Wisuda kelulusan jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua mahasiswa perkuliahan. Setelah menghabiskan beberapa tahun studi di perguruan tinggi, wisuda akan jadi tonggak keberhasilan yang melegakan sekaligus membanggakan. Nggak ada lagi bangun pagi, tugas kuliah dan tuntutan IPK tinggi. Ya, momen ini memang pantas dirayakan.

Namun, sudahkah kamu berpikir matang-matang, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Pertanyaan inilah yang jadi permasalahan sebagian besar mahasiswa. Nggak banyak dari mereka yang paham akan kenyataan yang harus dihadapi setelah kelulusan. Bekerja? Well, pada kenyataannya banyak mereka yang kesulitan mendapat pekerjaan usai menyelesaikan masa studinya.

Advertisement

Tapi tenang, Hipwee sudah rangkum beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah, wahai mahasiswa tingkat akhir maupun kamu yang sudah lulus dan galau terhadap masa depan…

1. Jangan cuma mengandalkan kompetensi di bidang akademik saja, ambil kelas keterampilan agar kamu punya skill yang bisa dipakai saat bekerja

ikut kelas kursus

ikut kelas kursus via monlib.vic.gov.au

Perlu kamu tahu bahwa dunia kerja banyak membutuhkan orang-orang dengan keterampilan tertentu. Lalu, apa jadinya kalau keterampilan yang dibutuhkan itu nggak pernah diajarkan semasa kuliah?

Kamu nggak perlu khawatir. Mengambil kuliah yang nggak berhubungan sama sekali dengan pekerjaan yang kamu inginkan bukan berarti kesempatanmu tertutup. Kamu bisa mengambil kelas untuk mengasah keterampilan di luar materi perkuliahan, seperti kelas pemrograman komputer, desain grafis, public speaking, ads sense dan masih banyak bidang lainnya. Keterampilan yang ditawarkan kelas ini akan menambah kolom kemampuan dalam CV mu kelak dan sudah pasti ada perusahaan yang membutuhkannya di dunia kerja.

2. Sebelum dapat pekerjaan, coba ikut kelas magang supaya bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya

magang di bidang yang kamu suka

magang di bidang pekerjaan yang kamu suka via www.hercampus.com

Advertisement

Biasanya, program magang diikuti untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Namun, program magang yang dipakai sebagai syarat kelulusan harus sesuai dengan jurusan yang kamu ambil atau beberapa kriteria dari perguruan tinggi.

Jika kamu tertarik memperbanyak pengalaman dengan mengikuti program magang yang kamu sukai selain dari yang diharuskan, setelah lulus kuliah adalah waktu yang tepat untuk mengambil magang sesuai bidang pekerjaan yang kamu suka. Kamu pun bisa lebih fokus menjalani magang lantaran kuliahmu sudah selesai. Selain itu, kamu juga bisa sekalian mengetes mental sebelum menjalani dunia kerja yang sesungguhnya.

3. Mengikuti seminar atau workshop akan jadi kegiatan yang bermanfaat, bisa jadi kamu akan dapat inspirasi mengenai lapangan pekerjaan kelak

Dari pada menganggur di rumah, lebih baik cari informasi apakah ada seminar yang menarik dan sesuai pada bidangmu. Seminar atau workshop juga bisa memperkaya ilmu dan pengalaman. Lagi pula, sertifikatnya bisa gunakan sebagai modal untuk melamar kerja, kan?

4. Cari penghasilan lewat wirausaha memang menjanjikan, tapi yang terpenting adalah menjalin relasi untuk menambah wawasan

Kewirausahaan adalah keterampilan hidup. Ketika kamu lulus kuliah, kamu bisa merealisasikan ide bisnis yang telah direncanakan sejak lama. Atau, kamu bisa memulai bisnis dengan mengambil ide dari hal-hal yang kamu sukai, misalnya menjual lukisan, bisnis makanan, atau menjadi fotografer. Menjadi seorang pengusaha membantumu belajar banyak hal, seperti manajemen tim, manajemen waktu, bahkan berbicara di depan umum.

Selain menjalankan usahamu, jangan lupa untuk menjalin relasi dengan suplier, pelanggan, bahkan kompetitor. Dari sini kamu akan banyak belajar tentang strategi pemasaran, bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan, dan media online secara nggak langsung.

5. Menjadi relawan di kegiatan sosial juga banyak manfaatnya, bisa dicantumkan di kolom pengalaman saat melamar kerja

jadi relawan sosial

jadi relawan sosial via www.histio.org

Menjadi relawan adalah cara yang tepat menghabiskan waktu sebelum disibukkan dengan pekerjaan. Banyak organisasi atau lembaga sosial, pendidikan maupun bencana alam yang mencari orang-orang yang tertarik dan punya keinginan untuk membantu dan mengembangkan organisasi mereka.

Nah, kamu yang berjiwa sosial tinggi bisa mendaftar menjadi salah satu relawan di sana. Meski kamu nggak mendapatkan bayaran, tapi kamu akan belajar banyak. Beberapa perusahaan terutama dinas-dinas sosial akan membutuhkan orang-orang yang punya pengalaman mengikuti kegiatan sosial seperti ini. Tapi, pastikan lembaga atau yayasan tersebut berbadan hukum dan terpercaya, ya!

6. Jangan dikira traveling cuma buang-buang duit, dari sini kamu bisa belajar banyak hal baru yang kamu nggak ketahui

Ketika sudah lulus, beri sedikit waktu ‘bernapas’ untuk dirimu sendiri. Bawa dirimu ke tempat-tempat baru. Nggak perlu jauh dan mahal, yang terpenting adalah perjalanannya.

Melakukan perjalanan wisata bukan berarti nggak akan menambah pengalamanmu. Berjalan-jalan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sudah dipastikan akan menambah pengetahuanmu akan keindahan alam yang ada serta bahasa dan budaya setempat. Ya, perjalanan akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih bijak dan lebih memahami proses atas diri sendiri.

7. Kamu juga bisa memperdalam hobi yang lama terbengkalai, siapa tahu bisa jadi profesi

menggeluti hobi

menggeluti hobi via i.ytimg.com

Kamu termasuk penyuka musik atau pecinta olahraga? Lulus kuliah adalah menjadi waktu yang tepat untuk memperdalam hobi yang kamu miliki. Kamu bisa mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan hobimu atau mengajarkan hobimu itu kepada orang-orang terdekat. Bahkan, bila diseriusi, bukan nggak mungkin kalau hobimu ini akan berubah menjadi sesuatu yang menghasilkan pendapatan untuk dirimu sendiri.

8. Atau, lakukan update CV secara berkala supaya nggak ada yang terlewat saat maju ke wawancara kerja

perbaiki cv kamu

perbaiki cv kamu via fthmb.tqn.com

Curiculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah representasi dari dirimu. Perbaiki daftar riwayat hidupmu secara berkala dengan beberapa kegiatan yang bisa kamu ikuti. Selain kegiatan selama masih menjadi mahasiswa, seperti mengikuti organisasi baik di dalam maupun di luar kampus serta kegiatan sosial lainnya, kamu bisa menambah kegiatan lain seperti kursus keterampilan ataupun kerja paruh waktu yang pernah kamu ikuti.

Nah, itu tadi merupakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah. Memang masa setelah lulus kuliah merupakan masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian sehingga kamu harus bisa menikmati proses tersebut. Jangan menyerah dan selamat berjuang, ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya