Sebagai mahasiswa, jadwalmu masuk kelas jauh lebih fleksibel dibandingkan di SMA. Kamu pun bisa punya banyak waktu luang untuk mengembangkan diri atau bersenang-senang. Tapi kalau kamu sudah mulai merasa bosan dengan kegiatan pengisi waktu luang yang begitu-begitu saja, kenapa nggak mencoba kegiatan di bawah ini? Di artikel ini, Hipwee mau kasih tahu kamu beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan waktu luang selama jadi mahasiswa. Yuk, simak!

1. Nikmati Setiap Sudut Kampusmu

Nikmati olahraga sore di area kampus via pakimam7.blogspot.com

Berkuliah di kampus yang besar, jangan sampai kamu hanya menikmati ruang kelas dan kantinnya saja. Manfaatkan kesempatan selagi kamu masih berstatus mahasiswa ini untuk mengeksplorasi lebih jauh setiap sudut kampusmu. Nikmati sensasi berolahraga pagi di lapangan kampus dan menghabiskan sore dengan duduk-duduk santai di area rerumputan kampus bersama teman-teman. Sempatkan juga untuk berkunjung ke gedung fakultas lain untuk sekedar bertemu teman, mencicipi makanan kantinnya, atau memanjakan matamu.

2. Coba Menggali Sisi Lain dari Dirimu

Atau mencoba stand up comedy mungkin? via www.umm.ac.id

Biarkan dirimu merasakan hal baru yang selama ini terlalu takut untuk kamu coba — ikut kelas olahraga bela diri, belajar bermain gitar, mendalami bahasa asing lain, atau berpartisipasi dalam gerakan kemanusiaan. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan yang bisa menggali sisi lain dari dirimu. Siapa tahu ternyata salah satu dari kegiatan tersebut adalah bakat terpendammu!

3. Aktif di Kegiatan atau Organisasi Kampus

Advertisement

Ikut BEM kampusmu via stisipwiduri.ac.id

Aktif di kegiatan atau organisasi kampus akan memberikan manfaat yang banyak. Selain dapat memperluas jaringan pertemananmu, ini akan memperkaya pengalamanmu dalam bekerja tim. Pengalaman ini berguna untuk melatih jiwa kepemimpinanmu — keahlian yang diperlukan saat kamu mencari kerja nanti.

Kamu bisa mulai dari mengikuti kepanitiaan acara kecil-kecilan di kampus. Berikutnya, beranikan diri untuk mendaftar menjadi anggota organisasi kampus, seperti himpunan mahasiswa jurusan atau bahkan badan eksekutif mahasiswa. Tapi setelah berhasil jadi bergabung di organisasi kampus, kamu jangan menjadi anggota yang pasif. Aktiflah menuangkan ide-ide kreatif, dan kembangkan pemikiranmu untuk berpikir secara kritis.

4. Bergabung di Komunitas Luar Kampus yang Menarik Bagimu

Bergabung dengan komunitas di kotamu via yantieya.wordpress.com

Selain aktif di organisasi kampus, bergabung jugalah dengan komunitas di luar kampus yang sesuai dengan minatmu. Jika tertarik dengan bidang pendidikan, bergabunglah dengan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, seperti Komunitas Jendela. Kalau kamu ingin mengampanyekan gerakan Go Green, bergabunglah dengan komunitas Indonesia Berkebun. Tidak perlu ragu dan malu! Mereka pasti dengan senang hati menerimamu.

5. Mengganti Warna Rambutmu

Mau coba warna rambut Tiffany mungkin? via tumblr.com

Saat SMA, kamu terikat dengan peraturan sekolah yang tidak memperbolehkanmu mengecat rambut. Padahal, tidak terhitung berapa kali kamu ingin mencoba berbagai warna rambut yang sedang menjadi tren saat itu. Nah berhubung kamu sekarang sudah menjadi mahasiswa, ayo ganti warna rambutmu dengan warna-warna yang kamu ingin coba sejak dulu. Kalau sudah kerja nanti, akan susah lho mendapat kesempatan ini lagi.

6. Berteman Akrab Dengan Dosen

Dosen tidak semenyeramkan ini, kok via outnow.ch

Kata siapa dosen hanya bisa jadi sosok yang kolot dan menyeramkan? Dosen bisa menjadi teman diskusi yang seru dan menyenangkan. Dengan mengobrol empat mata, kamu bisa mendapatkan segudang pengetahuan darinya. Ini tentu tidak bisa kamu dapatkan di dalam kelas.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S-2, mengakrabkan diri dengan dosen juga memiliki keuntungan tersendiri. Kamu akan dengan mudah mendapatkan surat rekomendasi yang berguna sebagai syarat pendaftaran pendidikan Master. Gimana, masih takut bergaul dengan dosen?

7. Rajin Cari Info Beasiswa

Prestasi dan nilai baik = Kuliah GRATIS via www.sayangi.com

Biaya kuliah tidak selalu mahal, kok. Banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pihak kampus maupun instansi luar untuk membantu meringankan biaya kuliahmu. Syarat utamanya hanya 1: prestasi yang baik dan stabil.

Jadi, ayo jangan malas untuk cari info tentang beasiswa di kampusmu. Kapan lagi kamu bisa merasakan bersekolah dengan gratis. Tapi yang paling penting, jangan malas untuk belajar ya. Kalau sudah rajin cari info tapi nilainya tidak baik, tetap saja kamu tidak bisa dapat beasiswa.

8. Mulailah Menulis!

Mulailah menulis via sgve.blogdetik.com

Saat kuliah, kamu akan disibukkan dengan berbagai tugas yang kebanyakan berupa esai tulisan. Agar idemu tidak buntu, rutinlah menulis — bisa melalui blog atau kolom majalah kampus. Semakin sering kamu menulis, otakmu akan terbiasa untuk mencari ide-ide baru. Struktur menulismu pun semakin membaik dan pembendaharaan katamu semakin banyak. Tugas menulis esai sudah tidak akan lagi menjadi beban untukmu. Sudah terbiasa, sih.

9. Tidak Takut Melakukan Apapun Sendirian

Makan sendirian? Siapa takut! via apakabarsidimpuan.com

Karena sudah menjadi mahasiswa, kamu tidak lagi ingin dianggap sebagai anak kecil. Walaupun begitu, terkadang kamu masih takut untuk melakukan apa-apa sendirian, seperti makan, menonton di bioskop, atau menonton konser. Memang, jika ada orang yang menemani akan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Tapi, kamu harus tahu kalau tidak di setiap kesempatan selalu ada orang yang menemanimu. Biasakan dirimu untuk mampu melakukan apapun sendirian. Semakin sering kamu membiasakan diri, semakin mudah dirimu untuk menghadapi situasi ini. Kamu pun bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri.

10. Mulai Belajar Mengatur Prioritas

Patuhi jadwalmu via indie88.com

Masa kuliah memang sayang untuk dilewatkan tanpa bersenang-senang dan bebas mengembangkan diri, apalagi melihat banyaknya waktu luang dan kesempatan yang ada saat kamu menjadi mahasiswa. Kalau tidak pintar mengatur prioritas, bisa-bisa tujuan utamamu sebagai mahasiswa akan terbengkalai.

Nah selagi belum terlambat, ayo cari cara untuk mengatur prioritasmu. Buat jadwal harian atau mingguan yang harus kamu ikuti. Patuhi jadwal yang telah kamu susun itu. Ubahlah jadwalmu hanya jika ada keperluan yang sangat mendesak.

11. Tuntutlah Ilmu Hingga Ke Negeri Seberang!

Temui teman-teman dari seluruh dunia via hankuk.wordpress.com

Tidak terhitung lagi deh kesempatan mengikuti pertukaran pelajar sebagai mahasiswa. Mulai yang harus mengeluarkan biaya pribadi hingga yang 100% bebas biaya, semuanya ada. Saking banyaknya, mungkin kamu akan bingung memutuskan untuk ikut pertukaran pelajar yang mana. Walaupun bingung, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan ini sama sekali.

Melalui kesempatan pertukaran pelajar ini, kamu bisa belajar banyak mengenai kebudayaan luar, sistem pendidikan asing, dan menjalin pertemanan yang sangat berguna di masa depan. Kapan lagi kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia kalau tidak melalui kesempatan ini? Lagipula, siapa yang bisa menolak godaan untuk belajar sambil bervakansi di luar negeri secara gratis?

12. Punya Bakat? Tunjukkan!

Tunjukkan bakatmu via www.pajak.go.id

Kamu bisa memainkan alat musik atau memiliki suara yang merdu? Jangan malu memamerkan bakatmu itu, apalagi kalau dengan bakat itu kamu bisa menghibur orang lain. Banyak ajang yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjukkan bakatmu, seperti acara kampus, tampil sukarela di acara ulang tahun teman, atau ikut kompetisi yang banyak diselenggarakan. Biarkan orang lain tahu apa yang kamu bisa, jangan disimpan untuk dirimu sendiri saja.

13. Memulai Pengalaman Bekerja

Cicipi pengalaman bekerja via googledoll.wordpress.com

Materi perkuliahan yang kamu dapatkan di kelas hanya akan menjadi formalitas jika tidak kamu aplikasikan. Sebelum terlambat, cobalah untuk mulai mendapatkan pengalaman bekerja sejak masih berstatus mahasiswa. Lebih baik jika pekerjaan itu berkaitan dengan bidang kuliahmu. Tapi kalau tidak, kamu tetap bisa mengambil manfaat: kamu jadi punya bayangan tentang dunia kerja yang akan kamu hadapi di masa depan.

Selepas semester 4 adalah saat terbaik untuk memulai pengalaman bekerja ini. Sudah cukup banyak teori yang kamu gali. Aktiflah mencari informasi magang atau paruh waktu di internet. Bisa juga bergabung dengan dosenmu untuk menjalankan sebuah proyek. Kalau sudah dapat kesempatan ini, manfaatkan dengan maksimal dan jalin relasi sebanyak mungkin. Percaya deh, kamu tidak akan merasa rugi sama sekali.

14. Atau Mulai Menjalankan Bisnis Impianmu

Siapa tahu bisa sesukses Elang Gumilang via purnmsari.blogspot.com

Jangan tunggu sampai tua untuk mulai menjalankan bisnis. Saat tua kamu memang punya modal, tapi tanggunganmu pun juga sudah akan banyak. Ada keluarga yang harus kamu nafkahi. Belum lagi biaya pendidikan anak, cicilan kendaraan, hingga tempat tinggal.

Mulailah bisnismu sedari sekarang, saat kamu masih menjadi mahasiswa. Rencanakan dengan matang apa konsep bisnismu dan bagaimana cara terbaik untuk memulainya. Mulai pikirkan juga mengenai prospek usahamu ke depannya supaya terus mendatangkan keuntungan. Jangan takut gagal. Kamu masih muda dan jalanmu untuk sukses masih panjang. Yang penting, terus melakukan upaya terbaik untuk usahamu kelak.

15. Perjalanan Dadakan ke Kota Sebelah

Perjalanan dadakan selalu menyenangkan via blondeonabudget.ca

Sering merasa tidak, kalau rencana perjalananmu ke kota lain kebanyakan tidak terlaksana? Ya sudah, lebih baik lakukan saja perjalanan dadakan. Habiskan waktumu bersama teman-teman dengan menjelajahi setiap sudut kota tetangga. Jangan lupa mencicipi kuliner enak yang bertebaran di sepanjang jalan. Biasanya, yang dadakan seperti inilah yang menjadi perjalanan tak terlupakan untukmu.

16. Buat Prediksi 10 Tahun ke Depan Bersama Teman-Temanmu

Prediksikan masa depanmu bersama via www.superiorpics.com

Bersama teman-temanmu, buatlah prediksi masa depan kalian di selembar kertas. Berpikirlah se-‘liar’ mungkin apa yang ingin kalian capai di 10 atau 15 tahun mendatang. Kumpulkan kertas-kertas tersebut dan simpan di tempat yang aman — mungkin bisa ditanam di dalam tanah seperti time capsule. Setelah itu, buatlah janji untuk berkumpul di tanggal yang sama 10 atau 15 tahun mendatang untuk melihat prediksi mana yang benar dan mana yang meleset. Siap-siaplah berbangga hati jika prediksimu ada yang tepat. Siap juga tertawa jika prediksimu itu ternyata meleset.

Itulah 16 hal yang perlu untuk kamu lakukan selama masih berstatus sebagai mahasiswa. Jangan biarkan masa kuliahmu yang berharga lewat begitu saja, ya. Semoga sukses!