Untuk beberapa orang, menikmati matahari terbenam menjadi momen favorit untuk menutup hari yang dirasa panjang dan melelahkan. Senja selalu menghadirkan keindahan. Warna langit jingganya yang memukau selalu membuat manja mata yang memandang. Senja itu indah dan memukau, namun hanya sebentar dan lekas menghilang.

Perlu waktu yang tepat untuk sekadar menikmati matahari yang akan kembali ke peraduannya. Melihat dan menikmati senja boleh di mana saja sambil menunggu petang datang menyapa. Namun, sesekali bolehlah mencoba menikmatinya di laut lepas agar warnanya yang merah merekah bisa terlihat dengan jelas. Mumpung sebentar lagi liburan, buat kamu yang belum pernah menikmati indahnya Pulau Karimunjawa, beberapa hal berikut ini perlu kamu tahu untuk membuat senjamu terasa istimewa.

Advertisement

Pelabuhan Karimunjawa

Pelabuhan Karimun Jawa merupakan tempat pertama kali yang harus dikunjungi sebelum menuju ke pulau-pulau lain di Karimunjawa. Tempat ini juga tidak jauh dari permukiman warga. Jika kamu menginap di salah satu permukiman di sana, jangan sungkan untuk menyambangi tempat ini baik matahari terbit maupun terbenam keduanya sama saja indahnya.

Namun jika kamu menikmati senja di Pelabuhan Karimunjawa, kamu akan benar-benar melihat matahari terbenam di balik luasnya lautan pantai utara. Warnanya yang merah merekah akan membuat matamu termanjakan. Selain itu, buat kamu yang memiliki hobi di bidang fotografi, tempat ini bisa dijadikan objek bidikan lensamu dengan latar kapal pengangkut penumpang yang sedang bersandar.

Advertisement

Pantai Tanjung Gelam

Jika dari pelabuhan, kamu akan menaiki kapal kecil untuk berlayar menuju pulau-pulau kecil di Karimunjawa, salah satunya adalah Pantai Tanjung Gelam. Pulau ini agak jauh dari pusat Karimunjawa. Perlu kamu tahu, pulau ini tidak berpenghuni, hanya untuk tujuan wisata saja sampai sore hari. Jika sudah petang, penduduk lokal dan wisatawan kembali ke pelabuhan. Sebetulnya Pulau Tanjung Gelam bisa diakses melalui jalur darat, tetapi kamu harus menggunakan kendaraan karena lokasinya yang memang cukup jauh dari Pelabuhan Karimunjawa.

Tempat ini menyajikan suasana pantai dengan pasir putihnya yang menawan. Biasanya pantai ini menjadi persinggahan terakhir setelah beraktivitas mengelilingi pulau-pulau lain dan snorkeling. Di tempat ini, kamu akan lebih melihat senja dengan jelas dengan pantulan cahayanya di air lepas. Kamu juga bisa mengambil gambar di bibir pantai dengan berlatarkan air laut yang terpantul cahaya matahari sore. Buat kamu yang selalu terkagum-kagum dengan keindahan senja, jangan lewatkan untuk menikmatinya di tempat ini ya!

Pulau Menjangan Kecil

Selain Pulau Tanjung Gelam, ada juga pulau lain yang disebut Pulau Menjangan Kecil. Pulau ini merupakan salah satu spot untuk snorkeling. Namun jangan salah, ternyata pulau kecil ini juga bagus untuk dijadikan tempat bersantai menikmati senja di Karimunjawa. Kamu juga bisa memanjakan diri di hamparan pasir. Nggak mau coba?

Pantai Gleyang

Lebih jauh lagi dari pusat Karimunjawa, dengan menaiki kapal kecil kamu akan menyebrangi lautan menuju Pantai Gleyang. Pulau kecil ini juga tak berpenghuni, hanya dijadikan tujuan wisatawan. Pantai ini menyajikan hamparan pantai pasir putih dengan air birunya yang menawan. Di tengah pantai, ada sebuah ayunan yang bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar. Pantai ini juga bisa dijadikan spotmu menikmati matahari terbenam. Namun karena letaknya yang jauh pantai ini lebih ramai dinikmati pada waktu siang.

Bukit Love Karimunjawa

Menjauh dulu dari air laut, spot terakhir ini juga tak kalah indahnya untuk menjadi tempatmu menghabiskan hari. Kali ini merupakan spot berbukitan. Dari tempat ini kamu bisa melihat suasana sekitar termasuk hamparan laut yang luas, pun merupakan tempat yang asik menikmati senja dari ketinggian. Dinamakan bukit love karena di tempat ini ada sebuah landmark bertuliskan love yang bisa menjadi tempatmu mengambil gambar. Barangkali jika kamu mengajak seseorang, kamu bisa menyambangi tempat ini menikmati senja sore hari sambil menyeduh secangkir kopi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya