3 Destinasi Unik Ini Hanya Ada di Indonesia Lho! Emang Pesonanya Nggak Main-Main

Masuk wish-list kamu belum nih~

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam destinasi wisata yang wajib diperhitungkan. Terdapat berbagai keunikan, keindahan dari setiap sudut panorama yang disuguhkan. Orang bilang bahwa keindahan alam Indonesia merupakan surga dunia yang wajib didolani, terutama sektor bahari. Selain terkenal akan keindahan wisata bahari, seperti Bali dan Lombok, ternyata Indonesia memiliki destinasi wisata yang hanya akan kita jumpai di Tanah Air.

Advertisement


PULAU KOMODO


Sesuai namanya, Pulau Komodo merupakan habitat asli dari kadal purba, Komodo, yang masih hidup hingga sekarang. Hewan yang dipercayai sebagai keturuan dinosaurus ini merupakan hewan endemik yang hanya dapat kita temukan di Indonesia, tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo Flores, Nusa Tenggara Timur.

Komodo adalah kadal pruba rasaksa pemakan daging dan mmerupakan yang terbesar di dunia. Panjang reptil ini dapat mencapai tiga meter dengan berat 100-106 kg. Setidaknya terdapat kurang lebih 2.000 ekor komodo yang menghuni pulau tersebut.

Selain komodo, terdapat 277 spesies hewan perpaduan yang berasal dari Asia dan Australia, terdiri dari 128 spesies burung, 33 spesies mamalia, 37 spesies reptilia serta panorama indah lainnya di setiap sudut pulau, seperti pasir merah muda dan pegunungannya. Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai salahs atu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 dan bagian dari New Wonders of Nature.

 

Advertisement


KAWAH IJEN


Mungkin telah banyak destinasi wisata mancan negara yang menawarkan keindahan kawah namun, kawah gunung yang menyuguhkan pancaran cahaya biru saat dini hari hanya ada di Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.  Tidak perlu diragukan keindahannya, Kawah Ijen telah mendunia sebab pesona alam yang dimiliki. Destinasi wisata unik ini terbentuk setelah letusan dahsyat Gunung Ijen. Para Wisatawan dihimbau untuk selalu berhati-hari dikarenakan Kawah Ijen memiliki keasaman yang sagnat tinggi, bahkan dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Bukan hanya tingkat keasaman yang tinggi, air belerang yang tergenang di Kawah Ijen diperkirakan memiliki volume 200 juta kubik dengan panas mencapai 200 derajat celcius.

Advertisement

Yang menjadikan Kawah Ijen sebagai destinasi wisata unik adalah suguhan fenomena alam yang luar biasa menakjubkan, yakni Blue Fire yang dapat disaksikan di alam terbuka sejak dini hari sampai pukul lima pagi WIB. Keindahan selanjutnya yaitu pemandangan sunrise yang menyinari kawah kemudian dipantulkan sehingga menjadikan warna kemilau hijau toska di permukaan air kawah. Unik bukan?

 


DANAU KAKABAN


Danau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur ini merupakan destinasi unik, bahkan satu-satunya di dunia. Air Danau Kakaban berasal dari air laut yang terjebak akibat naiknya karang setinggi 50 meter yang kemudian bercampur dengan air hujan selama dua juta tahun yang lalu. Danau Kakaban dihuni ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat. Terdapat empat jenis ubur-ubur dengan berbagai ukuran, mulai dari seukuran jari telunjuk hingga sebesar dua telapak tangan orang dewasa.

Jenis ubut-ubur penghuni danau air payau ini adalah Ubur-ubur Terbalik (Cassiopea Ornata) 15-20 cm, Ubur-ubur Totol (Mastigias Papua) 1-20 cm, Ubur-ubur Kotak (Tripedalia Cystophora) 7-10 mm, dan Ubur-ubur Bulan (Aurelia Aurita) 5-50 cm. Sebenarnya terdapat danau serupa, yakni Jellyfish Lake di Palau, Samudera Pasifik. Yang menjadikan Danau Kakaban lebih unuk adalah keberadaan empat jenis ubur-ubur yang tidak menyengat, sedangkan di Palau, Samudera Pasifik hanya ada dua jenis saja. Dalam Bahasa Daerah, kata kakaban berarti "memeluk". Arti dari Pulau Kakaban adalah "Sebuah pulau yang memeluk danau."

***

Tidak hanya tiga destinasi unik di atas saja yang dimiliki Indonesia, melainkan masih banyak sekali tempat lain yang bahkan mungkin belum tereksplor oleh manusia. Nah, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melepas penat karena di dalam negeri pun memiliki keindahan alam beserta keunikan yang ada di dalamnya. Jangan sampai alam indah yang kita miliki ini rusak. Kita harus menjaga baik satwa maupun fauna serta kelestariannya. Sudah siap liburan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Katanya menulis itu terapi?

CLOSE