Arsenal menang lawan Liverpool! Nggak sia-sia terbang ke London. Puas jadi saksi sejarah di Emirates Stadium. Puas dapet tiket duduk di lantai 3 seharga 83 pounds !!

Advertisement

Saat orang lain bergerak pulang, aku memandangi setiap sudut stadion. Suasana kini lengang. Tinggal beberapa steward yang beres-beres. Ketika aku keluar stadion, di sudut clock end aku melihat sosok wanita Asia menawarkan pamflet. Aku lalu mendekat untuk melihat lebih jelas. Eits, beneran wanita Asia. Matanya yang oriental dan kulit kuningnya membuktikan itu.

“Hei, wanna join a culture club? Sapanya

Advertisement

Aku masih bengong. Dia bicara padaku?

“No, thanks. I’m here for a couple day” ujarku sekenanya. “Pardon me, your face’s like so familiar to me. You come from a country in Asia? Thailand maybe..” ujarku

Wanita itu senyum lalu bilang : “ You are the 1001st person asking the same question. Absolutely right, but I’m from Indonesia.”

“Wait….you say you come from Indonesia? I’m Indonesian too !!! Can you speak Indonesian ?“ Ucapku buru-buru.

“Tentu !! Aku bisa bahasa Indonesia meski tak sefasih Cinta Laura…Hahaha”

Kami lalu berjabat tangan. Nama wanita itu Nay. Tapi, obrolan kita terputus karena ia harus membagikan pamflet-nya lagi. Aku reflek mengambil beberapa pamflet lalu membagikan ke orang-orang yang melintasi clock end.

“Thank you for helping” ujarnya.

“In Indonesian, please??” balasku.

Usai membagikan pamflet, waktu menunjukkan pukul 7.15 malam. Di bulan November suhu jam segitu lumayan dingin untuk ukuran orang Asia. Aku lalu menawarinya minum kopi. Ia sempat menolak secara halus namun akhirnya setuju. Kami lantas menuju kedai minum yang terletak beberapa puluh meter dari stadion. Kami lantas ngobrol disana.

Ini percakapan aku dan Nay :

Julian (J) : Kamu sudah lama tinggal di sini?

Nay (N) : Lumayan. Sekitar 3 tahun, Eh, Kamu jauh maen ke London cuma mau nonton bola?

J : Iya. Aku fans Arsenal.

N : Selaen Arsenal?

J:. Klub Serie A : Fiorentina. Anakku yang cewek aku kasih nama Fiorentina.

N : Wihhhh, kereeen. Anak dikasih nama klub bola. Hmm, aku nggak yakin kalo kamu kesini cuma buat nonton bola.

J: Kamu nanya gitu kayak orang imigrasi di bandara aja. Ke London ya wisata. Kalo ada duit lebih ya belanja buat oleh-oleh. Eh, kamu kan sudah lama di sini, ada rekomendasi tempat wisata?

N : Kalo pecinta bola kayak kamu, banyak stadion yang wajib kamu datangi. Emirates kan sudah. Kamu bisa ke Stamford Brigde, Etihad, Old Traford atau Wembley. Kalo mau wisata yang lain, bisa ke London Eye. Tower Bridge, Buckingham Palace atau Bin Ben. Memang berapa lama kamu di Inggris?

J: Cuma 3 hari.

N : Kamu bisa muter-muter kota London seharian. Selain London, kamu juga bisa mampir ke Liverpool. Itu kota pelabuhan. Ada 2 hal yang diingat orang dari Liverpool. Klub sepakbola dan The Beatles. Kamu pasti tau tentang klub Liverpool.

J : Iya. Tapi ngga banyak. Cuma stadion Anfield dan kapten legendaris mereka Steven Gerrard.

N : Betul. Dulu Liverpool identik dengan hooligans. Suka tawuran. Klub Inggris kan sempat kena larangan maen di ajang klub Eropa karena ulah mereka.

J : Eh, kok lebih tau-an kamu ya soal hooligans.

N: Ah, bisa aja. Selaen klub bola, Liverpool juga punya band The Beatles. Legend banget. Sampe-sampe mereka punya museum The Beatles Story yang berisi segala sesuatu tentang The Beatles. Mulai dari album rekaman pertama mereka, kematian John Lennon hingga perjalanan spiritual mereka. Di Liverpool ini, ada satu jalan yang populer banget. Namanya Abbey Road. Jalan ini sempat dijadikan judul album The Beatles. Nah, saking kesohornya, ada juga grup band dari Indonesia : J-Rocks sempat bikin mini album disini dan kasih judul album itu Road to Abbey.

J: Oh gitu. Kalo tempat belanja buat oleh-oleh di mana ya?

N : Aduh, itu agak susah. Di sini harganya rata-rata sama. Paling beda beberapa sen. Tapi, coba mampir ke Camden Market atau belanja di Primark.

J : Hmmm, selama di London, apa sih yang menarik nurut kamu ?

N:, Apa ya? London biaya hidupnya mahal. Apalagi kalo dikonversi dengan uang rupiah. Secara umum, (pemerintah) Inggris khususnya London, tahu banget cara mempromosikan program wisata mereka #AyoKeUK. Tiap hari ratusan bahkan ribuan orang berkunjung ke Buckingham Palace cuma untuk melihat istana itu dari luar pagar! Jadi, bisa dibayangkan berapa devisa yang masuk dari sektor pariwisata.

Di sini, setiap sen itu diitung. Kalo kamu belanja di mini market, store outlet atau di kedai minum kayak gini, nggak ada tuh istilah kembalian permen. Semuanya dikembalikan.

J: Oh gitu. Apalagi yang menarik tentang London?

N: London Kota tua. Bangunan disini masih asli. Mereka merawat dan menjadikan objek wisata. Mereka merenovasi tanpa menghilangkan bentuk asli bangunan.

J: Terus apa lagi?

N:, Kamu bisa pergi ke Museum Lilin Madame Taussaud. Ada patung berbagai tokoh disana. Mulai dari aktor Morgan Freeman, Angelina Jollie, Presiden Barrack Obama, Muhammad Ali sampai Cristiano Ronaldo. Eh, ada Jim Carrey juga lho…

J : Eh, Nay, aku boleh minta nomer telponmu?

N : Buat apa ?

J : Buat telepon lah. Setidaknya buat bilang terima kasih.

N: Tuh, barusan juga kamu bilang terima kasih.

Nay lalu mengambil pena dan note dari tas kecilnya. Ia lalu menulis sesuatu di secarik kertas.

N: Kamu simpan ini.

Nay lalu memasukkan kertas itu ke kantong saku jaketku.

N : Mending sekarang kamu bayar bill kita tadi deh. Habis itu kamu anterin aku ke halte di ujung jalan itu. Aku mau telepon taksi. Siapa tahu ada yang lagi dekat sini.

Aku berdiri dari tempat dudukku lalu bergegas membayar tagihan kopi kami tadi. Unfortunely, belum sempat bicara, tiba-tiba ada taksi yang melintas.

“Wah, taksi sudah datang. Ati-ati di kota orang ya,” kata Nay sembari membuka pintu taksi. “Selalu inget : Never Talk to A Stranger !”

Aku mengangguk. Abis kata-kata.

Saat taksi berjalan lambat, Nay menurunkan kaca mobil sambil berkata : “ Titip salam untuk anakmu, Si Fiorentina ya..

Aku lambaikan tangan. Saat merogoh kantong jaketku, aku teringat kertas yang diberi Nay tadi. Langsung kubaca dan aku geleng-geleng kepala. Mau tahu isinya ? Ini dia…

Ini nomer telponku : +447561252xxx. Silahkan tebak 3 angka terakhir. Semoga beruntung

#WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya