Karir menjadi salah satu aspek hidup yang ingin diraih hampir setiap manusia. Tiap orang pasti ingin punya karir gemilang. Selain sebagai bentuk eksistensi juga sebagai tolok ukur kemampuan diri. Namun meraih apa yang kita cita-citakan tentu tak semudah Hotman Paris mencari klien. Kita mesti kerja keras dan juga konsistensi.

Namun agaknya dua aspek di atas masih kurang jika kamu tidak berdisiplin pada diri. Terlebih jika kamu masih memiliki kebiasaan buruk yang merugikan dirimu sendiri. Nah berikut ini kita akan bahas bersama beberapa kebiasaan pada diri yang bisa menghambat laju karirmu ke puncak tertinggi.

1. Kebiasaanmu bangun siang mesti kamu perbaiki, agar waktumu lengang untuk persiapkan apa yang mesti dikerjakan hari ini

Kurangi begadang via www.pexels.com

Advertisement

Satu hal yang kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah acap bangun kesiangan. Ngaku saja, kamu tentu juga iya kan? Kebiasaan ini mesti pelan-pelan dihilangkan, sebab bangun kesiangan bisa membuat waktu kerjamu sempit, sehingga produktivitasmu berkurang. Coba saja bandingkan dengan teman-temanmu yang bangun pagi, kebanyakan dari mereka adalah pribadi yang berprestasi.

Ketika bangun pagi, kamu menjadi punya waktu untuk mempersiapkan diri dan kebutuhan akan apa yang akan kamu kerjakan seharian. Dengan begitu alur kerjamu menjadi lebih terstuktur sehingga kamu makin efisien dan hasil pekerjaanmu menjadi lebih maksimal.

2. Perhatikan waktu makan, jangan telat-telat lagi. Produktifitasmu juga bergantung dengan kesehatanmu juga

Makan teratur via www.pexels.com

Nggak ada yang meragukan kerja keras dan etos kerjamu yang tinggi. Segala pencapaian yang telah kamu raih boleh dibilang cukup membanggakan. Namun ada yang mesti kamu perhatikan adalah kebiasaanmu menunda-nunda makan demi mengejar target kerjaan hari ini.

Advertisement

Jangan lupa bekerja bukan hanya bermodal semangat saja, semangat tanpa fisik yang kuat tentu kurang sempurna. Bagaimana kalau kamu sakit? tentu saja pekerjaanmu akan terganggu dan secara nggak langsung kamu sudah menyia-nyiakan waktu untuk meraih karir yang gemilang seceat mungkin. Maka dari itu hendaknya mulai hari ini kamu mesti berdisiplin pada diri agar senantiasa peduli terhadap tubuh sendiri dengan makan tepat pada waktunya.

3. Kurangi kebiasaan mengeluh atau menggerutu, sebab keduanya hanya memperkeruh keadaan. Bersabar, ikhlas, dan selesaikan masalah dengan elegan

Stop menggerutu via www.pexels.com

Kebiasaan buruk yang jarang kamu sadari adalah suka mengeluh dan menggerutu saat berhadapan dengan suatu masalah. Memang, kesal itu manusiawi, tapi baiknya biasakan diri untuk mengeluh karena nggak menyelesaikan masalah. Justru ketika kamu mengeluh – sampai menggerutu, secara nggak sadar energimuterhabiskan untuk kesia-siaan.

Barangkali kamu menganggap ini nggak penting atau sepele, tapi sejatinya sangat berpengaruh bagi kelancaran kerjamu. Latihlah kesabaran, kalaupun kesal berusahalah sebisa mungkin untuk nggak mengeluh apalagi menggerutu. Berhentilah sejenak, basuh wajar dan cari udara segar. Lalu saat pikiran sudah kembali jernih, carilah solusi yang tepat.

4. Kebiasaan datang terlambat di berbagai acara jangan dipelihara. Sebab kamu bakal kehilangan momen atau hal-hal penting lain dalam hidupmu

Jangan suka telat via www.pexels.com

Kebiasaan terlambat boleh jadi sudah menjadi budaya orang Indonesia. Kebiasan buruk ini sejatinya nggak perlu lagi diteruskan, mestinya kamu hentikan mulai dari sekarang. Sebab, banyak hal baik dan kesempatan yang akan terlewatkan ketika kamu datang terlambat.

Selain itu, keterlambatan membuat kerjaanmu banyak yang terbengkalai hingga akhirnya produktivitasmu menurun. Cobalah untuk sekali-kali datang tepat waktu, bedakan bagaimana hasil kerjaanmu dengan saat kamu terlambat. Pasti secara kualitas hasilnya akan lebih baik.

5. Kamu termasuk orang yang merugi kalau kebiasaanmu membandingkan diri dan orang lain masih saja dilakukan

Tiap orang berbeda via www.pexels.com

Disadari maupun nggak, terkadang kamu sering membanding-bandingkan pencapaianmu dengan keberhasilan orang lain. Sejatinya nggak ada masalah dengan hal tersebut jika difungsikan sebagai motivasi untukmu agar lebih giat lagi meraih impian. Namun jangan terlalu sering melakukannya, karena begini, acapkali usaha mengkomparasikan diri dengan orang lain nggak disertai dengan usaha menggapai karir yang kamu mimpi-mimpikan. Kalau sudah begitu, justru lebih banyak sifat irinya daripada stimulan motivasi untuk diri.

Yap! Itulah tadi beberapa kebiasaan yang bisa menghambat proses untuk meraih karir yang kita mimpikan. Seringkali kita nggak sadar telah melakukannya berulangkali dan boleh dibilang kita merugi sendiri. Nah mulai sekarang, marilah sama-sama mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk diri agar laju karir kita nggak terhambat serta meningkat pesat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya