Rasanya nggak ada yang mudah dijalani kalau kamu tengah terlabeli ‘belum punya pekerjaan‘. Kalau di rumah, ibu rasanya jauh lebih tegas dan super galak. Bangun lebih siang sedikit saja langsung kena sentak. Pun dengan teman-teman satu angkatan yang hokinya lebih besar karena sudah punya penghasilan. Mereka seringkali merasa iba, menatapmu kasihan dan seakan ingin berkata,

Nasibmu begini banget ya? Perasaan pas kuliah dulu kamu selalu juara?

Advertisement

Untukmu yang tengah menapaki jalan terjal dalam hal mencari pekerjaan, tak perlu sedih dan risau lagi. Mari sambut pelukan Hipwee melalui tulisan ini. Semoga kamu berkenan membaca. Semoga juga hatimu lebih semangat lagi jadinya.

1. Meski berat dijalani, yakinkan diri kalau masa-masa tanpa pekerjaan akan segera terlewati. Semoga semesta lekas mengamini tekatmu yang bulat ini!

Semua ini pasti akan terlewati via www.pexels.com

Mungkin kamu belum tahu, setelah kekuatan semesta, ada satu kekuatan lagi yang tak kalah dahsyatnya. Iya, kekuatan itu berasal dari diri dan hatimu. Kini saatnya kamu gunakan kekuatan hebat ini untuk membangkitkan rasa percaya dirimu. Katakan pada dirimu bahwa masa-masa sulit tanpa pekerjaan ini akan segera terlewati.

Masa sekolah yang katamu membosankan saja bisa kamu lewati meski 16 tahun lamanya. Proses mencari pekerjaan ini harusnya bisa kamu lewati juga!

2. Anggap saja belum mendapat pekerjaan sekarang ini sebagai momen untuk menempa diri lebih keras lagi

Masamu untuk menempa diri via www.unsplash.com

Advertisement

Kekosongan rutinitas yang menghasilkan dalam hidupmu ini sebenarnya merupakan kesempatan emas untukmu menempa diri. Kamu bisa meng-upgrade kemampuan dirimu dalam berbagai hal di sela-sela waktumu keluar masuk perusahaan atau adu nasib di job fair. Tak perlu jauh-jauh dan ribet sendiri, menekuni hobi atau memperkaya diri dengan bacaan bisa kamu lakukan untuk menempa dirimu. Atau malah buka usaha kecil-kecilan yang siapa tahu malah jadi pintu rezekimu yang lain.

3. Belum bertemu dengan pekerjaan seperti ini tak hanya kamu yang mengalami. Kamu jangan pernah merasa sendiri!

Kamu tidak sendiri! via www.pexels.com

Kamu termasuk lulusan tercepat di kampusmu dulu. Ayah, ibu, saudara bahkan teman-temanmu, semua bangga akan kelulusanmu itu. Namun saat berbulan-bulan setelah kelulusan kamu belum juga mendapat pekerjaan, kamu rasanya malu sendiri. Kamu jadi minder dan menutup diri. Kamu merasa hidup sungguh tak adil apalagi usahamu sudah maksimal sekali dalam mencari pekerjaan ini.

Sebenarnya kamu tak perlu merasa sedih, minder apalagi merasa sendiri. Sebab masa-masa belum juga berjodoh dengan pekerjaan ini tak hanya kamu yang mengalami. Banyak orang-orang di luar sana yang juga mengalaminya. Hanya saja kamu terlalu tenggelam dalam kekecewaan diri.

4. Manusiawi kok kalau kamu merasa lelah dan ingin berhenti mencari, tapi apa nggak sayang sama perjuangan selama ini

Apa nggak malu? via www.pexels.com

Setelah sekian lama mencari tapi belum ada satupun pekerjaan yang berjodoh denganmu, rasanya pasti lelah sekali. Saking lelahnya, kamu sampai ingin menyudahi semua ini. Bahkan kamu sampai berpikiran untuk menikah saja biar tak perlu susah-susah mencari pekerjaan. Toh buatmu yang cewek, hidup nanti bakalan ditanggung sepenuhnya sama suami. Buatmu yang cowok, pasti bisa punya modal usaha dari sumbangan di acara kondangan nanti.

Manusiawi kok kalau kamu merasa lelah atas semua kesia-siaan yang fana ini. Namun kalau kamu menyerah sekarang, apalagi pilih menikah saja, apa iya kehidupanmu bakal lebih baik nantinya? Apa kamu nggak malu dengan semua perjuangan yang telah kamu lakukan selama ini?

5. Karena konsep datangnya pekerjaan impian dan jodoh hampir sama. Kamu hanya perlu sedikit lebih berusaha dan bersabar untuk mendapatkannya~

Kamu hanya perlu berusaha lebih keras lagi~ via www.unsplash.com

Jodoh dan pekerjaan itu konsep datangnya hampir sama. Kedua hal itu sama-sama akan datang kalau memang sudah tepat waktunya. Nah masalahnya tinggal pintar-pintarnya kamu selama menjalani momen belum dipertemukan ini. Apakah kamu bisa bertahan dan menaikkan usaha dua kali lebih keras? Atau apakah kamu bisa sedikit lagi memperlebar sabar? Sebelum nanti akhirnya kamu dan pekerjaan impianmu ini dipertemukan.

6. Namun ada satu hal lagi, jangan pernah memutus syukurmu hanya karena belum ditemukan dengan pekerjaan impian. Toh masa-masa ini juga termasuk rezeki, kan?

jangan putus bersyukur~ via www.unsplash.com

Siapa sih yang suka menganggur? Apalagi kalau masa menganggur ini berjalan berbulan-bulan lamanya? Rasanya sih tak ada yang mau. Namun sebelum kamu menuntut hak untuk dipertemukan dengan pekerjaanmu, sudahkah kamu banyak-banyak bersyukur? Toh masa menganggur ini adalah rezeki yang Tuhan berikan cuma-cuma, agar kamu lebih dekat lagi dengan-Nya.

Mau selama apapun kamu menganggur, jangan lupa untuk terus panjatkan syukur. Sebab janji-Nya itu nyata. Kamu yang banyak bersyukur suatu saat akan ditambah lagi nikmatnya.

Semoga semangatmu untuk mencari pekerjaan tak putus-putus ya! Pacar aja diperjuangkan sampai segitunya, masa’ soal pekerjaan ini justru sebaliknya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya