Seperti yang kamu ketahui gaes, iPhone XS sebenarnya memiliki dual SIM. Tapi sayangnya yang satu adalah nano SIM dan yang satu lagi adalah eSIM, dan sampai sekarang gak bisa di pakai di Indonesia. Lalu apa itu eSIM dan apa bedanya dengan SIM Card biasa? Yuk kita bahas bersama.

Sebelum kita bahas apa itu eSIM secara lebih jauh, kita harus mengenal terlebih dahulu yang namanya SIM. Baiklah, SIM adalah singkatan dari Subscriber Identity Module. Jadi modul identitas bagi pelanggan operator. Nah supaya kamu bisa pakai layanan dari operator tersebut. 

Advertisement

Kamu jelas sudah familiar lah ya, tinggal pasang saja kartu SIM dari operator tertentu ke hp dan bisa langsung pakai layanan dan jaringan dari operator itu. 

Nah kalau eSIM ini adalah Embedded SIM. Jadi kalau SIM Card itu bisa dilepas dan dipasang, eSIM itu Embed alias langsung tertanam di device. Tidak bisa di lepas dan di pasang seperti SIM Card biasa. Jadi di iPhone XS ini, sudah tertanam eSIM.

Bedanya dengan SIM Card, eSIM ini kompatibel dengan semua operator yang support. Sayang nya di Indonesia saat ini belum ada operator yang mendukung eSIM. Terakhir bahwa Smartfren bakal support eSIM ini, cuman belum tahu kapan pastinya. 

Advertisement

Sekarang kita bakal bahas tentang kelebihan dan kekurangan eSIM, baiklah kita awali dengan kelebihan nya.

  • Pertama, kamu tidak usah pasang dan lepas SIM ya. Karena untuk mengaktifkan eSIM ini, kamu tinggal masukin saja disetting. Kalau di iPhone kamu bisa scan QR Barcode dari operator, atau bisa juga masukin data aktifasi secara manual yang kamu dapetin dari operator. Dan eSIM bakal langsung aktif dan siap untuk digunakan. 
     
  • Kedua, eSIM ini praktis banget. Terutama untuk wireable device seperti smartwatch karena eSIM langsung tertanam di device. Jadi cocok buat device yang berukuran kecil, contohnya saja Apple mulai dari Apple Watch 3 ini sebenarnya sudah ada eSIM didalamnya. Dan kamu bisa pakai koneksi yang mandiri lepas dari koneksi iPhone. 
     
  • Ketiga, eSIM ini bakal memudahkan manufaktur dalam melakukan desain smartphone, tablet, smartwatch dan beragam device yang lain. Karena mereka gak perlu lagi gaes menyediakan SIM slot, dan dengan begitu bisa lebih fleksibel dalam mengatur desain dengan bezel yang lebih minim atau yang lebih tipis dan sebagainya. 
     
  • Keempat meskipun ukuran SIM Card ini relatif kecil ya, tetapi dalam jumlah yang sangat besar penggunaan eSIM bisa mengurangi pemakaian bahan seperti plastik dan bahan lain yang di pakai di SIM Card. Karena kalau eSIM aktivasi dan lain-lain ini langsung bisa dilakukan secara digital dari smartphone tanpa perlu membeli SIM Card secara fisik.

Sekarang saatnya kita bahas tentang kelemahan atau kekurangan dari eSIM ini.

  • Pertama, ini khususnya buat kita yang di Indonesia. Sekali lagi sampai saat ini belum ada satu pun operator yang support eSIM. Jadi misal kamu punya iPhone XS yang satu nano SIM Card dan satu eSIM jadinya gak ada bedanya dengan single SIM. Karena yang bisa dipakai hanya nano SIM nya saja, eSIM nya gak bisa berfungsi. Begitu juga dengan beberapa device lainnya, meski sudah ada eSIM nya tapi di Indonesia tidak bisa berguna. 
     
  • Kedua, eSIM rada-rada susah kalau ganti-ganti nomor. Tahu sendiri kan, misal kalau kita pakai SIM Card kalau kita mau ganti nomor kan mudah banget. Kamu tinggal lepas saja SIM Card lama dengan yang baru. Tapi kalau eSIM, kamu harus kontak dulu ke layanan operator untuk minta data aktivasi atau pun OR Code dari operator baru deh kamu bisa masukin ke pengaturan nya. 

eSIM sendiri sebenarnya bukan hal yang baru gaes, karena di computex 17 microsoft mengungkapkan ambisinya untuk memasang e SIM di Always connected PC. Maka popularitas eSIM ini jadi semakin booming dan penggunaan eSIM ini mungkin bakal semakin populer terus dari waktu ke waktu. Dan saya yakin akan ada masa dimana operator Indonesia ini bakal support eSIM.

Mungkin saat ini banyak juga video di facebook yang membahas hal ini, dan silahkan download dan simpan sebagai ilmu di masa depan. Adapun cara download video di facebook sangatlah mudah, sudah banyak juga yang membahasnya. 

Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya