Dicap nakal, manja dan egois mungkin sudah kerap kamu rasakan sebagai anak bungsu. Tak hanya itu, kamu juga sering membuat kakak-kakakmu merasa iri karena tak pernah gagal mendapatkan apa yang kamu inginkan. Pokoknya, jadi anak paling kecil itu menyenangkan dan nggak pernah merasa tua sekalipun usia memang sudah dewasa.

Tapi mungkin tak kamu sadari, bahwa ada banyak keuntungan lain yang kini kamu rasakan sebagai anak bungsu. Keuntungan yang akhirnya membuat kamu bersyukur tiada henti.

1. Walaupun umur paling muda, anak bungsu justru punya banyak pengetahuan. Kamu banyak belajar dari kakak-kakakmu

belajar pengalaman dari kakak via favim.com

Jadi anak paling kecil, memiliki banyak manfaat untukmu. Salah satunya adalah dengan bisa melihat dan mempelajari pengalaman hidup yang sudah lebih dulu dijalani oleh kakakmu. Mulai dari bagaimana cara kakakmu mengambil keputusan, strategi apa yang digunakan kakakmu kala keputusan yang ia ambil tak sesuai dengan keinginan, atau bagaimana sikap kakakmu saat masalah bertubi-tubi datang.

Dengan melihat dan mempelajari banyak hal dari pengalaman hidup kakakmu, membuatmu bisa memahami langkah seperti apa yang patutnya kamu ambil kalau nanti kamu berada di posisi sepertinya. Dari melihat pengalaman kakakmu ini, kamu pun jadi orang yang memiliki banyak pengetahuan.

2. Sekalipun kerap dimanja, anak bungsu justru lebih gigih berusaha supaya tak kalah dibandingkan para kakaknya

Advertisement

Belajar lebih gigih via favim.com

Predikat yang diberikan kepadamu sebagai anak bungsu adalah sifat manja dan egois. Kamu pun kerap diejek manja dan anak mama. Tak usah marah, jadikan saja ejekan itu sebagai bahan bakar semangatmu. Tunjukan kalau anak manja sepertimu justru tak mudah dikalahkan.

Jangan mau kalah dengan kakakmu yang sudah lebih dahulu berhasil dan sukses, karena kamu pun sangat bisa untuk melampaui mereka. Kesuksesan kakak-kakakmu akan menjadi lecutan tersendiri bagi dirimu. Agar kamu bisa mendapatkan kesuksesan yang sama, bahkan lebih.

Walau sesekali masih perlu diarahkan, anak bungsu selalu memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dan dengan bimbingan serta pengayoman keluarga, apalagi ditambah sifatmu yang tak gampang meyerah, tak diragukan kalau kamu memang tak bisa diremehkan.

3. Sifat serta pembawaanmu selalu membuat suasana rumah terasa hangat dan nyaman untuk para penghuninya

Membuat suasana lebih menyenangkan via www.theodysseyonline.com

Anak bungsu sepertimu terkenal memilki sifat yang periang. Kamu juga adalah sosok yang ekspresif, hingga membuat suasana rumahmu selalu jauh dari kata sepi. Dan keahlianmu adalah membuat semua orang merasakan bahagia, walau kadang terganggu karena sifatmu yang usil.

Tapi sifat serta pembawaanmu yang menyenangkan itulah yang selalu dirindukan orangtua dan saudaramu ketika mereka tak sedang bersamamu. Karena adanya kamu, beban serasa menguap begitu saja.

4. Anak bungsu juga bisa cepat beradaptasi dengan siapapun, karena kamu sering bersosialisasi dengan banyak orang di rumah

gampang beradaptasi dengan banyak orang via favim.com

Keberuntungan anak paling kecil dalam keluarga yang lain adalah mudahnya dia beradaptasi, karena ketika kamu di rumah selalu berinteraksi dengan siapa saja yang tinggal di dalamnya. Saat kamu lahir, sudah banyak orang yang menanti kehadiranmu.

Hal tersebut menjadikanmu memahami sedikit banyak watak orang lain. Dan tak heran ketika kamu mulai memasuki duniamu sendiri, kamu cepat akrab dan beradaptasi dengan orang lain karena sifatmu yang bisa berteman dengan siapa saja. Kamu tak malu-malu lagi untuk mengajak berkenalan dan kemudian berteman dengan banyak orang.

Sejak kecil kamu juga terbiasa menjadi pusat perhatian karena kerap manja dan cengeng, tapi saat tumbuh dewasa kamu selalu berhasil membuat orang lain merasa terkesan dan kemudian tertarik untuk berkawan denganmu.

5. Beban di pundakmu memang tak seberat anak sulung, tapi hal itulah yang menjadikanmu ingin berusaha lebih keras lagi

bebanmu tak seberat anak sulung via favim.com

Beruntungnya kamu sebagai anak bungsu yang tak memiliki beban seberat kakak pertamamu. Kamu tak perlu memikirkan biaya sekolah atau uang jajan karena semua sudah jadi tanggungan kakak sulung dan orangtua.

Namun hal itu jangan sampai membuatmu merasa tak perlu bekerja keras. Kelak saat dewasa, hidupmu tetap jadi tanggunganmu sendiri. Apalagi ketika usia orangtua makin tua dan kakak-kakakmu sudah memilki keluarganya sendiri, kamu tak bisa terus-terusan bergantung pada mereka.

6. Selalu diberi perhatian lebih oleh orangtua serta kakak, membuatmu tumbuh jadi pribadi yang penyayang

orang yang penyayang via inessa-emilia.deviantart.com

Enaknya menjadi anak paling kecil, banyak perhatian serta kasih sayang yang tercurah untukmu. Seakan perhatian bisa terkadang terpusat hanya untukmu.

Terbiasa mendapatkan limpahan kasih sayang, membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang penyayang. Selain penyayang, anak bungsu juga lebih perasa karena dekat dengan siapa saja di rumah. Tak hanya itu, anak bungsu mampu memahami kegelisahan orang di sekitarnya sekalipun orang-orang tersebut tidak banyak bercerita. Kamu juga gampang tersentuh dengan hal-hal yang kamu rasa membuat sedih.

Dengan sifat yang kamu miliki ini, kamu pun jadi sosok yang dicintai banyak orang.

Duh enak banget yaa jadi anak bungsu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya