda. Sebab, saat berada di tengah orang-orang terdekat biasanya kita bisa menjadi diri sendiri yang apa adanya. Kalau bisa, mintai juga pendapat mereka tentang apa hal yang harus kamu pertahankan dan hal yang harus ditingkatkan lagi di tahun depan.

4. Berbagi dengan sesama untuk membantu memaknai kehidupan. Cocok buat kamu yang butuh sudut pandang orang lain dalam memaknai hidup

Menjadi volunteer dan berbagi pada sesama | Credit by Rodnae Production in Pexels

Berbagi ternyata bisa menjadi salah satu metode refleksi diri, lo. Saat memberikan kebahagiaan kecil pada orang lain kita bisa lebih bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Selain itu, kita juga bisa lebih memaknai kehidupan dari perapektif yang berbeda. Sehingga, kita punya bahan renungan untuk refleksi, misalnya tentang rasa syukur, kerendahan hati, kebijaksanaan dan pelajaran hidup lainnya.

Jika kamu bingung mulai dari mana, cobalah berbagi dengan orang yang membutuhkan di sekitarmu, bisa juga dengan mengunjungi panti asuhan, panti jompo, atau yayasan sosial lainnya. Selain bisa jadi metode refleksi diri, kegiatan berbagi juga bisa memberikan kebermanfaat bagi sesama.

5. Meningkatkan ibadah sebagai refleksi diri dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan dan menerima segala sesuatunya dengan ikhlas

Meningkatkan ibadah | Credit by Thirdman on Pexels

Sebagai umat beragama, ibadah adalah cara kita mendekatkan diri pada Tuhan, mendapat ketentraman hati, dan kedamaian hidup. Hal ini membuat ibadah bisa menjadi salah satu metode refleksi diri yang cukup efektif. Meningkatkan ibadah sama halnya mengusahakan lebih dekat dengan Tuhan, sehingga kita lebih mudah mengakui salah dan khilaf terhadap aturan-aturan agama dan meningkatkan rasa syukur.

Secara psikologis, ibadah juga dapat meningkatkan nilai religiusitas yang sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan dan cara menghadapi tekanan atau coping stress, lo. Cocok banget buat refleksi diri di akhir tahun.

6. Melakukan perjalanan atau pergi ke suatu tempat untuk menenangkan diri dan mendapat insight baru dengan cara yang seru!

Tidak perlu jauh-jauh, yang penting kamu dapat rileks dan punya perspektif baru | Photo by Mert Kahveci on Unsplash

Buat kamu yang menyukai tantangan, petualangan, dan pengalaman baru yang tak terduga, perjalanan bisa jadi salah satu metode refleksi diri yang super seru, lo. Di perjalanan kamu bisa belajar pemaknaan hidup dari berbagai perspektif, misalnya dari orang-orang yang kamu temui sepanjang perjalanan.

Apalagi saat di perjalanan atau di tempat yang dikunjungi, biasanya semua sifat asli akan keluar. Banyak pula orang yang sepakat bahwa perjalanan adalah momen paling pas untuk merenungkan masa lalu dan merencanakan masa depan. Kamu juga bisa mendapatkan banyak inspirasi atau ide-ide baru untuk target tahun depan.

Coba deh, pergi sebentar ke luar kota beberapa hari, syukur-syukur bisa mengunjungi tempat yang tenang dan sejuk supaya bisa menenangkan pikiran.

7. Ikut konseling bersama tenaga ahli psikologi untuk membantu melakukan refleksi diri dengan tepat

Konseling | Credit by Shvets Production on Pexels

Jika tahun ini kamu banyak mengalami peristiwa traumatik, misalnya kehilangan orang terdekat, kegagalan, kekcewaan dan sebagainya, hingga menyebabkan kecemasan, ketakutan, dan kesulitan merencanakan masa depan, coba deh ikut konseling dengan psikolog. Kamu bisa mencari layanan konseling yang bisa diakses langsung maupun secara daring.

Bantuan konseling ini akan membantumu menyelesaikan masalah psikologis yang mungkin nggak kamu sadari. Tenaga profesional juga akan membantumu untuk refleksi diri dengan metode psikologi yang tepat. Hal ini juga akan memudahkanmu dalam melakukan introspeksi diri, merencanakan masa depan dan membuat pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Nah itulah beberapa metode refleksi diri yang bisa kamu coba dan pilih mana yang paling sesuai dengan kepribadianmu. Perlu diingat bahwa setiap orang bisa memiliki metode refleksi yang berbeda-beda, jadi cukup fokus pada dirimu sendiri dan rasakan manfaatnya. Dari ketujuh metode di atas, mana yang paling cocok denganmu?

Artikel Catatan Akhir Tahun
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE