7 Tips Belajar ala Jerome Polin Biar Nggak Cepat Bosan. Ampuh Banget!

Jerome membagikan tips belajar agar tidak cepat bosan

Jerome Polin adalah salah satu kreator konten pendidikan yang paling populer di Indonesia. Jerome yang mempunyai nama lengkap Jerome Polin Sijabat ini punya jumlah subscribers yang luar biasa, saat ini sudah mencapai lebih dari 8 juta. Di channel YouTube-nya yaitu Nihongo Mantappu, Jerome sering mengunggah video kesehariannya ketika sedang menempuh pendidikan kuliah di Jepang.

Advertisement

Jerome mengambil program studi matematika terapan di Universitas Waseda, Shinjuku, Tokyo, Jepang. Pria yang lahir pada tanggal 2 Mei 1998 ini, sudah bercita-cita ingin kuliah di luar negeri sejak kecil. Berkat kerja keras dan semangat tak pantang menyerah, Jerome akhirnya bisa mewujudkan mimpinya tersebut melalui jalur beasiswa.

Selain mengunggah aktifitasnya ketika berada di Jepang, Jerome juga sering memberikan edukasi tentang matematika yang merupakan mata pelajaran favoritnya sejak Sekolah Dasar. Seperti cara mengerjakan materi trigonometri dengan cepat, trik mudah mengerjakan soal UTBK, challenge menjawab soal matematika sesama kreator konten, dan materi-materi lainnya.

Pada tanggal 11 Februari kemarin melalui laman Instagram resminya, Jerome membawa kabar bahagia yaitu dirinya sudah menyelesaikan presentasi akhir skripsi dengan hasil yang sangat memuaskan yaitu IPK 4,00 di tengah-tengah kesibukannya sebagai YouTuber. Jerome yang kala itu mendapat surprise dari keluarga besarnya tidak pernah menyangka akan mencapai hasil yang sempurna itu.

Advertisement

Lantas, bagaimana sih tips belajar ala Jerome Polin agar tidak cepat merasa bosan? Berikut ini adalah tips ampuhnya yang bisa Sobat Hipwee terapakan di rumah. Kita simak bersama, yuk.

1. Menggunakan metode 50:10

Jerome Polin

Jerome Polin mendapatkan IPK 4,00 | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Dilansir dari infografis Instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat yang merangkum tips belajar Jerome Polin, salah satu metode yang digunakan Jerome adalah 50:10. Metode 50:10 adalah metode pembagian waktu, di mana dalam waktu satu jam kita gunakan lima puluh menit untuk fokus belajar dan sepuluh menit untuk beristirahat sejenak.

Hal itu dilakukan oleh Jerome karena dia menganggap belajar dengan jangka waktu yang terlalu lama tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Otak butuh waktu untuk istirahat walaupun itu hanya sebentar. Dengan menerapkan metode 50:10 diharapkan tujuan belajar akan tercapai secara sempurna dan kinerja otak bisa digunakan secara maksimal. Wah, bisa dicoba nih SoHip!

Advertisement

2. Mempunyai target belajar

Jerome Polin

Jerome Polin saat mengerjakan soal matematika | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Belajar memang seharusnya juga diiringi dengan sebuah target. Artinya adalah SoHip bisa menentukan seberapa jauh materi yang akan dipelajari dan seberapa banyak soal yang akan dikerjakan. Cara ini sangat ampuh untuk menghindari rasa jenuh ketika sedang mempelajari materi-materi yang banyak dan juga sulit.

Hal inilah yang membuat seorang Jerome merasa ketagihan untuk belajar karena dia sudah mempraktikkannya sendiri dengan mempunyai target belajar, keberhasilan dalam memahami materi dan mengerjakan soal terasa lebih menyenangkan.

3. Reward dan Punishment

Jerome Polin

Jerome Polin nampak keren ketika menggunakan kacamata | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Setelah SoHip mencapai target belajar yang diinginkan. Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan reward (hadiah) ataupun punishment (hukuman) terhadap hasil belajar kita. Jika mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, maka memberikan hadiah untuk diri sendiri sangat pas untuk dilakukan. Seperti makan makanan favorit, pergi jalan-jalan, nonton film, ataupun yang lainnya.

Sebaliknya, jika hasil yang didapat belum menggembirakan maka memberikan hukuman kecil juga bukan hal yang salah. Misalnya saja menambah waktu belajar atau memutuskan mengorbankan waktu istirahat untuk sekedar bertanya kepada guru tentang materi yang dianggap sulit. Hal tersebut juga sebagai bentuk disiplin dalam belajar.

4. Gemar mencari sumber belajar yang banyak

Jerome Polin

Jerome Polin sedang berada di perpustakaan | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Di zaman 4.0 ini, belajar tidak hanya dilakukan melalui satu sumber saja. SoHip bisa menemukan berbagai macam ilmu pengetahuan melalui media belajar yang beragam. Misalnya saja melalui handphone, laptop, komputer, notebook, maupun buku digital yang banyak ditemui di platform internet.

Belajar dari berbagai macam sumber juga bisa menjawab rasa ingin tahu SoHip terhadap materi-materi yang selama ini belum ditemukan jawabannya. Selain itu, dengan membaca maka akan semakin menambah wawasan SoHip semua deh.

5. Ciptakan suasana belajar yang asyik

Jerome Polin

Jerome Polin mengenakan batik dan membawa bendera Indonesia ketika berada di Jepang | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Belajar memang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jika SoHip merasa jenuh ketika belajar di kamar, SoHip bisa kok mencari tempat lain untuk menciptakan suasana belajar yang asyik. Misalnya saja pergi ke perpustakaan, cafe, mall, taman, dan berbagai tempat lainnya.

Hal ini penting diperhatikan karena mood yang baik ketika belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapat. Selain itu suasana belajar yang baru bisa membuat SoHip terhindar dari rasa jenuh loh. Semakin semangat belajar deh.

6. Rajin mengikuti kelompok belajar bersama

Jerome Polin

Jerome Polin sedang bermain gitar | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Sering mengikuti kelompok belajar juga menjadi tips jitu agar tidak cepat merasa bosan ketika belajar. Dengan belajar kelompok SoHip bisa bertukar pikiran tentang materi-materi pelajaran. Selain itu jika sudah mulai merasa jenuh, SoHip bisa sesekali bercanda dengan teman satu kelompok.

Manfaat lain yang bisa didapat ketika belajar bersama adalah SoHip bisa meningkatkan jiwa sosial kepada teman. Misalnya saja ketika ada teman yang merasa kesulitan tentang materi maka SoHip bisa membantunya untuk memahami materi tersebut. Sebaliknya jika SoHip mendapati materi yang sulit, maka SoHip bisa meminta bantuan teman untuk menjelaskannya.

7. Jangan lupa untuk selalu berdoa

Jerome Polin

Jerome Polin ketika sedang belajar | Credit: Instagram (@jeromepolin)

Berdoa sebelum belajar memang menjadi hal yang tidak boleh terlupakan. Selalu memohon kepada Tuhan agar mendapat kemudahan ketika sedang belajar dan juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tak lupa juga selalu meminta doa restu kedua orang tua menjadi faktor penting keberhasilan seseorang untuk sukses dalam pendidikan.

Itulah tips belajar ala Jerome Polin yang bisa SoHip terapkan ketika belajar. Tetap semangat ya, belajarnya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE