Memiliki impian pergi keluar negeri saat menjadi mahasiswa adalah dambaan semua orang. Dengan biaya kuliah yang mahal, mahasiswa biasanya akan melakukan sesuatu untuk impiannya tercapai. Terlebih untuk mahasiswa yang bukan kupu-kupu, pasti tertantang untuk menyisihkan uang dan tidak malam mingguan. Hal tersebut dilakukan untuk menggapai impiannya.

Salah satu impian kebanyakan mahasiswa adalah pergi keluar negeri. Lalu, apa yang dilakukan bila impian itu tercapai?. Mungkin sebagian akan rekreasi dan berfoto cantik di sudut-sudut kota yang berbeda dengan Indonesia. Namun, apakah mengunjungi universitas impian di luar negeri juga menjadi impian.

Advertisement

Tentunya dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang akan membiayai beasiswa magister menjadi impian saat ini. Berikut ini 2 perguruan tinggi yang wajib dikunjungi mahasiswa saat di Britania Raya dengan kelengkapan museumnya.

1. University of Cambridge

Berdasarkan data survey CWUR 2016 – World University Rankings, University of Cambridge masuk kedalam top 5 perguruan tinggi terbaik di dunia. Dengan urutan terbaik ke empat, ada 18.000 mahasiswa dan 11.000 staff melakukan aktifitasnya setiap hari. Wow.. pasti ramai sekali ya berada di perguruan tinggi ini. Bukan hanya itu, ada 31 Fakultas dengan 150 jurusan yang ada di University of Cambridge. Pasti banyak yang bingungkan pilih fakultas apa, tentunya dengan kemampuan yang dimiliki ya. Pastinya dengan usia 809 tahun ini, University of Cambridge membenahi diri setiap tahunnya.

Advertisement

http://www.cam.ac.uk/about-the-university

Museum yang ada di Cambridge University:


  • Fitzwilliam Museum

Buka pada selasa hingga sabtu pukul 10-17.00, Anda bisa mengunjungi dengan waktu yang diberikan 2-3 jam.


  • Kettle's Yard

Buka pada selasa hingga minggu pukul 12.00-17.00, Anda bisa membaca buku disini namun tidak dapat meminjamnya.


  • Museum of Archaelogy and Anthropology

Museum ini memiliki 2juta historis manusia dan 1 juta artefak. Terbuka untuk umum pada hari selasa hingga sabtu pukul 10.30-16.30.


  • Museum Of Classical Archaeology

Cambridge merupakan salah satu koleksi plesteran terbesar di dunia. Anda bisa menjelajahi dunia dengan melihat patung Yunani dan Romawi kuno. Terbuka untuk umum pada hari minggu-jumat pukul 10.00-17.00.


  • Whipple Museum of the History of science

Museum ini memegang koleksi instrumen dan model ilmiah yang penting secara internasional, berasal dari Abad Pertengahan sampai sekarang. Buka pada pukul 12.30-16.30 pada hari senin hingga jumat.

2. Oxford University

Oxford merupakan perguruan tinggi terbaik ke lima di dunia versi CWUR 2016. Oxford yang bukan hanya sekedar kampus memiliki peta akademis di Google Maps untuk berjalan kaki atau transportasi umum. Kampus ini sangat terbuka untuk pengunjung yang hanya melihat-lihat atau sekedar mencari informasi.

Bagi pengunjung bisa pergi keperpustakaan atau ke museum Oxford. Bagi pecinta sejarah dan arsitektur pasti suka sekali dan ingin sepanjang hari mengelilingi kampus ini. Sebagai universitas tertua di Inggris, pengajaran yang dimulai pada tahun 1167. Ada lebih dari 23.000 mahasiswa dari lebih 140 negara yang saat ini belajar di Universitas Oxford. Berikut tempat-tempat di Oxford University yang bisa Anda kunjungi dengan gratis:

https://www.ox.ac.uk/about/

Museum yang ada di Oxford University:


  • Oxford University Museum of Natural History

Museum Sejarah Alam Universitas menyimpan koleksi spesimen zoologi, entomologis, palaeontologis dan mineral Universitas. Dengan 4,5 juta spesimen itu adalah koleksi terbesar dari jenisnya di luar koleksi nasional. Anda bisa berkunjung pada pukul 10:00-17.00 setiap hari dan tanpa dikenakan biaya. Lokasinyapun ada di parks Road.


  • Museum of the History of Science

Museum Sejarah Sains bertempat di bangunan museum tertua yang masih ada di dunia. Ini berisi kumpulan instrumen ilmiah sejarah terbaik di dunia. Lokasinya berada di Broad Street dan hanya bisa dikunjungi pada hari selasa-minggu. Waktu berkunjunpun hanya pukul 12.00-17.00.


  • Pitt Rivers Museum

Anda harus melalalui Museum of Natural History terlebih dahulu di Parks Road. Museum ini memegang salah satu koleksi antropologi dan arkeologi terbaik di dunia, dengan benda-benda dari setiap benua dan dari seluruh sejarah manusia. Buka pada selasa hingga minggu pukul 10.00-16.30.


  • Bate Collection of Musical Instruments

Koleksi Bate dari alat musik menjadi sejarah dan pengembangan alat musik tradisional Klasik Barat, dari periode abad pertengahan sampai sekarang. Lokasinya berada di Faculty of Music, St Altade’s. buka pada hari senin hingga jumat pukul 14.00-17.00.


  • Bodleian Library & Weston Library

Perpustakaan Bodleian di Universitas Oxford membentuk perpustakaan universitas terbesar di Inggris. Dua tempat, Perpustakaan Bodleian Lama dan Perpustakaan Weston, terbuka untuk pengunjung setiap hari.

Jadi, bagi kalian yang akan berencana melanjutkan studi di luar negeri bisa berkunjung terlebih dahulu ke perguruan tinggi tersebut. Walaupun Anda juga tidak berencana berkuliah disana, tidak ada salahnya mengunjungi dan berjalan-jalan di perguruan tinggi tersebut.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya