Indonesia terkenal dengan kebhinekaannya. Di setiap daerahnya memiliki ciri khasnya masing-masing. Jika di Jakarta memiliki Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk menggambarkan keberagaman Indonesia, maka di Semarang memiliki Maerokoco. Didalamnya terdapat miniatur provinsi Jawa Tengah. Seperti halnya di TMII, di Maerokoco juga terdapat berbagai ikon dari kota-kota yang ada di Jawa Tengah. Jadi untuk anda yang tinggal di Jawa Tengah tidak harus jauh-jauh pergi ke TMII. Cukup pergi ke Maerokoco saja, karena Maerokoco tidak kalah menariknya dengan TMII.

Hanya dengan sepuluh ribu rupiah kita bisa menikmati keindahan danau dan anjungan-anjungan yang ada di sana. Tempatnya sangat instagramable dan cocok untuk berswafoto. Anda bisa berfoto dengan latar belakang danau hingga hutan mangrove yang memukau. Untuk mendapatkan foto yang lebih bagus sebaiknya anda datang pada sore hari. Karena cahaya matahari sore di sana sangat mendukung untuk berfoto.

Advertisement

Terdapat juga berbagai permainan seperti bebek air, komedi putar, flying fox, borncar dan maih banyak  permainan lainnya. Selain itu pengunjung juga bisa belajar mengenal Indonesia melalui ikon-ikon dari kota-kota yang ada di Indonesia terutama Provinsi Jawa Tengah. Sehingga wawasan pengunjung terhadap Indonesia akan bertambah dan diharapkan dapat  meningkatkan rasa nasionalisme pengunjung terhadap bangsa Indonesia.

Melihat dari potensi tempat dan manfaat ketika berkunjung ke Maerokoco, tempat ini sangat pas untuk dikunjungi semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Semuanya dapat menikmati semua fasilitas dan keindahan alam terbuka yang ada di sana. Anak-anak bisa bermain sambil belajar, untuk anak muda dapat mencari stok foto Instagram, atau juga bisa sekedar duduk-duduk bersama keluarga atau teman.

Puri Maerokoco atau lebih dikenal dengan Taman Maerokoco ini dibangun pada tahun 1993. Taman Maerokoco bertempat di Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Menempati tanah seluas 23,84 hektar, Maerokoco terdiri atas 35 anjungan yang mencerminkan 35 kabupaten dan kotamadya yang berada di Jawa Tengah.

Advertisement

Yang lebih menariknya lagi, di tempat ini juga terdapat miniatur tempat wisata popular yang ada di Jawa Tengah seperti. Miniatur Masjid Agung Demak, Miniatur Masjid Menara Kudus, dan Miniatur Candi Borobudur. Hanya dengan datang di satu tempat bisa berasa keliling Jawa Tengah.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Maerokoco antara lain mushola, toilet, anjungan, dan beberapa tempat istirahat yang nyaman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya