Algoritma dapat diartikan sebagai langkah-langkah atau cara untuk menyelesaikan sesuatu dimulai dari awal (start) hingga akhir (finish). Algoritma sering digunakan dalam metode pemrograman hal ini dikarenakan karna banyak kasus yang terkadang dapat diselesaikan dengan berbagai algoritma yang sama.

Perubahan adalah merupakan suatu proses yang sangat rumit dan untuk bekerja secara efektif dengan lingkungan terutama dengan orang-orang di sekitar kita, maka penting sekali untuk dapat memahami beberapa karakteristik yang berkaitan dengan proses perubahan ini. Bila kita dapat memahami proses perubahan, maka dalam hal pengambilan keputusan akan lebih didasarkan pada informasi tentang bagaimana membantu seseorang atau orang lain dan mengurangi frustasi pada diri.

Advertisement

Pada saat ini banyak mahasiswa yang tidak menyadari akan pentingnya keteraturan dalam hidup, yang diketahui hanyalah bagaimana memulai dan apa hasil akhirnya tanpa pernah berpikir akan proses apa yang akan mereka alami, hal ini merupakan hal yang harus dihindari apalagi untuk para pemuda karena di masa muda mereka harus banyak belajar dan mengumpulkan pengalaman, yang sesungguhnya merupaka  hal sangat berguna di usia tua.

Dalam implementasinya (algoritma) di pemrograman bagi mahasiswa IT dan serumpunnya algortima merupakan hal penting karena mereka harus tau seluruh seluk beluk yang akan menghasilkan output yang mereka inginkan, namun apakah semua itu dimaknai dengan tepat atau tidak?

Bahwa setiap proses akan membawa perubahan tersendiri yang sangat berpengaruh pada output (hasil) yang ingin didapatkan. Lagi-lagi pemuda harus paham apa pentingnya Algoritma (langkah-langkah) yang harus mereka lalui untuk mendapatkan hasil yang sesungguhnya adalah tujuan akhir dari sebuah proses.

Advertisement

Menjadi sebuah pembelajaran penting saat ini untuk pemuda, terkhusus mahasiswa bahwa mereka harus mampu mengambil peran dalam setiap proses perubahan karna sesungguhnya proses pembelajaran tidak pernah berhenti, tidak pernah istirahat sampai kata “Mati” melekat pada dirinya. Hal ini menunjukkan Algortima (proses) begitu penting.

Namun pada saat ini apakah pemuda sudah perduli akan apa proses yang mereka jalani? Akan hasil yang mereka dapat? Akan apa yang akan terjadi kedepannya atas apa yang telah mereka lakukan? Untuk itu perubahan harus selalu berada dalam hidup, tak perduli sebesar apa perubahan apa yang akan didapat, namun satu hal yang pasti walaupun sedikit itu harus berjalan secara berlanjut untuk menjadi diri yang lebih baik dan berguna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya