Belajar Menjadi Orang Bodoh Ala Bob Sadino

Nasihat ‘Goblok’ Versi Bob Sadino

Hai!, Apa Kabar?, Semoga kalian dalam keadaan yang sehat dan senantiasa selalu dalam lindungan dan diberikan nikmat oleh Tuhan YME. Bambang Mustari Sadino atau biasa dipanggil Bob Sadino, Adalah seorang tokoh yang berhasil menginspirasi banyak generasi muda untuk terus berjuang dan membangun impian tanpa ada rasa khawatir yang dibungkus dengan kalimat yang nyentrik dan unik. Berikut adalah nasihat dari beliau mengenai cara menjadi orang ‘goblok’.


Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain.


Pesan yang dapat kita maknai dari kutipan nasihat pertama adalah, jangan lah merasa cukup dengan ilmu yang sudah kita dapatkan melalui jalur formal seperti jejak pendidikan yang pernah kita dapatkan. Ilmu dapat kita dapatkan ditambah kita sedang di zaman teknologi digital seperti sekarang ini, kita sedang mengalami kebanjiran informasi, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengembangkan diri sendiri dengan terus menimba ilmu sampai ajal menjemput kita.


Ilmu memang berserakan di mana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga.


Kutipan nasihat berikutnya masih berkaitan dengan nasihat ‘goblok’ yang pertama. Seperti yang tertulis pada nasihat yang diutarakan oleh Bob Sadino kita sebagai generasi muda jangan lah lantas putus asa dan tidak semangat dalam menjalani kehidupan, raihlah ilmu sebanyak mungkin dan carilah kegiatan yang bermanfaat yang memberikan dirimu dorongan untuk terus berusaha dan selalu diberikan inspirasi dari hal yang kamu ingin lakukan.


Ketika orang pintar bertemu kegagalan, dia akan berkata bahwa itu karena orang lain.


Kutipan nasihat ketiga merupakan tamparan untuk kita yang memiliki makna kita harus lebih mawas diri dan selalu bercermin atas semua kegagalan yang datang kepada diri kita. Kegagalan membuat kita menjadi manusia yang tangguh. Di setiap kegagalan pastilah memiliki makna dan maksud tersendiri oleh karena itu kita harus siap mempelajari mengapa kita gagal yang bertujuan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di keesokan harinya.


Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.


Kutipan nasihat selanjutnya adalah gambaran untuk kita senantiasa untuk selalu rendah hati dan tidak sombong setiap menemui orang baru. Dengan pertemuan dengan orang baru kita dapat mengambil pembelajaran untuk diri kita dan setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing oleh karena itu ketika kita bertemu dengan orang baru kita harus senantiasa bersikap rendah hati dan tidak menyombongkan diri atas segala kelebihan yang kita punya dibandingkan dengan orang lain.


Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak pernah mikir karena cuma melangkah saja. Ngapain mikir, kan cuma selangkah.


Nasihat terakhir untuk kita adalah untuk kita tidak takut untuk mengambil langkah. Dikarenakan setiap langkah yang kita ambil memiliki arti sendiri untuk diri kita untuk terus belajar dan terus melangkah walaupun banyak rintangan yang kita hadapi. Akhir kata, semangat untuk dirimu yang sedang memperjuangkan sesuatu yang layak untuk diperjuangkan, jangan lupa bahagia, salam hangat dari diriku, sahabat terbaikmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini