Berbicara tentang wisata yang berada di sekitar daerah jogja memang tak henti hentinya dibahas karena jogja mempunyai banyak tempat wisata. selain terkenal dengan kota pelajarnya jogja juga disebut sebagai tempat yang kaya akan wisata   itulah mengapa yogyakarta disebut sebagai daerah istimewa karena memang daerah daerah yang ada di Yogyakarta memberikan inspirasi mulai dari pendidikan, makanan dan tempat.

Salah satu adegan rangga dan cinta di film AADC 2 di Bukit Rhema

Advertisement

Berbicara tentang wisata di Jogja yang baru terekspos berkat film AADC yaitu Bukit Rhema, bukit yang berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah ini berada sekitar 45 kilometer dari Yogyakarta.

Bukit Rhema atau yang dikenal Gereja Ayam Magelang yang  merupakan tempat wisata religi di Magelang yang pembangunannya baru mencapai 70%. Walaupun belum rampung pembangunannya, Bukit Rhema sudah ramai dikunjungi traveler dalam negeri maupun manca negara. Bukit Rhema dikenal juga sebagai spot terbaik untuk melihat sunrise maupun private sunrise. Bukit Rhema berdiri di atas perbukitan Menoreh, Bukit Rhema dikeliling oleh beberapa gunung, di antaranya adalah Gunung Sumbing, Merbabu, Suroloyo, Merapi, serta Sumbing sehingga kita dapat melihat panorama sunrise yang eksotis dari tempat ini.

Dibalik keindahan alam dan sunrise  yang bisa dinikmati di Bukit Rhema, di sisi lain ada sebuah hal menarik tentang sebuah saksi bisu toleransi antar agama

Advertisement

Salah satu ruang ibadah yang ada didalam Bukit Rhema

Di dalamn Bukit Rhema menyediakan beberapa ruang doa pribadi yang tenang bagi siapa saja yang ingin berdoa. Lokasi ruang-ruang doa terletak di lantai bawah tanah Gedung Merpati.

Ruangan – ruangan tersebut memang khusus untuk berdoa karena sebagaimana Bukit Rhema yang dikenal dengan Gereja Ayam Magelang ini bukan Gereja melainkan Rumah Doa Bagi Segala Bangsa. Jadi pengunjung tidak hanya berwisata tapi pengujung juga bisa belajar melihat untuk mejalin toleransi antar agama yang dipecayai pengunjung

Sejarah

Berawal pada tahun 90an sang pemilik Gereja Daniel Alamsjah ingin membuat suatu tempat yang dia sebut sebagai rumah ibadah. Bahkan Danieal Alamsjah ini mengatakan bahwa tempatnya itu bukan gereja, tetapi sebagai rumah ibadah dan diperuntukkan bagi seluruh umat yang percaya akan Allah. Daniel yang sekarang sudah tua ini mengatakan bahwa bangunan ini juga akan digunakan sebagai tempat rehabilitasi dan penampungan pecandu narkoba.

Burung merpati merupakan lambang dari perdamaian. Burung merpati dikenal sebagai burung yang tulus, lemah lembut, tidak menyakiti dan selalu berdamai. Bahkan dalam kisah kristiani, Yesus Kristus pernah didatangi Roh Kudus menyerupai burung merpati. Sejak saat itu, umat kristiani selalu menggunakan burung merpati sebagai simbol perdamaian.

Review

Jika anda yang belum pernah berkunjung ke Bukit Rhema ini, saya akan memberikan pengalaman saya saat datang ke Bukit Rhema.

Jadi saat awal masuk ke ruang pertama lantai pertama bukit rhema kalian pengujung akan disambut oleh pengarah daribukit rhema, pengarah akan memberikan instruksi untuk melewati setiap lantai bukit rhema untuk sampai kelantai 7 yaitu pucuk merpati.

Nah setelah kalian mendapatkan instruksi,  pengarah akan menyuruh kalian untuk mengambil kertas motivasi untuk kalian bawa pulang, kertas motivasi dapat diambil di pohon kehidupan di dekat pintu masuk, setalah itu Di lantai satu kalian akan menemukan tempat-tempat ibadah dari berbagai agama.

Nah pengunjung tenang saja karena tiap tiket masuk Bukit Rhema yang kamu beli sudah termasuk free Singkong yang diberi nama Latela Gombong Cassava. Singkong yang diolah oleh warga sekitar dan disajikannya dengan sambal tradisional menjadikan rasa singkong ini semakin mantap.

Namun sebelum kamu sampai kecaffe bukit rhema kalian akan melewati ruang harapan, dimana terdapat papan untuk menggantungkan harapan harapan pengunjung , dan tenang saja karena pena dan kertas telah disediakan ditempat jadi kalian hanya ingin menulis dan menempelkan harapan kalian . setalah itu kalian ke atas dan akan menemukan caffe di bagian belakang Bukit Rhema.

Ruang harapan Bukit Rhema

Jadi buat kamu yang masih bingung mau datengin wisata kemana, Jangan ragu lagi datang ke Bukit Rhema, buat yang bingung lokasinya sekarang sangat gampang. Buka aplikasi navigasi atau Google Maps dan ketik pencarian Bukit Rhema Gereja Ayam. Tenang saja karena hampir di tiap persimpangan menuju Bukit Rhema juga sudah dipasang penunjuk arah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya