Berikut ini tips dan trik untuk para orangtua yang ingin anaknya menjadi penghafal Al-Quran. Dengan tips ini anak akan mudah untuk menghafal Al-Quran dalam setiap harinya dan insyaAllah dalam waktu 2 tahun sudah bisa menghafal 20 juz Al-Quran kalau dilakukan terus menerus.

Seperti apa tips dan triknya? Yuk, dipelajari bersama!

Advertisement

1. Latih anak dengan memperdengarkan audio Al-Quran.

Dalam hal ini para orangtua bisa memperdengarkan audio murottal untuk anak-anak mereka. Audionya saat ini bisa dengan mudah di-download lewat internet.

2. Latih untuk menghafal per baris ayat Al-Quran

Advertisement

Nah, setelah anak mendengarkan audio Al-Quran maka akan lebih mudah bagi mereka untuk menghafal dan ajarkan untuk membaca satu baris ayat Al-Quran berulang kali sebanyak 15 – 20 kali, kemudian setelah itu tutup Al-Qurannya dan dibaca hafalannya tadi.

3. Target hafalan

Untuk mencapai hasil maksimal dalam menghafal, targetkan hafalan anak untuk satu hari satu malamnya. Targetkan anak bisa menghafal setangah muka halaman setiap harinya. Jadi dalam waktu 4 hari anak sudah bisa menghafal 1 lembar bolak balik Al-Quran.

4. Setoran hafalan anak

Setelah anak menghafal satu muka halaman Al-Quran, maka saatnya kita menguji apakah hafalannya sudah benar dan tepat. Untuk itu suruh anak untuk menyetorkan hafalan yang didapatnya kepada kita untuk didengar.

5. Beri hadiah kepada anak

Setelah anak sudah bisa menghafal satu juz dari Al-Quran maka berikan hadiah yang ia sukai seperti makanan yang disukai atau bisa diajak liburan. Hal ini untuk menyemangati anak supaya lebih giat dan terus menghafal Al-Quran.

6. Berdoa

Doakan anak agar bisa istiqomah dalam proses menghafal, dengan doa yang kita panjatkan kepada Allah Ta'ala insyaAllah anak akan betah dan cinta terhadap Al-Quran.

7. Semangati anak

Ada kalanya anak akan bosan dengan hal ini, untuk itu terus motivasi anak agar terus menghafal Al-Quran. Dan kita sebagai orangtua juga harus konsisten dalam hal ini.

8. Berikan libur

Untuk mencegah anak bosan dalam menghafal Al-Qran, berikan libur satu hari dalam satu minggu. Ini terbukti efektif menjaga semangat anak untuk terus menghafal.

Poin penting dalam mengajarkan anak untuk menghafal adalah pada orangtuanya. Semakin kuat orangtua untuk mengajarkan dan terus memotivasi anak, insyaAllah anak akan terus bersemangat karena semangat orangtua akan menguatkan anak.


Kasih sayang dan perhatian yang kita curahkan kepada anak insyaAllah akan berbuah manis kelak dikemudian hari, terus jaga semangat anak dan kita sebagai orangtua.


Nah, teman teman semuanya itu tadi kiat-kiat yang bisa kita lakukan agar anak bisa menjadi penghafal Al-Quran dan menjadi tabungan amal jariah untuk kita. Semoga bermanfaat dan berkah, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya