Banyak sekali iklan di majalah dan media tentang kecantikan yang didefinisikan dengan warna kulit yang putih dan rambut lurus. Jarang sekali iklan mendefinisikan cantik dengan warna kulit hitam dan rambut keriting. Sehingga sebagian orang terutama kaum adam mendefinisikan cantik  dari seorang perempuan dengan warna kulit putih dan rambut lurus. Padahal Indonesia ini luas dan banyak suku, salah satunya adalah Papua.

Hampir semua perempuan asli Papua terlahir dengan kulit hitam dan rambut keriting, hanya sebagian kecil yang memiliki rambut ikal dan kulit putih. Mungkin ada yang berpendapat kok bisa berbeda begitu? Nah karena Papua terdiri dari banyak sekali suku dan ciri khas orang dari setiap suku juga berbeda. Selain itu, dampak dari iklan juga kadang mengurangi rasa percaya diri sebagian perempuan asli Papua karena merasa kurang menarik.

Advertisement

Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju banyak perempuan asli Papua mulai bangkit dan belajar menghargai diri sendiri dengan membaca buku-buku yang memotivasi serta mengatur fashion yang sesuai dengan diri sehingga terlahir sebagai perempuan asli Papua adalah anugerah terindah. Namun menjadi perempuan Papua cantik tidak harus merusak warna kulit hitam dengan produk kecantikan pemutih wajah dan tubuh yang harganya mahal, karena kita bisa menjadi cantik yang sederhana dengan merawat diri bersih seperti mandi teratur, menggunakan deodoran, lotion dan pakai makeup sebutuhnya kemudian menggunakan pakaian yang sopan.

Kalau untuk rambut, semua perempuan Papua punya hak untuk tetap mempertahankan rambut keriting atau menggunakan produk untuk meluruskan rambut. Sebagai mahkota perempuan Papua rambut bisa dibentuk dengan model yang simpel seperti model high bun, double bun, kepang dua, dan lain sebagainya. Punya kulit hitam yang bersih dan rambut keriting yang rapih itu sudah sangat menarik 😊

Apalagi kalau didukung dengan wawasan yang luas dan karakter yang baik kita layak disebut cendrawasih gold. Kenapa? Karena berbeda, bayangkan saja kalau berdiri di antara banyak wanita yang kulitnya putih dan rambut lurus sudah pasti mata orang yang melihat akan fokus pada kita. Mereka melihat perbedaan dalam diri kita.

Advertisement

Adapun beberapa Perempuan Papua yang disebut cantik karena mereka punya rasa percaya diri dan visi tentang hidupnya. Karena cantik secara fisik tidak cukup apabila tidak ada tujuan hidup yang jelas. Selain itu, tidak menghilangkan identitas sebagai perempuan asli Papua karena sekali perempuan Papua tetap perempuan Papua. Tidak perlu malu dan rendah diri karena yang disebut limited edition selalu berbeda dari yang lain dan spesial.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya