Hidup kadang memang perlu tantangan. Jangan hanya terus berada di zona nyaman yang malah akan bikin kamu nggak berkembang dan nggak punya pengalaman. Apalah artinya hidup kalau nggak ada tantangannya. Kamu jadi nggak bisa punya pelajaran yang bisa menggiringmu menjadi pribadi yang lebih baik dari sekarang.

Biar hidupmu nggak gitu-gitu saja, 9 hal ini sepertinya perlu kamu coba lakukan. Setidaknya sekali dalam seumur hidup. Setelahnya, kamu bisa mendapatkan pelajaran berharga yang di bangku sekolah nggak pernah diajarkan.

1. Walau sekali seumur hidup, kamu mesti coba menjadi volunteer. Biar makin paham apa makna hidup

sesekali yuk jadi volunteer via camp-foundation.org

Menjadi seorang relawan tidak terbatas pada kamu yang dibutuhkan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Lebih dari itu, pengalaman menjadi relawan bisa membuatmu banyak belajar. Terutama tentang makna hidup sebenarnya. Kamu akan belajar tentang rasa syukur yang seringkali kamu lupakan.

Selain berbagi ilmu, kamu juga bisa berbagi kebahagiaan. Kalau kamu tak bisa berbagi lewat materi, maka dengan menjadi relawan, tenaga dan pikiranmu yang paling dibutuhkan.

2. Liburan sih sering, tapi apa kamu berani kalau liburannya seorang diri?

Advertisement

sesekali yuk liburan sendiri via fortheloveofwanderlust.com

Mungkin kamu kerap bertualang, mengunjungi berbagai tempat. Rasanya memang menyenangkan, tapi sesekali kamu perlu buat travelling sendirian. Mungkin akan terdengar menakutkan, tapi kalau kamu tahu kiat-kiat apa yang akan melancarkan perjalananmu, kamu pasti bisa buat pergi ke tujuanmu sendirian.

Kalau travelling sendirian masih kurang menantang atau kamu yang pengen travelling tapi terkendala budget, kamu bisa coba menjadi hitchhiker, atau liburan yang alat transportasinya numpang dari satu mobil orang ke mobil orang lain. Nah, berani coba nggak?

3. Buat kamu yang penakut, kamu wajib naik gunung sesekali. Rasakan sensasinya saat berada di puncak

Mendaki gunung via www.pinterest.com

Yang emang udah hobinya mendaki gunung, emang terlihat gampang dan biasa aja. Tapi, mungkin jadi hal yang cukup menegangkan kalau mendaki dilakukan oleh mereka yang takut dengan ketinggian atau takut ambil resiko saat naik gunung.

Sesekali kamu memang perlu mencoba naik gunung dan mencoba keseruan selama perjalanan saat mendaki. Sensasi saat berada di puncak nggak akan ada yang mengalahkan. Tapi, kamu harus juga mempertimbangkan keselamatanmu sendiri. Jangan asal naik gunung, karena alam tak pernah bisa diprediksi. Dan jangan pernah mengabaikan larangan-larangan yang dibuat atau kamu akan rugi sendiri.

4. Terdengar sederhana, namun sulit untuk dilakukan. Apalagi kalau bukan mengungkapkan uneg-uneg yang kamu rasakan

Berani mengungkapkan nggak? via unsplash.com

Jangan cuma bisanya ngomongin orang di belakang. Mulai sekarang tantang dirimu untuk berani mengungkapkan hal-hal yang selama ini nggak berani kamu katakan. Kalau memang nggak suka sama seseorang, berani nggak buat bilang uneg-unegmu ke dia?

5. Buat kamu yang sudah nyaman dengan pekerjaanmu, beranikah membuka peluang buka usaha sendiri?

Buka usaha sendiri via unsplash.com

Beberapa dari kita yang sudah merasakan nyamannya bekerja di suatu perusahaan dengan gaji yang lumayan, pasti enggan untuk meninggalkan. Menurutmu di dunia yang keras ini untuk cari kerja begitu sulit, dan ketika sudah mendapat pekerjaan, akan dipertahankan mati-matian.

Tapi kalau pekerjaan kantoran mulai membuatmu jadi orang yang tak mampu berkembang, berani tidak untuk keluar dari zona nyaman dan memulai usahamu sendiri?

6. Sudah bukan waktunya menjalin hubungan yang main-main. Waktunya kamu harus mulai berani berkomitmen

berani ambil komitmen via dylandsara.com

Berani menjalin hubungan berarti kamu harus berani menantang dirimu sendiri untuk siap menerima komitmen yang pasanganmu tawarkan. Jika kamu terus menimbang-nimbang dan membiarkan ketakutan menguasaimu, kamu tidak akan menemukan dia yang mau mendampingimu hingga akhir hari.

7. Jangan terus-terusan berpenampilan berantakan, sudah saatnya kamu merawat diri

mulai berbenah diri via www.logancoleblog.com

Hidup boleh berat, tapi wajah dan cara berpakaian harus tetap terawat. Hayo, berani nggak kamu buang kaos serta celana lusuhmu tersebut dan mulai berpakaian yang layak? Mulai memoles wajah tiap bepergian. Memakai pakaian yang layak dan mempercantik diri adalah salah satu bentuk paling sederhana dari menghargai diri sendiri lho.

8. Jangan cuma fasih berbahasa Inggris dan bahasa daerah saja, tantang dirimu sendiri untuk menguasai banyak bahasa

belajar banyak bahasa via www.pinterest.com

Kalau kamu yang sekarang hanya fasih berbahasa daerah dan berbahasa Inggris, mungkin salah satu tantangan yang kamu ajukan ke dirimu sendiri adalah memperdalam dan memperkaya dengan bahasa asing lainnya. Seperti misalnya bahasa Jepang, Jerman, atau Prancis.

Lumayan berguna nih kalau suatu saat kamu bisa mengunjungi negara-negara tersebut.

9. Ketika gaji nggak bisa diandalkan buat hidup sehari-hari, jangan ragu buat ambil kerja sampingan

belajar buka usaha via rebloggy.com

Kian hari harga bahan pokok naik tak terkira. Gaji yang kamu terima tiap bulanannya kian nggak bisa diandalkan. Jangan malu buat ambil kerja sampingan yang jika kamu kerjakan nggak akan mengganggu pekerjaan utamamu.

Contoh pekerjaan sambilan yang bisa kamu ambil adalah jadi reseller atau membuat makanan ringan yang juga bisa kamu jual di tempatmu sekalian bekerja. Berani coba?

Terkadang, kita memang perlu menantang diri sendiri biar kita makin paham cara hidup yang mana yang akan mengantar kita pada kesuksesan di depan. Selain itu, jika kamu berhasil melewati tantangan yang kamu berikan untuk diri sendiri, nggak mustahil kamu bisa melewati tantangan dari orang lain nanti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya