FILSAFAT (101): Mengenal Filsafat

Apa Itu Filsafat?

Filsafat dikenal sebagai sebuah ilmu yang abstrak dan sulit untuk dipelajari. Namun pada nyatanya jika kamu mempelajari ilmu ini, kamu akan dapat menemukan pandangan yang baru terkait dunia dan segala permasalahan yang ada. FIlsafat juga merupakan ilmu yang terus berkembang dan tidak ada habisnya, seiring berkembangnya kehidupan dengan segala tantangan dan kondisi yang baru, filsafat akan terus tumbuh dengan aliran-aliran yang baru. Saat ini beberapa aliran dalam filsafat juga banyak dibicarakan oleh para milenial, hal ini menandakan bahwa mengenal ilmu filsafat tidak akan ada habisnya.

Advertisement

Filsafat merupakan terjemahan dari bahasa inggris yaitu Philosophy dan kata ini berasal dari bahasa Yunani yang terbagi dalam dua kata yaitu Philein atau Philia dan Sophia. Apa arti dari kedua kata tersebut? Kata tersebut memiliki arti Philen atau Philia yaitu cinta atau mencintai, sedangkan Sophia memiliki arti kebijaksanaan. Secara keseluruhan, filsafat memiliki arti mencintai kebijaksanaan atau love of wisdom. Mereka akan terus bertanya hingga jawaban yang mereka terima sudah cukup menjawab segala keraguan dan kebingungannya.

Darimana munculnya aliran-aliran filsafat? Semua aliran tersebut berasal dari salah satu emosi positif yang dimiliki manusia, yaitu kagum. Rasa kagum yang dimiliki oleh para filsuf terhadap segala sesuatu yang mereka lihat dan alami, akhirnya memunculkan curiosity atau rasa ingin tahu yang besar terhadap hal yang dikagumi tersebut. Dari rasa ini lah, pertanyaan-pertanyaan muncul, hingga membentuk sebuah aliran dalam filsafat. Seperti yang mungkin kamu ketahui juga bahwa filsafat tidak hanya memiliki satu atau dua aliran saja, namun filsafat memiliki beragam aliran. Aliran-aliran ini muncul karena adanya perbedaan cara manusia memandang dunia. Dalam memandang hal yang sama, mungkin aku dan kamu pasti memiliki sudut pandang yang berbeda. Bisa jadi kamu melihatnya dari sisi sebelah kiri, dan aku melihatnya dari sebelah kanan, yang akhirnya kita berdua melahirkan sebuah pandangan baru, begitu pula dengan aliran-aliran yang ada dalam filsafat. Berbagai aliran ini tentunya merupakan sudut pandang para tokohnya dalam melihat dunia, sudut pandang ini bisa berdasarkan bagaimana pengalaman hidup seseorang, atau prinsip dan keyakinan yang dimilikinya. Tentunya semua atas dasar yang jelas, ditemukan dari rasa kagum dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari rasa tersebut. Aku akan memperkenalkan sedikit aliran yang ada dalam filsafat dan bagaimana pandangannya terhadap dunia pengetahuan.

Idealisme

Advertisement

Idealisme merupakan aliran yang meyakini bahwa kenyataan atau realitas terdiri dari jiwa dan ide-ide. Kata idealisme berasal dari kata “idea” yang artinya sesuatu yang hadir dalam jiwa. Aliran ini menjadi awal yang penting bagi perkembangan cara berpikir manusia. Pemikiran dasar aliran ini pun ternyata pernah dipaparkan oleh Plato, menurutnya realitas yang paling dasar adalah sebuah ide, sedangkan realitas yang dapat dilihat oleh manusia adalah bayangan dari ide tersebut. Pemikiran ini tentunya memandang realitas yang tampak sebagai sesuatu yang tidak penting, dan hanya dapat diterima jika realitas tersebut dikaitkan dengan ide-ide. Meskipun demikian pemikiran idealisme ini merupakan pemikiran yang paling diterima oleh para tokoh atau filsuf, salah satunya adalah Descartes, ia menyetujui bahwa unsur yang berkaitan dengan jiwa merupakan unsur yang lebih penting daripada sebuah kebendaan (yang tampak).

Rasionalisme

Advertisement

Aliran rasionalisme merupakan aliran yang mengutamakan akal sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang dapat dipercaya. Bagi para tokohnya, akal merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh manusia untuk menemukan, memperoleh, hingga menguji sebuah pengetahuan. Mereka juga meyakini bahwa akal memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hidup, segala permasalahan dapat diselesaikan dan dipecahkan melalui akal. Tokoh yang terkenal pada aliran rasionalisme adalah Rene Descartes, ia memiliki julukan sebagai bapak filsafat modern. Aliran ini muncul oleh satu pertanyaan darinya, “apakah metode dasar yang pasti digunakan manusia untuk melakukan refleksi?”. Dari pertanyaan ini lah ia menemukan akal sebagai sesuatu yang paling mendasar digunakan manusia untuk melakukan refleksi pada sesuatu. 

Empirisme

Aliran yang satu ini berfokus pada pengalaman yang dimiliki seseorang sebagai sumber dari pengetahuan. Empirisme ini berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti pengalaman inderawi atau pengalaman observasi melalui panca indera. Empirisme merupakan aliran yang sangat bertentangan dengan rasionalisme, menurut para tokohnya pengetahuan berasal dari pengalaman sehingga panca indera merupakan sumber yang paling jelas dan pasti dibandingkan akal. Semua hal yang diketahui oleh manusia bergantung pada bagaimana manusia menggunakan panca indera melihat, mendengar, menyentuh yang dimilikinya. Tokoh empirisme juga menolak keyakinan bahwa manusia memiliki fitrah pengetahuan dalam dirinya, menurut aliran ini tanpa adanya pengalaman, pengetahuan tidak akan terbentuk.Aliran ini dibentuk oleh Francis Bacon dan Thomas Hobbes dengan pandangan: Semua pengetahuan terbentuk dengan menggabungkan apa yang dialami oleh manusia.

Tiga aliran tersebut hanya sebagian dari aliran yang ada di dalam filsafat. Filsafat merupakan ilmu yang luas dan dapat membahas berbagai sudut kehidupan manusia. Saat ini filsafat menjadi hal yang banyak dibicarakan sebagai sesuatu yang membantu kita dalam menjalani kehidupan, misalnya yang cukup terkenal adalah aliran Stoisisme atau Filosofi Teras, aliran ini merupakan aliran yang cukup mudah untuk diterapkan dan membantu kita untuk bisa lebih fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan. Selain itu ada juga Filosofi Minimalism buat kamu yang tertarik dengan hidup minimalis. 



Mempelajari filsafat dapat mempengaruhi bagaimana kamu memandang dunia, bahkan mengubah hidup kamu. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan terkait filsafat, kamu bisa menonton video-video tentang filsafat di channel Youtube Satu Persen. Disana akan membuka pandangan kamu tentang filsafat dan kaitannya pada hidupmu. Kamu bisa mulai dari video: Kenapa Ada Berbagai Macam Aliran Filsafat? (Belajar Filsafat) dan dilanjutkan dengan video-video lainnya yang juga akan bermanfaat untuk mengubah sudut pandangmu terhadap hidup

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Platform tempatmu berkembang menuju #HidupSeutuhnya

CLOSE