Untuk papa dan mama muda, berikut ini tips dan trik ampuh agar anak kita yang masih kecil mau dan semangat untuk menghafal Al Quran, Bagaimana caranya ? yuk kita pelajari tahapan tahapannya.

1. Latih terlebih dahulu dengan memperdengarkan Mp3 Quran.

Advertisement

Pada tahapan yang paliang awal ini, papa dan mama bisa memperdengarkan mp3 murottal Quran untuk anak-anak mereka. untuk referensinya bisa dengan mudah kok di cari dan di-download di internet.

2. Latih anak untuk menghafal per baris ayat-Quran

Nah, setelah keinginan anak kuat setelah kita menerapkan metode awal yakni dengan mendengarkan mp3 Al-Quran, selanjutnya langkah kita akan lebih untuk merayu anak agar mau menghafal Al Quran, caranya selanjutnya yakni dengan cara mengajarkan anak untuk membaca satu baris ayat Al-Quran berulang kali sebanyak 10-15 kali, lalu setelah itu ajarkan anak untuk menghafal sampau hafal satu baris ayat Quran dan setelah tutup Al-Qurannya dan suruh anak untuk mengulang hafalannya tadi yang sudah di dapat.

Advertisement

3. Menargetkan hafalan anak

Agar hasil yang didapat bisa maksimal, targetkan hafalan bagi anak dalam satu hari satu malamnya. Kita bisa membuat target seperti anak harus bisa menghafal setangah muka halaman pada setiap harinya. atau lebih sedikit, dengan kalkulasi dalam waktu sekitar 4 hari sampai satu minggu anak sudah bisa menghafal sebanyak 1 lembar Al-Quran bolak balik.

4. Membuat jadwal Setoran hafalan quran untuk anak

Setelah anak bisa menghafal satu muka halaman AQuran, langkah selanjutnya adlah tahapan untuk menguji apakah hafalannya sudah benar dan tepat. Untuk itu suruh anak untuk menyetorkan hafalan yang didapatnya kepada kita untuk kita teliti.

5. Berikan reward untuk anak

Sebagai pemicu semangat anak adalah dengan memberikan hadiah kepada anak kita apabila sudah bisa menghafal satu juz Quran hadiah yang diberikan bisa berupa makanan yang disukai atau diajak berlibur.

6. Mendoakan Anak

Doa orang tua merupakan salah satu doa yang mudah di kabulkan oleh Allah Ta'ala, untuk itu kita harus mendoakan anak agar tetap istiqomah dalam proses menghafal.

7. Picu semangat anak

Dalam proses menghafal pasti ada kalanya anak itu akan merasa bosan, untuk itu selaku orang tua kita harus terus memotivasi anak agar tidak bosan untuk menghafal Al-Quran.

8. Memberikan waktu libur menghafal

Berkaitan dengan point ke 7, agar menjada konsistensi anak dalam menghafal selain memberikan motivasi kita juga harus memberikan hari libur untuk anak agar dia tidak cepat bosan.

Poin terpenting dalam mengajarkan anak menghafal Quran terletak pada orangtuanya itu sendiri. Semakin kuat orangtua untuk menyemangati anak, maka sang anak pun akan terus bersemangat karena dukungan yang kuat daru orang tuanya.


Kasih sayang dan perhatian yang kita curahkan kepada anak insyaAllah akan berbuah manis kelak dikemudian hari, terus jaga semangat anak dan kita sebagai orangtua.


Advertisement