Benarkah Antibiotik Bisa Mencegah COVID-19? Ssst Cek Dulu Faktanya di Sini, Biar Nggak Kemakan Hoax!

antibiotik tidak bisa mencegah COVID-19

Di tengah penyebaran pandemi Covid-19 ini banyak banget informasi mengenai cara pencegahannya. Salah satunya adalah dengan antibiotik. Tapi, emang bener tuh kalo antibiotik bisa mencegah Covid-19? Yuk kita simak artikel dari youngontop.com yang melansir informasi ini dari situs resmi WHO.

Advertisement

Ternyata, antibiotik nggak bisa mencegah Covid-19. Hal ini disampaikan oleh WHO dalam situs resmi mereka. Antibiotik hanya untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus. Sedangkan Covid-19 sendiri disebabkan oleh virus. Udah pasti antibiotik nggak bisa mencegah Covid-19.

Dalam situs resminya, WHO juga mengungkapkan kalau belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan Covid-19. Berbagai tindakan mengobati diri sendiri dengan antibiotik atau vaksin juga gak direkomendasikan oleh WHO. Beberapa obat dan vaksin untuk mengobati Covid-19 sendiri masih dalam tahap uji klinis.

Oh ya, mengonsumsi antibiotik juga berbahaya lho karena takutnya bisa menyebabkan resistensi antibiotik. Resitensi yang dimaksud adalah suatu kondisi saat bakteri tidak dapat dimatikan dengan antibiotik. Di tahun lalu WHO mengatakan bahwa resistensi antibiotik jadi salah satu dari sepuluh ancaman kesehatan global. Bahkan, di tahun lalu ada 700 ribu kematian yang disebabkan oleh resistensi antibiotik.

Advertisement

Maka dari itu, harus ada anjuran dari dokter mengenai dosis dan jangka waktu penggunaan antibiotik. Jadi nggak boleh dipakai sembarangan. Untuk kamu yang sedang sakit dan diberi antibiotik oleh dokter, jangan berhenti minum antibiotik sebelum waktunya meskipun gejalanya sudah membaik ya.

Nah, karena belum adanya obat atau vaksin untuk mencegah dan mengobati Covid-19, ada baiknya kita menjaga diri dengan cara yang paling efektif. Rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik, menutup mulut dan hidung dengan siku yang terlipat atau tisu saat batuk atau bersin. Jangan lupa juga physical distancing atau menjaga jarak 1-2 meter dengan yang lainnya. Lebih baik di rumah aja kalau gak ada keperluan mendesak. Yuk kita #JagaJarakSejenak

Dengan adanya penyebaran Covid-19 ini, saatnya generasi muda dan anak bangsa tampil menyuarakan bahwa dengan prosedur yang tepat, sikap positif bukan saling menghakimi dan menjatuhkan, tidak saling menyalahkan dan terlibat pertengkaran politik, kita bergandeng tangan bersama-sama melewati krisis ini tanpa memperuncing perbedaan politik dan SARA. Karena kita bersama, #IndonesiaKuat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Young On Top adalah community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

Editor

une femme libre

CLOSE