Keinginan seseorang dalam hidupnya akan selalu muncul dalam hati dan pikirannya, disamping itu bersamaan munculnya keinginan seseorang maka ia akan memikirkan bagaimana cara untuk bisa mencapai keinginannya. Seseorang cenderung akan melakukan segala cara dan kiat untuk segera mendapatkan apa yang ia inginkan. Terkadang banyak orang sudah bekerja keras untuk hal itu tetapi mendapatkan hasil yang nihil dan tidak berhasil dalam mencapai keinginannya.

Tapi banyak juga yang berhasil mencapai keinginannya tetapi menggunakan cara yang salah atau bisa dibilang menghalalkan seribu cara. Kebanyakan dari mereka yang gagal akan pencapaiannya akan putus asa dan sudah tidak mempunyai hasrat untuk berusaha lagi.

Advertisement

Hal tersebut akan mempengaruhi keadaan psikis dari seseorang yang awalnya orang tersebut pekerja keras setelah gagal dalam berusaha akan menjadi orang yang mudah untuk putus asa. Hal yang paling terpeting pada saat seseorang dalam kondisi tersebut adalah adanya motivasi yang kuat untuk membangunkan kepribadiannya lagi.

Ada banyak sekali sesuatu hal yang bisa memotivasi seseorang agar tidak larut dalam keputusasaan dan kesedihan yang mendalam. Salah satunya adalah 3M, apa itu 3M? 3M adalah Madhep, Mantep, Masuk. Tiga kata yang akan bisa memotivasi hidup kita agar bisa bangkit dari keterpurukan dan segera untuk bersinar kembali dan bisa untuk mencapai apa yang diinginkan.

Madhep, dalam bahasa jawa yang berarti menghadap, mempunyai arti kata yag sangat luas. Bahwa sesungguhnya kita sebagai makhluk yang diciptakan oleh Tuhan Sang Pencipta dan juga dikaruniai oleh akal dan pikiran. Maka dari itu kita harus bisa menghadapi masalah tersebut, bukan malah lari dari masalah tersebut. Sudah banyak orang yang lari dari masalah, lari dari tanggung jawab dengan berbagai alasan yang tidak jelas.

Advertisement

Dari situlah akan terlihat kuat lemahnya hati seseorang. Maka dari itu kita harus bisa “ngadhepi” masalah yang menjadi kendala atau hambatan di dalam keinginan kita. Agar masalah tersebut bisa terselesaikan dan kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.

Mantep, setelah kita bisa “ngadhepi” masalah yang ada di hidup kita, langkah selanjutnya kita harus memantapkan hati kita dalam melakukan penyelesian sebuah masalah. Buat apa niat jika masih saja takut dalam melakukan tindakan itu sama juga bohong. Masalah tersebut tidak akan selesai malahan akan menjadi “undar-undur” jika tidak ada tindakan dalam penyelesaiannya. Niat yang dibarengi dengan tindakan akan memudahkan kita untuk menyelesaikan masalah yang menjadi kendala dalam pencapaian sebuah keinginan.

Masuk, setelah kita bisa menghadapi dan memantapkan hati kita untuk menyelesaikan masalah dalam hidup kita serta sudah bisa menyelesaikan masalah tersebut. Maka kita akan merasakan dampak atau hasil setelah kita bisa mencapai apa yang kita inginkan. Masuk barokahnya, masuk manfaatnya, masuk nikmatnya dan masuk semua dalam hidup kita. Karena sebuah perjuangan akan ada hasil dan hadiahnya serta sebuah pencapaian tidak akan pernah mengkhianati perjuangan kita.

Jadi, dalam hidup ini haruslah bisa menghargai waktu dan lebih berani untuk menghadapi masalah yang menghadang bukan malah lari atau meninggalkan masalah yang akan semakin membengkak. Sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan semakin bisa tanggung jawab apa yang telah kita lakukan. Dan masih banyak lagi selain 3M yang bisa memotivasi kita untuk bisa kembali bersinar dan bangkit dari keterpurukan. Tinggal tergantung cara orang yang berbeda-beda dalam menanggapinya.

Tetap semangat dalam menjalani hidup dan jangan pernah lupa untuk selalu tersenyum dan bahagia selalu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya