Proses menuju dewasa memang tak ada enak-enaknya. Sebab di fase transisi dari remaja menuju dewasa ini, kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali tantangan dan hal-hal baru. Pun kamu kadang sering dikagetkan dengan kenyataan yang tak sesuai dengan kehendakmu. Fase yang seringnya terjadi di umur 20an ini juga akan membuatmu hilang arah.

Mau kemana? Mau jadi apa? Akan mewujudkan mimpi dengan cara apa? Menjadi pertanyaan yang seringnya buatmu berhenti di tengah jalan.

Advertisement

Nah untukmu yang sedang mengalami fase terngehek dalam hidup ini, Meghan Markle akan memberikan sedikit nasihatnya. Yuk sama-sama resapi nasihat ala Meghan Markle saat hadapi fase hilang arah di umur 20an. Biar hidupmu tak semakin berantakan~

1. Merasa hilang arah di umur 20-an itu wajar. Bukan hanya kamu, tapi hampir semua orang merasakan

Kamu nggak sendiri via www.pexels.com

Saat kamu merasa tak tau mau melakukan apa dengan hidupmu, sebenarnya kamu tidak sendirian. Sebab fase hilang arah di umur 20an ini juga dirasakan hampir semua orang. Tak terkecuali Meghan Markle. Di awal umur 20an, ia merasa ada yang salah dengan awal karirnya di industry Hollywood. Dilansir dari tulisannya untuk Darling Magazine, Meghan mengaku sempat hampir menyerah saking tak tahu harus melakukan apa lagi setelah berkali-kali audisinya ditolak.

Jadi, kamu yang saat ini mengalami fase hilang arah, tak perlu merasa sendiri. Kamu, Meghan Markle, dan kita semua juga pernah mengalami.

2. Saat di puncaknya hilang arah, tak ada salahnya coba terbuka dengan orang-orang terdekat. Siapa tahu ada yang menawarkan bantuan

Cobalah terbuka dengan orang-orang terdekat via www.pexels.com

Advertisement

Memendam masalah saat merasa hilang arah juga pernah Meghan lakoni. Berhari-hari ia berpikir tentang bagaimana ia bisa bertahan di industri hiburan Hollywood yang ‘cukup kejam’ ini. Sampai di satu titik Meghan coba untuk lebih terbuka. Dengan salah satu casting director bernama April Webster, ia menceritakan semua.

Kamu juga bisa mencoba membuka diri seperti apa yang Meghan lakukan. Sebab kalau terus menerus kamu pendam, bisa jadi akan berdampak pada pikiran dan masa depanmu. Siapa tahu dengan membuka diri, ada seseorang yang menawarkan bantuannya untukmu.

3. Jadi dirimu sendiri, kurang-kurangi meniru orang lain adalah mantra yang Meghan Markle gumamkan dalam hati

Jadi dirimu sendiri via people.com

“Less make up, more Meghan.”

Tak hanya mendengarkan tapi sosok April Webster juga bantu Meghan bangkit dan kembali berjuang. Ia berkata pada Meghan bahwa tak perlu jadi orang lain untuk bisa diterima di industri hiburan Hollywood. Namun apa yang ada dalam dirinyalah yang lebih penting. Sejak saat itu, kalimat ‘less make up, more Meghan’ selalu menjadi mantra yang ia gaungkan. Ia tak mau lagi jadi orang lain hanya untuk bisa masuk ke industri hiburan.

Kamu pun perlu bersikap demikian. Saat hilang arah, menjadi diri sendiri adalah pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan. Sebab kalau kamu justru meninggalkan jadi diri, akan semakin jauh pula terwujudnya semua mimpi.

4. Merasa cukup dengan apa yang kamu miliki penting untuk dilakukan. Sebab tanpa mensyukuri hal-hal kecil, kamu mungkin tak akan diberi hal yang lebih besar

Merasa cukup atas apa yang sekarang dipunya via www.pexels.com

“That I would discover that I am enough.”

Dalam tulisannya tersebut, Meghan mengatakan bahwa merasa cukup atas apa yang sekarang kamu miliki adalah penting. Apa yang dimiliki juga termasuk diri sendiri, yang tengah mengalami hilang arah ini. Dengan merasa cukup dengan hal-hal yang sudah dipunyai, sekecil apapun itu, maka hal yang lebih besar lagi punya kesempatan untuk semesta percayakan.

Wujud rasa cukup ini tak jauh-jauh dari rasa syukur. Sesederhana tak membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain.

5. Terakhir, ingat tujuan hidup yang selama ini kamu genggam. Inilah yang akan terus menuntunmu untuk tetap meraih impian

Genggam erat tujuanmu via www.pexels.com

“I remember hoping this one would see the light of day.”

6 tahun lalu, tepatnya saat menandatangani kontrak dengan rumah produksi The Suits, Meghan tak berharap apa-apa. Ia hanya ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa, sesuai dengan tujuan yang selama ini digenggamnya. Hasilnya, serial ini sukses besar dan turut mengibarkan nama Meghan Markle menjadi salah satu aktris tersohor Hollywood.

Dari sini kita bisa sama-sama belajar bahwa amunisi terakhir saat merasa hilang arah adalah tujuan hidup. Peganglah ia erat-erat agar kamu tetap punya penerang meski tak tahu jalan mana yang akan diambil.

Menjalani fase hilang arah di umur 20an memang jauh dari kata mudah. Meski begitu,  yakinkah bahwa hal ini hanya perlu dijalani. Ibarat pelangi yang muncul setelah hujan, fase menyebalkan ini juga akan berakhir saat waktunya datang. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya