Berambisi Menunjukkan Girl Power dengan Jalur Pengembangan Diri

Bukankah saat ini dikenal dengan dunia modern dimana di Indonesia sendiri sudah menjadi negara yang merdeka dari penjajah. Artinya rakyatnya pun ikut merdeka, tetapi apakah kemerdekaan juga membebaskan rakyatnya dari patriarki? Bisa dilihat dengan keadaan sekarang dimana masyarakat masih berkaitan erat dengan budaya patriarki.

Advertisement

Tentu budaya patriarki yang diberi masyarakat itu secara turun menurun sehingga membuat salah satu halangan besar untuk perempuan mengembangkan dirinya. Pandangan patriarki masyarakat membuat wanita tidak bisa mengembangkan diri dengan bebas, dimana selalu dibanding-bandingkan dengan para lelaki dan juga dilabeli bahwa perempuan tidak pantas melakukan hal-hal tertentu hanya karena memiliki gender sebagai perempuan.

Dengan berada di zaman sekarang sudah seharusnya budaya patriarki dibuang sedikit demi sedikit, masyarakat harus merubah mindset mereka mengenai ketimpangan gender ini. Upaya untuk merubah ketimpangan gender ini harus dilakukan dari internal maupun eksternal. Dimana upaya eksternal yaitu merubah kebiasaan, pandangan, ketidak adilan yang diberikan oleh masyarakat. Ubah pola pikir masyarakat, tunjukkan bahwa perempuan memiliki girl power.

Terus mendengungkan kepada masyarakat kesetaraan peran laki-laki dan perempuan. Mulai dari lingkungan terkecil seperti mengubah pola pikir keluarga lambat laun akan merambah pada masyarakat.  Sedangkan upaya internal yaitu dari dalam diri perempuan itu sendiri, perempuan harus bangkit mengembangkan diri sendiri untuk membuktikan pada masyarakat bahwa perempuan juga bisa melakukan yang dilakukan oleh laki-laki, perempuan juga bisa memiliki hak yang sama dengan laki-laki, perempuan juga bisa berpendidikan tinggi seperti laki-laki dan masih banyak lainnya.

Advertisement

Girl power yang dikenal sebagai kekuatan para perempuan ini bisa membantu untuk merubah pandangan masyarakat. Untuk bisa menunjukkan girl power kepada masyarakat, perempuan harus bisa memberikan bukti bahwa mereka bisa. Perempuan harus mulai dari mengembangkan dirinya sendiri. Memiliki ambisi untuk merubah pandangan masyarakat dengan menunjukkan kekuatan dalam diri perempuan, tetapi para perempuan tidak mau mengembangkan kualitas dalam diri mereka itu akan sulit.

Perempuan harus bisa mengembangkan diri dengan meningkatkan kualitas, keberanian, kemampuan, kekuatan, kemandirian sehingga perlahan membuka pandangan masyarakat bahwa perempuan juga bisa. Mengembangkan diri bisa dilakukan salah satunya seperti meningkatkan keberanian berpendapat dan bertindak, meningkatkan kemampuan problem solver, meningkatkan kepercayaan dalam diri, tidak takut dipandang berbeda oleh masyarakat, dan masih banyak lainnya.

Di zaman sekarang sudah banyak perempuan yang menunjukkan girl power nya. Para perempuan sudah mulai berani untuk menunjukkan kekuatan yang mereka punya dengan melakukan hal-hal yang bisa dilakukan oleh laki-laki. Secara perlahan mendobrak satu-satu pandangan masyarakat mengenai perempuan. Ketimpangan gender ini harus dihapus untuk bisa mencapai yang terbaik bagi semuanya. Para perempuan harus mulai semua ini dari memperbaiki diri sendiri menjadi lebih baik sehingga memiliki kekuatan dan keberanian untuk membuka pandangan masyarakat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE