Bekerja Sesuai Passion Sah-sah Saja, Tapi Bukan Berarti Tidak Butuh Kerja Keras dan Usaha

Bukan berarti bekerja sesuai passion tidak ada tantangan atau tekanan, mereka juga butuh kedisiplinan

Setiap orang pasti berharap supaya bisa bekerja sesuai passion yang dimiliki agar bisa lebih menikmati apa yang dikerjakannya. Tidak sedikit karyawan mengajukan resign setelah lima tahun bekerja karena merasa tidak nyaman mengerjakan tugas kantor, dengan dalih selama ini pekerjaannya tidak sesuai dengan passion.  Hal itu tentu sangat disayangkan, apalagi mencari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Inilah alasan mengapa bekerja sesuai passion itu sangat penting.

Advertisement

Anggapan bahwa bekerja sesuai passion pasti menjamin kebahagiaan dan bekerja natural tanpa beban, terkadang membuat orang berpikir ketika ia mengalami kesulitan dan tekanan dalam pekerjaannya serta merta mereka menganggap pekerjaan mereka selama ini  bukanlah passion mereka. Apakah bekerja sesuai passion memang menjamin seseorang untuk sukses dan bahagia dalam pekerjaannya?

Memang benar dan sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan bekerja sesuai passion, akan banyak sekali hal yang bisa didapatkan. Yang pertama dan terpenting adalah hati yang bahagia. Saat kamu mencintai pekerjaan yang dijalani, maka semua tugas akan terasa lebih ringan, dan kamu pun bekerja dengan hati yang bahagia. Kamu hanya butuh waktu singkat untuk menyesuaikan diri di tempat kerja dan dengan adanya kesamaan passion, maka kamu akan lebih nyaman bahkan akrab dengan teman- teman kerja serta dengan atasan.

Orang yang bekerja sesuai passion pun hasil kerjanya akan lebih stabil. Ini karena kamu akan jarang mengalami stres yang berlebihan seperti saat kamu bekerja tanpa passion. Sudah tidak menyukai pekerjaannya, ditambah lagi dengan banyaknya tekanan. Kemudian, stres pun akan menumpuk dan akhirnya kamu membenci pekerjaan yang dilakukan, akibatnya kerjaan jadi nggak karuan. Dan lagi-lagi ketika mendapatkan tekanan dan beban, resign menjadi sebuah pilihan.

Advertisement

Orang yang bekerja sesuai passion dan sukses biasanya memiliki jargon ‘jadikan passion kamu sebagai pekerjaan, maka kamu tidak perlu bekerja selamanya’. Meski hal tersebut ada benarnya, namun banyak faktor yang berperan dalam karier yang cemerlang, misalnya kerja keras.

Nyatanya, passion tidak hanya berbicara soal bakat dan juga minat. Tapi juga kerja keras dan tekad yang kuat. Kerjaan sesuai passion juga tidak hanya berbicara tentang pekerjaan yang gampang dan enak, tetap saja walaupun soal minat tetap butuh investasi uang, waktu, dan tenaga.

Advertisement

Kalau kita beranggapan bahwa kerja sesuai passion itu terasa natural, ia tetap membutuhkan kerja keras untuk otak dan tubuh kita menyesuaikan dengan pekerjaan kita sehingga pekerjaan yang kita lakukan terkesan natural. Kalau inginnya bekerja sesuai passion itu yang gampang dan enak saja, itu bukan bekerja sesuai passion tapi sesuai dengan kemalasan.

Jadi, walaupun seseorang sudah bekerja sesuai dengan passion, bukan berarti jalannya mulus-mulus saja. Semua butuh kedisiplinan dan tetap perlu diperjuangkan. Tidak ada proses yang instan, semua perlu dikerjakan dengan konsisten dan banyak latihan.

Tekanan dan kejenuhan ketika melakukan pekerjaan, itu wajar terjadi ketika kita bekerja dengan tanpa atau adanya passion di dalamnya. Semua butuh investasi waktu, pikiran, dan tenaga kecuali untuk orang yang mengagungkan kemalasannya dan cuma mau enaknya aja.

Passion bukan berarti hanya mengerjakan apa yang kamu senangi, tetapi lebih penting lagi yaitu menyenangi apa yang kamu kerjakan. Jadikan pekerjaanmu itu passionmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE