“Perasaan kerja udah cukup lama, tapi kok gaji masih gini-gini aja. Cuma cukup untuk 30 hari. Kapan naik gaji nih?!”

Lingkungan, pekerjaan, penghasilan, dan jabatan adalah hal-hal penting yang esensial bagi seseorang dalam mempertimbangkan untuk stay atau mencari pekerjaan baru. Seiring bertambahnya masa kerja, kenaikan gaji menjadi harapan utama selain kenaikan jabatan. Tapi terkadang tidak semudah itu juga. Meski sudah bekerja sekian lama, bisa saja gajimu masih segitu-segitu saja.

Sementara teman-temanmu sudah mulai mencicil ini itu, investasi ini dan itu, kamu masih berjuang memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai tanggal gajian tiba. Miris memang, karena  apa yang kamu dapatkan sejak awal kerja sampai sekarang seolah tidak ada bedanya. Ah, untuk menghibur kamu yang sedang dalam dilema, mungkin hal-hal ini perlu kamu pikirkan.

1. Mungkin selama ini kinerjamu tergolong biasa-biasa saja. Tidak ada salahnya kamu mulai berbenah dari sekarang

Kinerjamu apa sudah maksimal? via www.tumblr.com

Kenaikan gaji tidak semata-mata didasarkan pada lamanya masa kerja. Apalagi kalau kamu bekerja di perusahaan swasta. Prestasimu selama bekerja juga menentukan segalanya. Bila sampai sekarang kamu belum mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan, barangkali performa kerjamu masih biasa-biasa saja. Artinya, masih banyak orang lain di kantormu yang bisa berprestasi lebih dari kamu. Kalau memang begitu, tidak ada salahnya kan kamu meningkatkan performa mulai saat ini juga?

2. Gaji memang tidak seberapa, tapi ‘kan di kantor kamu menemukan teman-teman yang sudah seperti keluarga

Advertisement

Teman yang seperti keluarga via lggoeseast.tumblr.com

Gaji memang penting. Tapi selain itu, lingkungan tempatmu bekerja juga tidak kalah pentingnya. Meski gajimu tidak naik-naik juga, tapi ingat bahwa kamu punya teman-teman kantor yang menyenangkan. Bukan sekadar rekan dalam mengerjakan tugas harian, tapi juga teman berbagi keluh kesah dan cerita. Di perusahaan lain, yang mungkin gajinya lebih tinggi, bisa jadi kamu tidak menemukan teman-teman yang seperti ini. Bersama mereka, kehidupan kantormu menjadi tidak terlalu suram.

3. Ilmu dan pengalaman yang kamu dapat selagi bekerja juga harus dihitung meski gajimu masih tak seberapa

Pengalaman kerjamu itu tak ternilai harganya via observer.com

Selain penghasilan, tentunya kita juga mencari pengalaman saat bekerja di suatu bidang. Pengalaman itu nantinya akan menambah skill yang bisa menghiasi CV-mu dan membawamu ke tempat yang lebih baik. Bila kini gajimu belum seberapa, kamu tetap bisa cukup bangga bila kantormu sekarang memberimu ruang untuk berkembang. Artinya, berada di posisimu saat ini, kamu mendapatkan pengalaman baru setiap harinya yang membuat skill-mu terus berkembang. Misalnya, pekerjaanmu sebagai content writer akan selalu mengasah skill menulismu setiap harinya. Ada lho, pekerjaan yang tidak membawa perkembangan apa-apa untuk si pekerja.

4. Meski gajimu kecil, sudah cukup untuk hidup sehari-hari bukan? Di luar sana banyak yang tidak bisa mendapatkan apa yang kamu punya

Masih banyak yang kurang beruntung dibanding kamu via www.bbc.com

Gajimu mungkin tidak sebesar gaji teman-temanmu. Mungkin juga, gajimu tidak sesuai dengan yang kamu bayangkan sebelum lulus kuliah dulu. Tapi setidaknya kamu bisa cukup bersyukur bila dengan gajimu yang tidak seberapa itu, kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu sendiri. Sehingga kamu tidak lagi menjadi tanggungan orang tua. Bukankah seharusnya kamu bersyukur karena di luar sana banyak orang yang menginginkan posisimu tapi tidak pernah bisa meraihnya?

5. Gaji masih segitu aja tentu ada alasannya. Apakah kamu sudah mencoba membicarakannya dengan atasan?

Coba bicarakan dengan atasan via careerbright.com

Jangan hanya pasif saja, menunggu kantormu menyadari betapa banyak hal baik yang sudah kamu berikan. Bila kamu memang merasa pantas menerima, kamu bisa kok langsung membicarakan hal ini dengan atasan. Bisa saja selama ini persoalan gajimu luput dari perhatian, atau memang ada alasan lain di baliknya kenapa nominal gajimu tidak ada perkembangan.

6. Kalau kamu sudah memberikan yang terbaik tapi tidak sebanding dengan penghargaan yang kamu terima, mungkin sudah saatnya mencari kantor baru

Saatnya cari kantor baru via www.wix.com

Di samping harus bersyukur karena meski sedikit setidaknya kamu lebih beruntung daripada banyak orang di luar sana, kamu juga harus tetap realiatis. Bila manfaat-manfaat yang sudah Hipwee sebutkan di atas tidak kamu rasakan, sementara kamu sudah memberikan yang terbaik untuk kantor dan sudah sekian lama gajimu juga tidak ada perkembangan, coba pertimbangkan ulang. Mungkin kamu memang berada di kantor yang salah. Ada baiknya kamu mulai berpikir untuk mencari kantor baru yang bisa lebih menghargaimu.

Sedikit atau banyak, gaji harus tetap disyukuri. Pasti ada alasan mengapa meski sudah cukup lama bekerja, tapi gajimu masih segitu-segitu saja. Bisa jadi performa kerjamu yang memang kurang baik, atau kamu berada di kantor yang salah. Tidak perlu berkecil hati, karena banyak juga kok orang yang mengalami. Sekarang, hanya kamu yang bisa mengambil langkah. Apakah berkerja lebih giat lagi, melobi langsung ke atasan, atau mencari kantor baru yang lebih menghargai. Hanya kamu sendiri yang bisa menentukan masa depanmu, ingat?