Belanja di Shopee, Bikin Bahagia Daripada di Platform Lain?

E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik. Platform toko online di Indonesia ada banyak sekali, salah satunya Shopee.

  Shopee adalah platform belanja online yang diluncurkan tahun 2015, Shopee merupakan sabuah platform yang disesuaikan untuk setiap wilayah dan menyediakan cara berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat. Shopee berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited, yang didirikan pada tahun 2009 oleh Forest Li. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng, mantan karyawan rocket internet yang pernah memimpin Zalora dan Lazada.

  Dalam riset snapchat terkait "Prilaku Belanja Online Masyarakat Selama Bulan Ramadhan" menunjukan bahwa 77% responden memilih shopee sebagai e-commerce yang paling sering digunakan dan diminati untuk berbelanja kebutuhan masyarakat saat bulan Ramadhan, hasil ini diikuti oleh Tokopedia (19%) dan Lazada (4%). Hal ini dikarenakan shopee menyediakan produk-produk yang lengkap, murah, dan kulaitas bagus.

  Dari data Agustus, 2020, pertumbuhan belanja pengiriman melalui situs website naik 61%. Kemudahan dan kenyamanan berbelanja e-commerce memang banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

  Tidak jarang shopee menyediakan voucher-voucher cashback, gratis ongkir, dll. Shopee juga membuat shopee sale setiap bulan sekali seperti shopee sale 1.1, 2.2, 3.3 yang kegunaanya jika konsumen membeli pada hari dan bulan itu misal 3.3 (bulan 3 tanggal 3) maka konsumen akan mendapatkan gratis ongkos kirim ke semua kota di Indonesia.

Promo-promo itulah yang membuat masyarakat semakin tertarik untuk membeli barang-barang di platform shopee daripada platform lain. Masyarakat Indonesia terutama wanita milenial bahagia menghabiskan uang mereka untuk berbelanja di shopee dari mulai make-up, outfit, sepatu, dll. Dikarenakan harga yang terjangkau dan bagus. Selain itu, Shopee juga menyediakan diskon besar-besaran pada brand-brand tertentu yang menbuat masyarakat cepat-cepat berburu untuk mendapat diskon dari barang yang mereka inginkan.

  Tetapi di sisi lain, shopee juga berdampak pada perubahan prilaku manusia, salah satunya munculnya sifat konsumtif. Dikarenakan produk-produk yang tersedia di shopee semakin unik dan beragam, serta banyaknya diskon-diskon dan promo gratis ongkir membuat masyarakat tertarik dan terus membeli produk-produk yang tersedia di shopee. Serta di zaman sekarang anak-anak muda sering membeli barang dari segi imut dan lucunya saja, tidak peduli barang itu berguna atau tidak. Apalagi saat membuka aplikasi shopee, banyak rekomendasi-rekomendasi barang yang muncul di layar smartphone, sehingga membuat masyarakat terus menerus men-scroll platform shopee, dan pada akhirnya membeli produk yang direkomendasikan. Hal inilah yang membuat masyarakat terutama anak-anak muda lebih konsumtif saat menggunakan platform shopee.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE