Pasti kalian sudah tahu kan? Apa itu daftar isi, fungsi dan juga kegunaannya. Daftar isi menjadi sesuatu yang sangat urgent dalam suatu karya tulis, entah itu makalah, skripsi, buku maupun yang lainnya. Saat membeli sebuah buku, hal yang menjadi salah satu pertimbangan adalah daftar isi ini. Dengan adanya halaman daftar isi, pembaca bisa mengetahui jalan cerita sebuah buku.

Apakah kamu seorang pelajar? Mahasiswa? Kalau jawabannya memang iya, maka kamu harus bisa membuat daftar isi sendiri menggunakan Microsoft Word. Karena saat perkualiahan, pasti selalu ada yang namanya tugas membuat makalah. Kalau sudah terbiasa membuat karya tulis seperti makalah pastinya akan mudah.

Advertisement

Namun masalahnya kalau kita masih belum terbiasa, dan serasa canggung dan bingung bagaimana cara mengatur tulisan biar nampak rapi. Di sini kita akan berikan satu contoh bagian dari makalah tersebut, di mana banyak yang bingung saat membuatnya yakni contoh format daftar isi.

Kalau biasanya di dalam suatu makalah, saat kalian buka daftar isinya sudah tertata rapi dan bagus. Terutama pada titik-titik yang biasa digunakan, apakah dia memakai cara manual, yaitu dengan mengetik titiknya satu-satu. Mungkin saja, tapi nanti hasilnya bakal agak belepotan dan kurang lurus.

Terus, bagaimana cara sebenarnya yang bisa kita lakukan?
Untuk cara membuat daftar isinya itu ada 2 cara:

Advertisement
  • Menggunakan TAB pada keyboard
  • Menggunakan Menu Reference – Table Of Contens

Namun di sini kami akan memberikan contoh formatnya saja, ya. Jadi nanti ada bagian yang dibutuhkan untuk ditulis pada halaman daftar isi. Pastinya setiap karya tulis berbeda-beda, ya, karena isinya pun berbeda. 

Jadi intinya daftar isi ini harus ditulis berdasarkan cakupan materi yang ada pada karya tulis kalian. Jangan harus selalu disesuaikan dengan contoh ini, jadi fleksibel saja. Silakan cermati daftar berikut ini. Beberapa bagian yang harus ada pada daftar isi:

  • Pendahuluan yang isinya adalah latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat.
  • Kajian teori berisi tentang teori-teori pendukung karya tulis kamu.
  • Metodologi penelitian 
  • Daftar pustaka

Mungkin itu beberapa bagian penting yang wajib ada di setiap karya tulis kamu. Jadi nanti biar bisa benar dan juga dapat penilaian bagus dari dosen. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian saat mengerjakan tugas. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya