Cara Merawat Hewan Peliharaan Dengan Baik

Berbagai cara merawat hewan yang terkadang disepelekan oleh pemiliknya

Bagi para penyuka hewan pastinya memiliki hewan peliharaan sendiri merupakan impian setiap orangnya. Namun seringkali dijumpai bahwa manusia yang mencoba untuk memelihara hewan malah menelantarkan makhluk hidup tersebut. Sebelum anda mengadopsi hewan tersebut, ada baiknya persiapkan beberapa hal dibawah ini.

Advertisement


  1. Perhatikan kondisi hewan yang akan dipelihara

    Jika anda berniat mengadopsi dari teman ataupun jalan, perhatikan dari segi kesehatan dan juga kebersihan hewan tersebut. Bawa ke dokter dengan jangka tiga bulan dan berikan vaksin untuk mencegah penyakit awam.

  2. Menyediakan penempatan kandang hewan peliharaan

    Sama seperti manusia, hewan pun juga membutuhkan rumah. Idealnya sangkar yang bagus untuk binatang adalah yang jauh dari kebisingan. Perhatikan juga bahan sangkar agar tidak membahayakan hewan.

  3. Memberikan makanan dan minuman untuk hewan dengan jumlah yang tepat

    Terkadang hewan selalu memakan apapun yang diberikan kepadanya. Namun, pemiliki hewan harus mengetahui jumlah takaran dari gizi yang dibutuhkan oleh hewan tersebut. Observasi kandungan nutrisi dari makanan yang diberikan dan juga berikan vitamin.

  4. Menjaga kebersihan kandang hewan secara terpola

    Tidak hanya menyediakan kandang yang aman, namun kenyamanan hewan juga harus diperhatikan. Minimal dua pekan sekali kandang harus dibersihkan secara mendalam agar hewan pun tidak terkena penyakit.

  5. Berikan perawatan khusus untuk peliharaan

    Seperti manusia yang membutuhkan beberapa perawan khusus, hewan pun juga harus diperhatikan agar tidak menyakiti diri mereka sendiri. Contohnya adalah bulu kucing yang harus dipotong empat bulan sekali, lalu kuku kelinci yang harus selalu diperhatikan. Selain itu, lindungi hewan dengan asuransi hewan peliharaan dari risiko kematian karena kecelakaan atau hilang karena dicuri.

Sekian beberapa cara yang dapat anda persiapkan sebelum menambah anggota keluarga ke dalam rumah. Tidak hanya memberikan kebahagiaan kepada pemiliknya, namun hewan yang dirawat juga harus hidup bahagia.

Advertisement



Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE