Intip Tips Sri Mulyani Jalani Peran Sebagai Ibu, Istri, dan Perempuan Karier. Inspiratif Banget!

Tips sukses Sri Mulyani

Siapa sih yang nggak kenal dengan sosok Sri Mulyani?

Advertisement

Sekalipun kalian bukan termasuk orang yang melek politik atau hafal nama-nama menteri, Ibu Sri Mulyani yang sekarang menjabat sebagai Menteri Keuangan, selalu masuk jajaran menteri paling populer.

Perempuan dengan nama lengkap Sri Mulyani Indrawati ini, bahkan sudah dua kali terpilih untuk posisi itu yakni  tahun 2005-2010 dan 2016 hingga saat ini. Ibu Sri Mulyani juga merupakan orang Indonesia pertama yang terpilih untuk menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada tahun 2010-2016. Sederet prestasi lain seperti Menteri Keuangan terbaik Asia atau perempuan paling berpengaruh di Indonesia maupun dunia, pun sudah tersematkan di namanya.

Dengan deretan prestasi dan karier yang super panjang itu, pasti banyak orang yang penasaran dengan kisah sukses Ibu Sri Mulyani. Kisah sukses yang tentunya juga tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa dia termasuk satu dari sedikit perempuan yang bisa dapat mencapai posisi-posisi tersebut. Maka dari itu ketika Ibu Sri Mulayani baru-baru ini berbagi kisahnya menyeimbangkan peran sebagai istri, ibu, dan juga perempuan karier, banyak orang berdecak kagum dan termotivasi.

Advertisement

Sri Mulyani pada poadcast NSS | CXO Media via www.youtube.com

Lewat poadcast Ngobrol Sore Semaunya (NSS), Sri Mulyani berbagi inspirasi lewat pandangan tentang pentingnya keseimbangan antara perempuan dan laki-laki. Sebagai sosok perempuan, ibu, dan istri sekaligus berkarier yang tanggung jawabnya besar, Sri Mulyani menghadapi banyak kendala ketika harus bekerja dari rumah karena kondisi pandemi ini. Seperti kebanyakan perempuan yang memiliki peran ganda, Sri Mulyani juga sering merasakan bias antara peran sebagai ibu, istri dan perempuan karier. Nah, dari sini perempuan kelahiran 1962 ini punya tips menyeimbangkan peran untuk perempuan supaya bisa sukses berkarir tanpa meninggalkan peran sebagai ibu dan istri. Inspiratif banget deh, untuk para perempuan muda!

Kunci utamanya adalah bersukur dan meyakini tidak menghadapi tantangan sendirian. Kerendahan hati juga justru bisa jadi resep untuk meraih mimpi yang lebih tinggi

Advertisement

Melalui Instagram pribadinya yang membagikan cuplikan tayangan poadcast NSS, Sri Mulyani menyampaikan hal-hal yang ia tanamkan pada dirinya sendiri untuk bisa menjalankan perannya saat ini. “Selalu bersukur dan beri lebih pada orang lain. Meyakini bahwa kita tidak menghadapi ini sendirian. Jaga sifat rendah hati karena dengan itu kita akan mengarti selalu ada ide baru atau masalah yang belum kita lihat sebelumnya, dan kita bisa melihat pemikiran orang.” Ungkapnya.

Setelah itu, fokus pada prioritas, punya komitmen dan jangan lupa harus konsisten!

Sri Mulyani meluangkan waktu untuk bermain bersama cucu-cucunya | Credit: Photo by instagram @smindrawati via www.instagram.com

Sosok ibu adalah role model bagi Sri mulyani. Ibunya adalah perempuan karier yang bisa sukses menjalankan peran sebagai ibu, istri dan pengajar (dosen, profesor dan guru besar). Dari sanalah, Sri Mulyani banyak mengambil pelajaran dan menerapkannya pada kehidupannya sendiri.

Fokus dan prioritas adalah hal yang bisa dilakukan perempuan dalam pilihannya ketika menjadi wanita karir dan juga seorang ibu rumah tangga.” Tutur Sri mulyani.

Selain itu menurutnya komitmen dan konsistensi sangat penting bagi perempuan supaya bisa menjalankan multi peran dengan baik. Bagaimana pun perempuan dan laki-laki berbeda, namun perbedaan inilah yang dinilainya sebagia pelengkap. “Jangan terbebani dengan banyaknya peran yang harus dipikul!” Tulis Sri Mulyani di unggahan pribadinya.

Tapi ada satu hal yang juga tidak boleh ketinggalan: take your personal time. Pastikan ada alokasi waktu untuk hobi atau apa pun yang membuat bahagia

Di antara sekian banyak kesibukan yang menyita waktunya, Sri Mulyani selalu menyempatkan diri untuk melakukan hobinya. Ini adalah caranya untuk menyeimbangkan hidup antara peran untuk keluarga, untuk pekerjaan dan yang paling penting adalah untuk dirinya sendiri.

Nah, itulah tips atau kiat-kiat kesuksesan Sri Mulyani dalam menjalani perannya sebagai sosok ibu, istri dan juga berkarier sebagai menteri. Nggak cuma karier yang gemilang dan punya prestasi segudang, Sri Mulyani juga punya keluarga yang harmonis, anak dan cucu yang tidak kekurangan limpahan kasih sayang darinya. Semoga sosok Sri Mulyani bisa menjadi role model bagi para pemuda Indonesia, khususnya para perempuan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE