Saat kamu bangun pagi, seharusnya sih kamu merasa siap menjalani hari. Tapi banyak juga lho yang merasa kalau pagi hari itu waktu yang paling menyebalkan. Karena kamu harus kembali ke rutinitas seperti kuliah atau kerja ke kantor.

Nah, agar kamu menjalani hari yang tak hanya menyenangkan tapi juga penuh hal yang bisa disyukuri, maka kamu wajib mengingat hal-hal di bawah ini saat bangun pagi. Apa aja? Ini Hipwee kasih buat kamu.

1. Hari ini adalah harimu, asal kamu membuatnya jadi produktif dan menyenangkan

Hari ini adalah harimu

Hari ini adalah harimu via www.jewelclicks.com

Advertisement

Banyak orang diluar sana terjebak pada rutinitas dan kebosanan. Agar kamu tidak terjebak dalam kebosanan, maka kamu harus bisa mengubah cara pikirmu.

Kesempatan bangun pagi dan menyongsong hari baru menunjukkan kamu punya kesempatan untuk melakoni seluruh harimu dengan produktif. Kunci keberhasilannya ada dipikiran kamu. Jadi, alirkan pikiran positifmu sejak awal membuka mata. Jika ini kamu lakukan, yakin deh harimu akan berjalan dengan menyenangkan.

2. Berbagai hal yang datang selalu bisa kamu kendalikan. Tak ada yang layak dikeluhkan.

Yakinkan dirimu bahwa kamu mampu

Yakinkan dirimu bahwa kamu mampu via angelwiththorns.tumblr.com

Di dalam hidup, ada banyak hal yang terjadi diluar kontrol kamu. Termasuk hal-hal yang sering kamu alami dalam rutinitas tiap hari. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengontrol sesuatu yang kamu kerjakan di hari itu.

Advertisement

Di pagi hari, yakinkanlah dirimu kalau kamu bisa mengerjakan banyak hal dan punya kemampuan untuk mengontrol segalanya dalam waktu bersamaan. Beralasan “tidak bisa” dan “tidak mampu” justru membuat pikiranmu terafirmasi untuk meyakini bahwa hari itu kamu bisa kehilangan kendali

Berjalan atau tidaknya rencana dalam satu hari tergantung pada kemampuan dirimu untuk mengontrol semuanya. Kamulah yang harus membentuk prioritas.

3. Keputusan untuk membuat hari yang menyenangkan ada padamu, bukan di tangan orang lain

Keputusanmu lah yang akan membuat harimu menyenangkan

Keputusanmu lah yang akan membuat harimu menyenangkan via snowy-december-nights.tumblr.com

Ingatkan dirimu hal ini saat bangun pagi:

“Segala keputusan dalam satu hari sepenuhnya ada di tanganku. Aku tidak perlu menunggu keputusan orang lain untuk membuat hariku menyenangkan”

Selain menggaungkan pikiran positif diatas, kamu juga perlu berlaku tegas untuk menolak hal-hal yang bisa membawa pengaruh buruk bagi harimu. Belajarlah untuk berkata ‘tidak’ ketika kamu tak sepakat dengan pendapat orang lain.

Ini jadi kunci agar kamu bisa nyaman menjalani hari.

4. Masalah pasti tak bisa dihindari, tapi kamu punya kesempatan untuk melakukan sesuatu dan tak cuma gigit jari.

jangan bingung dengan masalah, selesaikanlah.

jangan bingung dengan masalah, selesaikanlah. via www.flickr.com

Kesal ‘kan kalau menemui orang yang lebih suka komplain ketika terjadi masalah ketimbang urun andil memecahkannya? Orang kayak gini pasti ada nih di kantor atau di tempat kuliahmu. Nah, kalau kamu gak suka sama orang-orang kayak gini, jangan ikut-ikutan jadi tukang komplain ya!

Sebaliknya fokuslah pada penyelesaian dan solusi yang bisa kamu tawarkan terhadap sebuah masalah. Ini bisa membuatmu menjadi orang yang positif dan siap menjalani hari yang penuh tantangan.

5. Sukses adalah sebuah proses panjang. Melihat kesuksesan hanya dari hasil justru akan membuat langkahmu kian berat.

sukses adalah proses

sukses adalah proses

Kamu pasti pengen mendapatkan hasil kerja yang sukses setiap hari. Selain hatimu senang tentu kamu juga merasa puas. Tapi tunggu dulu, sukses bukan semata hasil kerja lho.

Sukses bukanlah memenangkan sesuatu. Sukses adalah kekuatan.  Kekuatan untuk selalu terdorong maju dan terus menjalani hidup. Jadi nikmati prosesnya ya!

6. Kegigihanmu menghadapi masalah adalah kunci awal menuju kesuksesan.

jangan menyerah

jangan menyerah via www.flickr.com

Tidak menyerah adalah kunci awal menjalani kesuksesan. Kunci awal keberhasilan terletak pada daya juang seseorang dalam menghadapi masalah. Orang yang sukses adalah dia yang tidak takut mengadapi masalah, dan justru berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikannya. Tentu kamu tidak mau termasuk di dalam orang-orang yang kalah sebelum bertarung bukan?

Maka tanamkan dalam pikiranmu untuk bekerja keras dan pantang menyerah saat memulai aktivitas di pagi hari.

7. Ada beberapa situasi yang tak akan bisa kamu kendalikan. Satu-satunya jalan untuk menghadapinya adalah tetap tenang.

tetaplah tenang

tetaplah tenang via

Kadang kamu mengalami kondisi yang menyebalkan. Seperti tiba tiba ada mobil lain yang menabrak mobil kamu atau tiba-tiba kamu kehilangan dompet. Tidak bisa dipungkiri kalau kamu akan bete saat kesialan macam ini terjadi padamu.

