Semakin dewasa, kamu akan menghadapi berbagai cobaan hidup. Mulai dari masalah kerja, sosial, asmara dan lain sebagainya. Masa kecil sudah lewat, nggak mungkin kamu mengharapkan hidup tanpa beban kembali terulang. Kamu akan akrab dengan ujian-ujian baru saat kamu sedang berjuang untuk mewujudkan cita-cita dan mimpi-mimpimu.

Kesabaran dan keuletanmu dalam meraih mimpi dan cita-cita akan teruji saat kamu sudah dewasa. Cobaan yang menghadang nggak jarang akan membuatmu berpikir ulang untuk menyerah saja di tengah jalan. Sebelum itu semua terjadi, beberapa hal ini perlu ditanamkan lagi dalam dirimu ini.

1. Orang sukses mana yang nggak melewati cobaan dalam hidup. Untuk mencapai puncak gunung kamu harus melewati tanjakan yang curam dahulu

Sukses butuh perjuangan via www.pexels.com

Advertisement

Untuk memperoleh sesuatu mau nggak mau kamu harus siap sedia melewati apapun aral yang datang menghadang. Ibarat kata kesuksesan adalah sebuah puncak gunung, untuk mencapainya kamu siap sedia mendakinya. Kamu harus siap berkeringat, kaki pegal, napas sesak dan kedinginan dalam perjalanan menuju puncak. Sebelum kamu mencapai puncak mau nggak mau, ya harus melewati semua rintangan.

2. Semua jatuh bangunmu sekarang akan terbayarkan saat semua angan dan cita-citamu terlaksana nantinya. Jadi, ya jangan menyerah

Capek jangan jadi alasan via www.unsplash.com

Dalam perjalanan menuju puncak, pasti banyak cobaan dan ujian yang harus kamu hadapi seperti misalnya kakimu lecet, terpeleset, jatuh, terkilir dan lain sebagainya. Memang kalau dibayangkan agak sedikit ngeri dan menjalaninya berat, tapi percayalah usaha nggak akan mengkhianati hasil. Semua akan terbayarkan saat kamu sudah berada di puncak nanti.

3. Nggak boleh mengecewakan orang-orang terkasih yang telah mendukungmu, kalau mereka saja percaya denganmu, masa kamu meragukan diri sendiri

Orang-orang tercinta via www.unsplash.com

Saat kamu merasa lelah dan putus asa di tengah perjalanan, kamu mesti ingat bahwa nggak ada kesuksesan yang mudah dirai; semua butuh perjuangan. Berhenti di tengah sama saja menyia-nyiakan keyakinan yang telah kamu percayai. Selain itu berhenti sama saja mengkhianati kepercayaan orang-orang terkasih, seperti orangtua, saudara, pacar, teman-teman bahkan orang lain yang tak terlalu dekat denganmu tapi diam-diam mendukungmu. Betapa besar rasa percaya mereka akan kemampuan dirimu, sementara kamu justru merasa ragu.

4. Saat kamu mulai putus asa, tolong ingat kembali, bahwa Tuhan tak memberi cobaan di luar dari batas kemampuan hambanya

Pasti bisa via www.unsplash.com

Advertisement

Saat kamu lelah dan putus asa jangan pernah memutuskan untuk berhenti berjuang. Berhenti sejenak mungkin boleh, tapi jangan lupa untuk kembali melanjutkan perjuangan. Seterjal-terjalnya jalan yang kamu lewati jangan sampai membuatmu kehilangan kepercayaan diri untuk melewatinya. Saat itu terjadi, kamu hanya perlu mengingat bahwa Tuhan nggak akan memberikan ujian kepada manusia di luar dari batas kemampuannya. Tuhan sudah memberi garansi, tinggal kamu yang menjalaninya. Semangat!

5. Mengeluh mungkin mudah dan mengurai lelah. Tapi tetap berusaha sembari berpasrah sesungguhnya membuat segalanya akan terasa lebih mudah dijalani

Jangan mengeluh via www.unsplash.com

Biasanya saat dilanda kesulitan manusia mengeluh dan menyalahkan keadaan. Membiarkan orang lain tahu apa yang sedang kamu alami sekarang memang bisa sedikit mengurangi beban di kepalamu. Dan mungkin itu bisa sejenak membuatmu merasa nggak sendirian berkat adanya dukungan orang. Tapi apabila dicermati, mengeluh justru menyia-nyiakan energi. Sebab saat mengeluh, sejatinya kamu kehilangan waktu dan tenaga yang seharusnya bisa difokuskan untuk mengatur strategi lain yang mungkin bisa mempermudah jalanmu.

6. Hidup nggak berisi kesenangan semata, justru cobaan dan ujianlah yang membuat seseorang naik kelas sebagai manusia

Naik kelas via www.unsplash.com

Sebagai manusia kamu harus selalu membuat perkembangan hidup. Kamu harus senantiasa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Dan barangkali masalah atau cobaan adalah sebuah cara dari Tuhan untuk menguji kapasitasmu sebagai manusia. Kalau kamu lolos dari cobaan tersebut maka boleh diartikan kamu naik kelas sebagai manusia. Dan jangan berpuas dulu sebab masih ada ujian-ujian lainnya di kemudian hari. Begitulah hidup selalu penuh tantangan yang harus dilewati.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu yakinkan dalam diri saat cobaan datang melanda di tengah perjuanganmu meraih mimpi dan cita-cita. Tanamkan dalam diri baik-baik ke enam hal tersebut barangkali berguna untukmu. Tetan semangat dan jangan pernah menyerah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya