Di zaman yang serba moderen seperti saat ini, pastinya teknologi pun berkembang begitu pesat. Saat ini kita sangat tergantung sekali dengan teknologi moderen, karena memang teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan kita. Salah satu contoh teknologi yang sangat popular saat ini adalah gadegt.

Ya gadget saat ini memang menjadi kebutuhan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya orang-orang dewasa yang memerlukan gadget ini bahkan anak-anakpun sangat bergantung pada gadget sebagai pengganti teman bermain mereka. Namun meski banyak kelebihan dari gadget pasti ada dampak negatif yang bisa merusak pola pikir dan perkembangan anak-anak saat ini. Berikut beberapa dampak negatif gadget yang berbahaya bagi perkembangan anak-anak:

Advertisement

*Dapat mengganggu perkembangan anak-anak

Gadget memiliki fiture-fiture yang canggih, fitur ini dapat mengganggu perkembangan anak saat anak yang seharusnya mendapatkan ilmu saat dia sekolah tapi fitur ini mencuri konsentrasi belajar anak sehingga anak lebih tertarik untuk bermain gadget-nya dibandingkan belajar.

*Obesitas

Advertisement

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak tanpa pengawasan orang tua bisa menyebabkan anak terkena obesitas karena pola makan yang tidak terkontrol dan makanan yang dikonsumsi juga banyak mengandung kalori namun tanpa mementingkan gizi. Rata-rata sekitar 30% anak bisa terkena obesitas saat bermain gadget, bahakan obesitas pada anak bisa menyebabkan kematian.

*Dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku anak

Gadget memiliki dampak negatif yang sangat berpengaruh pada pola pikir dan perilaku anak, karena anak menganggap bahwa apa yang didapatkan dari internet itu semua benar adanya, mereka hanya akan menerima setiap informasi dan menirukan perilaku yang didapat dari internet dan TV tanpa memikirkan apa yang mereka dapat sebenarnya berdampak negatif pada diri mereka.

*Gangguan tidur pada anak

Tahukah orang tua bahwa anak saat tidur mereka malah mengaktifkan gadget mereka tanpa sepengetahuan kalian? Pastinya kalian tidak akan menyadari tanpa kalian mengawasi mereka, mereka akan diam-diam mengaktifkan gadget mereka dan bermain hingga larut malam, dan saat itu akan menimbulkan gangguan tidur pada anak, dan itu akan mempengaruhi konsentrasi anak saat belajar, lagi-lagi dampaknya akan berpengaruh pada kegiatan pembelajaran anak.

Dan para orang tua pastinya akan bingung bagaimana cara mengatasi agar anak-anak tidak terpengaruh oleh dampak negatif gadget, berikut beberapa cara agar anak tidak terpengaruh dampak negatif tersebut:

*Orang tua harus mengawasi anak-anak mereka saat bermain gadget,dan orang tua juga harus bisa mengurangi pemakaian ponsel karena pastinya anak akan menirukan apa yang orang tua mereka lakukan.

*Kurangi pemakaian gadget pada anak

Ingat jangan menghentikan pemakaian gadget pada anak sepenuhnya karena itu hanya akan membuat anak marah dan pastinya mereka malah hanaya akan bertindak sesuka mereka. Cobalah berikan pengertian kepada anak-anak secara perlahan dan kurangi pemakaian gadget sedikit demi sedikit.

*Pengawasan makanan yang mereka konsumsi juga penting, karena pemakai gadget jarang memakan makanan yang bergizi, namun mereka justru lebih memilih makanan ringan yang banayak kalori namun tidak bergizi yang bisa memicu terjadinya obesitas pada anak. Jadi pilihlah makanan yang sekiranya bergizi untuk mereka konsumsi.

*Sibukkan anak dengan aktifitas lain.

Pilih permainan yang sederhana seperti bermain di taman, berkomunikasi dengan setiap orang dan lain sebagainya yang menimbulkan sebuah aktifitas yang membuat badan mereka bergerak, dan bisa melatih otak mereka untuk berfikiran luas tentang dunia nyata dan bukan berpacu pada kehidupan gadget mereka.

Demikian opini saya tentang beberapa bahaya gadget dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa gunakan gadget kalian dengan sebaik mungkin.😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya