Belajar Filosofi Hidup dari Bermain Game: Hidup Tanpa Tujuan adalah Hidup yang Melelahkan

Hidup ini selalu digambarkan dengan hal-hal yang susah bukan? seperti hidup ini tidak adil, hidup ini keras, hidup ini banyak tipu-tipu dan lain sebaginya. Hal itu terkadang membuat kita takut, cemas, dan merasa kelelahan sendiri.

Advertisement

Berbeda ketika kita sedang menikmati game kesukaan kita, setiap rintangan yang menghadang pasti kita hadapi sebagai kegiatan yang seru dan menantang bukan?


Mengapa ya demikian?


Sekarang kita telaah bersama, apa sih kira-kira perbedaannya, sehingga munculah pola mindset yang berbeda tersebut?

Advertisement

Jawabannya adalah, di dalam game kita sudah bisa melihat tujuan yang jelas.

Kita tahu bahwa suatu game, contohnya game zombie, kita memiliki tujuan bahwa kita harus menang dan bisa melawan zombie agar kita bisa menyelamatkan sang penghuni rumah dari serangan zombie tersebut.

Advertisement

Mungkin kita pun nantinya ketika bermain akan menghadapi berbagai rintangan dan juga kesulitan, namun apakah kita akan mudah menyerah? tentu tidak bukan?

Semakin lama level semakin sulit, bukan membuat kita menyerah malah membuat kita semakin tertantang untuk memenangkan gamenya. 

Itulah fungsi tujuan kita, yakni untuk membuat kita tidak fokus terhadap berbagai permasalah dan juga rintangan serta kesulitan yang menghadang, tetapi membuat kita hanya fokus kepada tujuan yang ingin kita capai, tujuan bisa mengingatkan kita agar kita terus berjuang untuk mencapai tujuan tersebut.

Nah, sekarang sadarkah kamu, bahwa bisa saja apa yang membuatmu selalu kelelahan dengan kehidupan ini adalah karena kita belum memiliki tujuan hidup yang jelas, kita belum mengenal betul diri kita seperti apa? kita tak tahu mau hidup seperti apa? menjadi orang seperti apa? menjalani peran dengan cara bagaimana? berkarir menjadi apa? dan untuk apa kita hidup?

Memang sih, susah untuk bisa menemukan setiap jawaban itu, apalagi tentang jati diri, seringkali membuat kita bingung dan juga frustasi ketika memikirkannya.

Tetapi aku rasa, Tuhan sudah memberikan satu clue untuk kita, yakni sebaik-baik orang adalah orang yang bermanfaat bagi sesamanya. 

Itulah yang bisa kita lakukan mulai dari sekarang, dan itupun juga bisa kita jadikan tujuan hidup kita, yakni menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Karena menjadi manusia yang bermanfaat tidak perlu menunggu kaya atau terkenal, kita bisa membantu orang-orang di sekitar, memberikan senyum ataupun hadiah kecil untuk kebahagiaan , serta mengajari sedikit ilmu dan wawasan baru yang kau punya kepada mereka, itu tentu sudah termasuk hal yang bermanfaat.

Nah dimulai dengan tujuan kecil tersebut, aku berharap kita sekarang bisa sama sama menikmati hidup kita masing-masing dengan lebih enjoy dan fokus kepada tujuan hidup kita.

Sehingga tercipta kehidupan yang mudah dan menyenangkan seperti bermain game kesukaan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

if one day i was gone, and then u miss me, just read my writing, cause i was in there.

Editor

CLOSE