Cara Melatih Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan

Resah dengan kucing peliharaan yang suka buang air sembarangan? Coba lakukan beberapa langkah ini!

Memiliki kucing yang lucu dan menggemaskan juga mendatangkan tanggung jawab dan kewajiban baru untuk kita. Mulai dari memberi mereka makanan secara rutin, memandikannya, dan jika si kucing masih buang air sembarangan, maka kita harus siap membereskan semua itu. Tentunya, kita tidak ingin si kucing buang air sembarangan dan membuat rumah menjadi berantakan dan bau, kan? Oleh karena itu, kucing perlu untuk dilatih agar mereka bisa buang air di tempatnya. Bagaimana caranya? Simak beberapa langkah yang bisa Anda lakukan berikut.

Advertisement

1. Siapkan kotak kotoran dan isi dengan pasir

Kotak kotoran akan menjadi toilet untuk si kucing. Ukurannya bisa menyesuaikan dengan besar kucing yang Anda miliki. Semakin besar kucing, semakin besar ukuran kotak kotoran yang harus disiapkan. Jangan lupa isi kotak kotoran dengan pasir. Anda juga bisa membeli pasir khusus untuk kucing.

2. Tempatkan kotak di sudut tertentu dan perkenalkan pada si kucing

Advertisement

Kotak kotoran sebaiknya ditempatkan di sudut rumah yang jarang dilalui, tidak bising, dan mudah diakses oleh kucing. Akan lebih baik jika tempat itu juga merupakan tempat di mana si kucing sering menghabiskan waktunya. 

Begitu kotak sudah ditempatkan, perkenalkan kotak tersebut kepada si kucing sebagai tempatnya untuk buang air. Anda bisa menaruh kucing beberapa kali dalam sehari ke dalam kotak, terutama ketika Anda merasa sudah saatnya kucing untuk buang air sehingga ia paham kegunaan dari kotak tersebut. Jika sudah terbiasa, beri pujian pada si kucing dengan mengelus-elusnya.

Advertisement

3. Jika kucing buang air di luar kotak kotoran lagi, segera bersihkan

Kucing mungkin belum sepenuhnya terbiasa dengan kotak kotorannya dan terkadang masih buang air sembarangan. Jika hal itu terjadi, maka segera bersihkan kotorannya tersebut dan pastikan tidak ada feses atau urine yang tersisa untuk mencegah kucing buang air di tempat yang sama. 

4. Jangan lupa membersihkan kotak kotoran kucing secara rutin

Ketika kucing sudah mulai bisa buang air di kotaknya, ingat untuk secara rutin membersihkan kotak kotoran tersebut. Setiap hari, serok kotoran kucing kemudian buang. Anda juga bisa membiarkan beberapa kotoran di dalam kotak agar kucing mampu mengenali tempat buang airnya. Namun, ketika kucing sudah benar-benar terbiasa, Anda bisa membuang semua kotoran setiap hari. Selain itu, Anda juga perlu mengganti pasir dan mencuci kotak kotoran setiap minggu. Dengan begitu, kebersihan toilet dan kenyamanan si kucing bisa selalu terjaga. 

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melatih kucing agar tidak buang air sembarangan. Dengan memberikan kucing tempat khusus dan membuat kucing terbiasa untuk buang air di tempat itu, tentunya juga akan meningkatkan kebersihan dan kenyamanan di rumah kita.  

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Part-time writer, full-time learner.

CLOSE