Kali ini aku mau bagiin cara membuat masker pisang untuk jerawat yang sudah aku lakukan dari zaman dahulu. Nggak, deng! Masker pisang bisa dipakai kalo jerawat lagi merah-merahnya, lagi perih-perihnya. Sensasi pakai masker pisan ini enak banget buat jerawat.

Bisa dibayangkan dingin dari buah pisang yang keluar dari kulkas langsung dibuat masker dan langsung dipakai ke jerawat yang lagi mateng-matengnya sekaligus lagi perih-perihnya?

Advertisement

J – E – R – A – W – A – T.

Sebuah kata yang bisa bikin mood ancur, kadang kesel, bikin ga percaya diri, kadang malu, kadang biasa aja, bahkan kadang stres. Betul? Banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di kulit wajah mulus kamu. Salah satunya bakteri Propionibacterium acnes / P.Acnes, dengan pisang maka bakteri ini musnah ditelan pisang.

Sebelum membahasnya, kamu harus tahu kenapa pisang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Pisang, buah yang banyak banget tumbuh di Indonesia ini tidak hanya enak dimakan, tidak hanya enak dijadiin keripik, tidak hanya enak dijadiin rasa eskrim, tidak hanya enak dijadiin rasa susu tapi manfaatnya lebih dari pada itu. Pisang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya kulit, loh!

Advertisement

Pisang mengandung Vitamin A, B, C, E, Lectin, Asam amino, Seng, dan lainnya.

  • Kandungan vitamin A dari buah pisang bisa mencegah dan mengobati kulit wajah kering dan kusam, memudarkan bekas jerawat dan bintik bintik hitam akibat jerawat.
  • Lectin dari buah pisang juga bisa membunuh bakteri P.acne yang merupakan bakteri penyebab jerawat.
  • Vitamin B nya bisa melindungi kulit dari radikal bebas sehingga terhindar dari kuman, bakteri, mencegah penuaan dini, dan menghaluskan wajah secara alami 🙂

Cara membuat dan menggunakan masker pisang untuk menghilangkan jerawat adalah :

  • Bersihkan wajah kamu dengan air
  • Keringkan wajah dengan haduk dengan cara di tepuk – tepuk. JANGAN DIGOSOK!
  • Siapkan 1 buah pisang yang sudah matang. Harus berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam. Hindari pisang yang belum matang (berwarna kuning cerah dengan ujung hijau) atau terlalu matang (berminyak dan hitam).
  • Kupas kulit pisang dan masukkan pisang ke wadah / mangkuk
  • Gunakkan garpu untuk menghancurkan pisang
  • Oleskan masker pisang ke jerawat dan seluruh wajah
  • Biarkan 10 – 20 menit hingga masker menyerap dan sedikit kering
  • Bersihkan dengan air dingin
  • Keringkan dengan cara di tepuk – tepuk

Lakukan cara menghilangkan jerawat dengan masker pisang ini secara rutin dan teratur agar hasil yang maksimal bisa dirasakan.Kamu juga bisa menambahkan madu, minyak zaitun, atau minyak almond sebagai tambahannya agar hasil yang dirasakan bisa lebih maksimal.

Apa khasiat madu untuk jerawat?

  • Madu mengandung anti – bakteri yang sangat kuat yang bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat timbul. Selain itu, madu bisa mendetoks kulit wajah kamu, melancarkan peredaran darah, meremajakan kulit wajah, mencegah jerawat balik lagi, mencegah flek hitam, dan masih banyak lagi.

Begitu juga dengan minyak zaitun dan minyak almond. Sangat dianjurkan untuk menambahkan bahan lainnya ke dalam masker pisang karena bisa memerangi bakteri penyebab jerawat secara lebih aktif dan lebih efektif. Masker pisang ini juga bisa digunakan semalaman alias bisa dibawa tidur. Pagi hari baru deh di bilas. Asik, kan?

Jangan pernah bosan makeran pisang agar jerawat kamu minder buat balik lagi dan wajah mulus impian akan jadi kenyataan. 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya