Apakah Definisi Bahagia Menurutmu?

Kata orang bahagia itu sederhana, tapi seperti apa?

Menurut kamus KBBI definisi bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Bahagia mempunyai arti masing-masing untuk setiap orang. Bagi sebagian pelajar kebahagiaan mereka adalah membuat orang tuannya bangga atas prestasi yang sudah didapatkan dan bagi sebagian pekerja bahagia mungkin mendapat gaji yang besar dan karier yang bagus. Lalu apakah bahagia menjadi parameter dalam hidup kita? Bagaimana bisa kebahagiaan menjadi sesuatu yang semua orang idam-idamkan? 

Advertisement

Dalam hidup terkadang tidak sesuai apa yang kita inginkan. Lawan kata dari bahagia itu sendiri adalah sedih. Setiap hari kita pasti bertemu orang lain selain keluarga kita sendiri. Saat menuju ke sekolah atau ke tempat kerja apakah kita bisa tahu mereka sedang berbahagia atau bersedih? Kita tidak tahu bagaimana topeng-topeng mereka yang sedang bahagia tetapi dalam lubuk hati terdalam sedang bersedih. 

Bagaimana dengan cinta? Apa cinta itu juga sebuah kebahagiaan? Aku pernah membaca sebuah qoute, cinta adalah bahwa kondisi di mana kebahagiaan orang lain sangat penting untuk kita sendiri yang berarti saat kita membuat atau meilhat orang lain berbahagia, kita juga turut berbahagia. 


 Love is that condition in which the happiness of another person is essential to your own. – Robert A. Heinlein.


Advertisement

 Kata orang bahagia itu sederhana. Sesederhana apakah itu? Apakah meminum secangkir kopi pada sore hari sambil melihat senja? apakah membeli sesuatu yang diinginkan sejak lama? ataukah sesederhana bertemu dengan seseorang yang kita cintai? 

Setiap orang mempunyai pandangan sendiri tentang kebahagiaan. Tetapi sebuah kebahagiaan tidak bisa dirasakan jika kita tidak bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang. Ketika kita merasa segalanya cukup dan merasa bersyukur, percayalah sudut pandangmu tentang kebahagiaan akan sangat luas. 

Advertisement

Ada banyak orang yang merasa tidak bahagia padahal hidup berjalan sangat baik untuknya. Penerimaan diri apa adanya juga termasuk dalam definisi ini. Penerimaan diri sendiri akan sesuatu bergantung pada pola pikir kita dalam mendeskripsikan bahagia. Kebahagiaan sulit dicari eksistensinya, tetapi saat kau menyelami sudut hatimu, kau akan tahu tidaklah sulit untuk merasa bahagia


You will never be happy if you continue to search for what happiness consists of. You will never live if you are looking for the meaning of life.

― Albert Camus


Menurutku sebuah kebahagian itu tidak bisa diukur secara nyata, tetapi hati masing-masing manusia mempunyai parameter tersendiri untuk mengukur bahagia. Saat merasa ada sesuatu yang membuat kita bahagia, disudut hati kita pasti merasa seperti sebuah kupu-kupu yang berterbangan dengan indahnya.

Bagaimana menurutmu bahagia itu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE