Ya pengen sih, tapi mahal kali kesananya!


Tenang, kita mau coba nolongin kamu buat bikin perencanaan kesana, tentunya dengan budget terjangkau. Inilah yang harus kamu siapin buat nonton piala dunia di Rusia :


  • Tiket Pesawat

Banyak yang mengira tiket ke Rusia mahal, padahal sebenernya nggak segitunya kalo pesennya jauh-jauh hari. Apalagi belinya pas bulan Maret yang dianggap sebagai bulan termurah buat pergi kesana, yaitu mulai 5 jutaan untuk pulang pergi. Tapi coba cek-cek lagi yah harganya.


  • Visa

Kamu yang udah punya tiket dan ID penggemar buat nonton pertandingan nggak perlu ribet-ribet lagi urus visa. ID ini memang sakti karena langsung dikeluarkan pemerintah Rusia untuk melihat Piala Dunia sekaligus memberi hak masuk bebas visa bagi warga negara asing. Belom punya ID-nya? Langsung aja ke web fan-id.ru terus ikuti instruksinya.


  • Tiket Piala Dunia

Meskipun udah punya ID penggemar, tetap aja kamu nggak bisa masuk tanpa tiket nonton hehe. Jadi pastiin kamu udah beli tiket yah karena dua hal tersebut sepaket. Belom punya? Cepet cek tiketnya di situs FIFA sebelum kehabisan. Bayarnya pun bisa pake kartu kredit atau transfer. Tapi jika belum beruntung, mungkin kamu bisa tetep ke Rusia buat liburan ke tempat yang lainnya.


  • Biaya Akomodasi

Karena nilai mata uang Rusia termasuk rendah yaitu 1 Rubel sama dengan 242 ( per 26 Februari 2018), dana akomodasi, makanan sampe transportasi pun juga murah. Kamar hostel bisa kamu dapetin dari harga sekitar 140 ribu – 160 ribu per malemnya. Sementara buat makan, siapin duit dari 40 ribu buat street food dan 100 ribu kalo pengen cobain menu di resto atau kafe.


  • Biaya Transportasi

Menurut jadwal, Piala Dunia akan diadakan di sebelas kota tuan rumah. Untuk ke kota-kota tersebut, kamu bisa pake pesawat maskapai penerbangan murah yang terkenal yaitu Pobeda atau lainnya seperti Aeroflot, Rossiya dan Aurora. Lalu kamu yang pengen naik kereta bisa pesen ke web tutu.ru, sementara yang suka naik bis coba deh ke web busfor. Pas sampai kota, disana udah ada bis atau metro yang disediakan buat keliling dengan harga sekitar 6 ribu rupiah, atau bisa juga pake taksi, tapi bayarnya antara 60 ribu – 90 ribu rupiah.


  • Kota Menarik Lainnya

Selagi di Rusia, sekalian aja jalan-jalan ke ibukotanya yaitu Moskow, serta St. Peterburg yang dikenal sebagai kota budaya kaya sejarah dan punya koleksi museum terbaik di dunia seperti The Hermitage. Disitu kamu bisa melihat 3 juta koleksi seni dari seluruh dunia dan menikmati karya sejumlah seniman terkenal yaitu Rembrandt, Leonardo, Michealngelo, Rubens dan lainnya

Dari perhitungan sementara, dana yang diperluin buat pergi nonton Piala Dunia ke Rusia tuh antara 10 – 20 jutaan, tergantung juga sama harga tiket dan jumlah pertandingan yang akan kamu tonton. Supaya rencana keuangan pergimu aman, coba letakkan danamu sementara di reksadana pasar uang untuk mendapatkan potensi keuntungan.

Selamat berpetualang pada saat Piala Dunia di Rusia ya :)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya