3 Alasan Mengapa Mencintai Diri Sendiri Wajib Hukumnya Sebelum Mencintai Orang Lain!

Beresin dulu dirimu baru berurusan sama orang lain sob!

Seruan untuk mencintai diri sendiri atau istilah kerennya love yourself kian kemari kian marak digaungkan dari masyarakat sampai public figure. Hal ini menunjukkan bahwa kasus tidak mencintai diri sendiri bahkan sampai membenci diri sendiri sudah sangat parah dan massif, sehingga seruan ini pun begitu sering digaungkan. Dan setelah saya pikir – pikir, memang mencintai diri sendiri ini sangat penting bagi kita sebelum kita mencintai orang lain, mengapa demikian?

Advertisement

Yang pertama, dengan mencintai diri sendiri, kita sudah dapat menerima keadaan diri kita, baik buruknya kita, sehingga kita pun dapat tetap bersyukur, percaya diri serta memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita, terlebih ketika kita sudah bisa menerima keadaan diri kita sendiri, keadaan pasangan, mau itu baik atau buruknya pun kemungkinan besar dapat kita terima dengan ikhlas.

Teringat ketika remaja saya pun sempat mengalami ketidakpercayaan terhadap diri saya, dimana kala itu saya bertubuh pendek dan juga berjerawat, ya meskipun sampai sekarang masih pendek sih hahahah. Berbagai hal sudah saya coba, dari peregangan, renang, basket, sampai minum susu tinggi kalsium tiap hari, tapi tetap saja tidak membuahkan hasil.

Lalu setelah bertahun – tahun melakukan hal itu dengan motivasi agar tambah tinggi, saya menyadari bahwa saya hanya membuang – buang waktu karena usia saya yang sudah menginjak 20 tahun tidak mungkin akan bertambah tinggi secara signifikan. Sejak saat itu saya pun mencoba untuk menerima diri saya apa adanya dan coba untuk lebih percaya diri dengan tubuh saya, dan mulai berolahraga hanya untuk tujuan kesehatan saja. Tentunya masih banyak juga hal bermanfaat di dunia selain coba tambah tinggi hehe.

Advertisement

Yang kedua, dengan mencintai diri sendiri, kita juga dapat mengurangi rasa rendah diri dan overthinking. Daripada waktu kita terbuang sia – sia untuk overthinking dan menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang tidak dapat kita ubah, lebih baik waktu kita dialokasikan untuk sesuatu yang lebih berguna terlebih yang dapat menggali potensi terpendam kita, sehingga the best version of your life dapat terbentuk dan terasa manfaatnya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ketika kita mencintai diri kita sendiri pun rasa percaya diri kita akan meningkat, dan itu sangat membantu kita dalam bersosialisasi maupun bekerja.

Yang ketiga, ketika kita mencintai diri sendiri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain, hidup kita akan terasa jauh lebih damai dan tenang. Rasa rendah diri, iri hati, maupun overthinking hanya membuat hidup kita, khususnya hati dan mental menjadi berantakan. Kita menjadi orang yang tidak fokus dan mungkin saja emosi kita dapat meluap di waktu yang tidak tepat. Jelas itu hal yang sangat merugikan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain (pasangan, rekan, dll), maka mencintai diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya saya rasa sangat perlu dilakukan agar hidup kita lebih damai, jauh dari kata cemas dan khawatir, sehingga kita pun dapat mencintai orang lain ketika kita sudah berdamai dan mencintai diri kita sendiri. Karena sebaik – baiknya cinta adalah cinta kepada diri sendiri terlebih dahulu, baru kepada orang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa yang sedang mencari peruntungan dalam berbagai hal.

CLOSE