Solusinya, kamu harus tetap tenang dan tetap berusahalah berperilaku baik saat berinteraksi dengan orang lain. Tidak peduli betapa buruk hari yang sudah kamu alami. Hey, orang lain tidak pantas disalahkan atas hal-hal buruk yang terjadi padamu ‘kan?

Bersikap tenang akan membuatmu punya perspektif yang lebih jernih dalam memandang masalah. Selain itu kamu juga bisa menjalin hubungan yang positif dengan banyak orang. Keren ‘kan?

8. Tidak semua komentar orang perlu kamu dengarkan. Jangan biarkan mereka memenuhi harimu dengan energi negatif.

suka menggangu

suka menggangu via www.flickr.com

Di tempat kerja atau kuliah pasti ada aja orang yang suka usil dan ngrecokin kamu. Kesel nggak sih kalau ketemu orang macam ini? Tapi menanggapi mereka justru cuma akan membuatmu lelah dan memberikan energi negatif di harimu.

Kalau bertemu orang usil, kepo nan nyebelin macem ini diemin aja. Kamu gak perlu menanggapinya. Santai saja. Orang-orang kayak gitu adalah orang yang kurang kerjaan. Yang penting kamu jangan ikut terbawa. Mereka cuma pengen kamu emosi saja, kok.

9. Membalas perlakuan buruk dengan kejahatan adalah sebuah kesia-siaan.

Selalu fokus untuk berbuat baik ke orang lain

Selalu fokus untuk berbuat baik ke orang lain via www.etsy.com

Ada lho orang-orang yang dengan ringan bisa melakukan sesuatu untuk menyakiti orang lain. Bukan tidak mungkin kamu juga menemui mereka di hari-harimu. Kalau kamu diperlakukan dengan tidak baik, ingatlah bahwa kamu tidak perlu membalas.

Karena sebenarnya, saat menyakiti orang lain secara tidak langsung mereka juga sedang menyakiti diri sendiri.

Istilahnya jika kamu dapat pujian jangan sampai kamu terbuai dan kalau dapat penghinaan jangan sampai dibawa sampai ke hati. Pikirkan saja bagaimana bisa berbuat baik, itu lebih bermanfaat buat kamu.

10. Hal yang paling penting kamu lakukan adalah fokus.

fokus dengan apa yang dikerjakan

fokus dengan apa yang dikerjakan via www.flickr.com

Kamu hidup dalam banyak lapisan kehidupan. Di tempat kerja, kuliah sampai dunia maya. Teknologi yang makin berkembang membuat jalinan pertemanan dan informasi yang kamu dapatkan lebih banyak. Seperti lewat internet dan sosial media

Nah, hal yang penting buat kamu adalah tetap fokus dalam melakukan segalanya. Caranya, kamu bisa memilah informasi yang perlu kamu dapatkan dan mana yang perlu kamu buang. Sehingga di hari itu kamu bisa fokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

Misalnya, kamu bisa belajar untuk bisa menggunakan gadget dengan bijak. Saat kamu rapat atau saat ada teman yang curhat pada kamu, sebaiknya kamu gak pegang gadget dulu. Agar kamu bisa fokus dengan apa yang kamu kerjakan.

11. Terlalu banyak hal baik yang perlu kamu hargai, sesungguhnya tak ada alasan bagimu untuk mengeluh.

Banyak hal yang perlu kamu syukuri

Banyak hal yang perlu kamu syukuri via www.huffingtonpost.com

Kamu punya keinginan yang banyak pastinya. Mulai pengen punya mobil yang lebih bagus , handphone baru atau kamu pengen dapat pujian dari si bos. Rasa iri bisa datang ketika keinginanmu tidak juga tercapai, tapi teman-temanmu lebih dulu mendapatkannya.

Sebelum rasa iri menguasai, ingat deh: “Sebenarnya kalau kamu sadari banyak hal-hal baik yang sudah kamu punyai dan harus kamu syukuri dalam menjalani hari-harimu”.

Kamu wajib menghargai apa yang sudah kamu punyai dan kamu lakukan meskipun itu tidak mahal dan tidak terlihat se-WOW kepunyaan orang lain.

Sederhana kok, makanan dan kesehatan yang ada padamu hari ini juga layak kamu syukuri. Kemampuanmu untuk membantu orang lain meski lewat hal kecil juga sepatutnya membuatmu jadi orang yang penuh rasa syukur. Meski tidak besar, kamu masih punya kesempatan untuk jadi orang yang bermanfaaat saban harinya.

12. Tidak semua orang punya kesempatan untuk memulai hari yang baru. Syukurilah harimu.

bersyukur setiap waktu

bersyukur setiap waktu via www.flickr.com

Orang yang paling bahagia adalah orang yang bersyukur. Lewat syukur, kita akan jadi pribadi yang lebih mawas diri dalam menerima semua hal yang terjadi dalam hidup. Saat kamu sibuk mengeluhkan hal-hal buruk dari harimu, banyak lho orang yang tidak lagi punya kesempatan untuk menyambut hari.

Saat kamu memikirkan itu kamu baru bisa menyadari betapa beruntungnya kamu bisa bangun dan bernafas saat kamu membuka mata di pagi hari. Maka, apapun harinya tetaplah syukuri hari kamu.

Yuk, sudah saatnya kamu menciptakan hari yang menyenangkan dengan melakukan ritual-ritual diatas. Tetaplah jadi orang yang positif saat bangun dan memulai aktivitas di pagi hari!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya