Yuk, kita mulai perubahan mulai hari ini dengan kegiatan kegiatan yang bisa menambah keilmuan kita

Teman-teman muslim, apakah hari-hari anda hanya dihabiskan dengan percuma? Tanpa ada sedikitpun ilmu agama yang didapatkan di setiap harinya?

Yuk, kita mulai perubahan mulai hari ini dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menambah keilmuan kita, terutama di bidang keagamaan. Banyak cara kita dalam menambah keilmuan di bidang keagamaan, seperti membaca buku-buku agama atau mendatangi kajian-kajian keislaman. Namun untuk saat sekarang ini kita bisa dengan mudah menimba ilmu keagamaan dan juga bisa dilakukan di segala tempat dan di segala keadaan, lho kok bisa, terus bagaimana caranya?

Advertisement

Saat ini Allah Azza Wa Jalla sedang membuka pintu keilmuan seluas-luasnya, hanya dengan jari jemari, kita bisa menimba ilmu seharian penuh dengan hanya duduk di kursi yang empuk. Yaps, di dunia maya atau internet kita bisa mencari apa saja yang kita inginkan, termasuk menimba ilmu.

Dengan memanfaatkan internet, kita bisa mencari audio-audio ceramah keislaman. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja sih manfaat dari kita mendegar ceramah.

Setidaknya kita akan merasakan 4 manfaat dari mendengarkan ceramah, dan berikut ini penjelasannya.

Advertisement

Manfaat Mendengarkan Ceramah Keagamaan

1. Menambah Keilmuan

Dengan mendengarkan ceramah keagamaan, kita bisa menambah pengetahuan kita terhadap suatu masalah. Tentunya dalam sebuah kajian keislaman, akan selalu membahas tentang keilmuan, hukum dan lain sebagainya. Dan di situ kita bisa mengambil atau menyerap ilmu tersebut dan bisa menambah pengetahuan kita.

2. Sebagai Sarana Untuk Selalu Melaksanakan Nasihat Kebajikan

Dalam ceramah tentunya banyak nasihat-nasihat untuk terus melakukan amal kebajikan. Selama kita beraktifitas, tentunya kita akan disibukkan dengan rutinitas yang kadang kala membuat kita jengkel dan ingin marah.

Namun ketika kita sering mendengarkan ceramah, nasihat nasiihat yang baik akan membekas di hati kita dan bisa membuat diri kita mampu untuk mengontrol emosi.

3. Mengasah Daya Ingat Dan Konsentrasi

Secara tidak langsung, saat kita mendengarkan ceramah, otak kita akan bekerja dan mengingat segala sesuatau yang disampaikan oleh pemateri. Dan Hal tersebut mampu membuat otak kita terasah untuk mengingat dan juga mampu melatih konsentrasi diri kita.

4. Menenangkan Jiwa

Dengan kita mendengarkan ceramah keagamaan, dir kita ibarat tanaman yang disirami oleh air setelah seharian terkena panas matahari. Ceramah merupakan penyejuk hati yang membuat hati kita merasa tenang dan juga merasa bahagia, karena setiap manusia pasti membutuhkan sebuah nasihat, bimbingan dan juga Tuhan.

Fitrah manusia sudah sangat jelas, yakni hanya beribadah kepada Tuhan dan bukan yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa membedakan antara orang orang yang sering mendatangi kajian-kajian islam dengan orang orang yang pernah sama sekali mendengarkan ceramah keagamaan. Akan sangat nampak jelas dari perilaku sosial mereka.

So, jangan tunggu hari esok untuk berbuat kebaikan dan jangan menggunakan waktu kita secara sia-sia, kerena waktu tidak bisa kita putar kembali. Semoga ada manfaatnya dan terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya