Caraku Menghilangkan Kecanduan Game Online. Meski Nggak Gampang Tapi Ternyata Aku Bisa!

Menurut saya game itu hanya dimainkan untuk bersenang-senang

Menurut saya game itu hanya dimainkan untuk bersenang-senang, baik itu game online maupun game offline, namun karena terlalu menikmati game tersebut, sering membuat kita menjadi kecanduan bermain game.

Advertisement

Efek negatif dari kecanduan game membuat kita menjadi tidak peduli dengan keadaan di sekitar kita, menghabiskan waktu seharian untuk bermain game, sehingga membuat pekerjaan atau sekolah kita menjadi berantakan.

Banyak orang yang tidak menyadari jika mereka sedang kecanduan bermain game, terlebih sekarang berbagai macan game semakin menarik dan bagus, sehingga tidak heran jika sebagian besar pengguna smartphone menjadi kecanduan bermain game.

Menurut saya pribadi ada beberapa ciri-ciri orang yang kecanduan game. Diantaranya adalah:


  • Lebih mementingkan game daripada aktivitas yang seharusnya di utamakan seperti sekolah, kuliah ataupun bekerja.

  • Selalu menunda pekerjaan demi bermain game, biasanya akan selalu banyak alasan mengerjakan tugas setelah bermain game.

  • Ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan, tidak peduli dengan hasil pekerjaannya. Karena prioritas utama bermain game

  • Kecanduan game yang sangat berat membuat kita menjadi ingin bermain game dimanapun kita berada seperti dirumah, dikampus, dipasar, bahkan sedang kumpul dengan teman-teman.

  • Rela begadang sampai malam hari bahkan pagi hari hanya untuk bermain game.

  • Terkadang rela mencari tutorial gameplay dari game yang dimainkan di youtube maupun sumber lainnya hanya untuk mempelajari supaya menjadi pro player.

Efek negatif kecanduan game membuat waktu sehari-hari kita hanya untuk bermain game, secara tidak sadar kita menjadi orang yang tidak peduli dengan sekitar, bahkan ketika kumpul bareng teman kita malah sibuk sendiri bermain game.

Advertisement

Ketika masih diawal mengalami kecanduan game, saya hanya berpikir untuk mengisi waktu luang, namun lama kelamaan saya mulai mengambil waktu kuliah, kerja dan lainnya hanya untuk bermain game. Pelan tapi pasti kecanduan game membuat aktivitas-ku menjadi berantakan di dunia nyata :')

Saya sendiri sudah sering kecanduan bermain game mulai dari game komputer sampai dengan di smartphone. Saya mulai mengenal game pada masih di bangku kanak-kanak (TK) dan game yang pertama kali saya mainkan adalah Counter Strike di PC. Bahkan sekolah saya pernah berantakan gara-gara kencanduan bermain game di warnet waktu saya masih duduk di bangku SMP, mulai dari pagi hari jam 6 saya sudah menyuruh pemilik warnet untuk membuka warnet nya sampai di sore hari baru pulang :')

Dan sekarang saya mulai kecanduan game lagi. Game yang membuat saya kecanduan adalah game MMORPG, FPS dan MOBA, entah kenapa game online mudah membuat saya kecanduan, hingga membuat banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk bermain game tersebut. Beberapa contoh game yang pernah membuat saya kecanduan:


  • Heroes Charge – Game RPG Mobile yang dikembangkan oleh uCool ini memiliki kemiripan karakter dengan heroes di Defender of the Ancient (DoTA) yang membuat saya tertarik untuk memainkannya. Dulu saya sering bermain game ini sampai pernah topup senilai $99.9 atau setara dengan Rp. 1.500.000,- hanya untuk mendapatkan karakter yang bagus :')

  • Mobile Legends: Bang Bang – Saya kecanduan bermain game mobile legends lebih dari 6 bulan, dan menghabiskan banya uang juga untuk topup demi mendapatkan skin yang bagus, namun ketika waktu kecanduan kita cenderung sadar, dan setelah sadar saya sempat berhenti total selama satu tahun dari game tersebut, namun sekarang saya kembali lagi mulai kecanduan game ini karena saya terlalu terobsesi untuk mendapatkan peringkat rank yang tinggi. Memang menjadi orang yang tidak gampang menyerah dan mau berusaha itu bagus tapi kalau ampe salah dengan apa yang di perjuangin rasanya jadi sia-sia :')

  • PUBG Mobile – Karena bosan dengan game moba saya berali ke game shooter, pada saat pertama kali maen memang susah saya rela membeli alat untuk kemudahan bermain game ini. Secara tidak sadar saya mulai kecanduan game lagi dan menghabiskan banyak uang.

  • Era of Celestials – Game MMORPG Mobile ini memang seru untuk dimainkan apalagi karakter yang kita mainkan bisa berjalan sendiri tanpa harus kita jalankan (Automatic Play) disini saya juga rela mengeluarkan uang lagi hanya untuk mendapatkan item yang langka. Ketika sadar kalau di game ini No Pay No Win. Saya mulai berhenti memainkannya.

  • Honkai Impact 3 – Game yang dikembangkan oleh MiHoYo ini mempunyai karakter yang mirip anime, karena saya sendiri juga suka anime (WIBU) jadi saya memainkan game waifyu ini sampai sekarang :')

Ketika kecanduan beberapa game diatas, membuat saya menghabiskan banyak waktu, hanya untuk bermain game. Saya bisa menghabiskan waktu 3 – 6 jam bahkan seharian hanya untuk bermain game tersebut.

Lalu bagaimana cara saya menghilangkan kecanduan game? Karena saya sudah sering kecanduan game sejak kecil, sudah berbagai cara saya coba untuk berhenti bermain game. Terkadang saya membatasi jam bermain bahkan sampai menghapus game tersebut.

Namun menurut saya cara tersebut kurang efektif, karena bukan membuat tidak kecanduan game, malah membuat semakin kecanduan game tersebut. Karena waktu untuk bermain game itu sangat terbatas, serta ketika di waktu luang selalu membuka ponsel selalu ingin bermain game tersebut, jika game sudah di hapus, cepat atau lambat akan kepikiran terus pasti akan menginstall ulang game tersebut.

Saya sendiri sudah pernah mencoba menghapus game Mobile Legends kesayangan sampai lebih dari 30x, ketika bermain lose streak saya langsung menghapusnya tetapi tidak lama kemudian saya masih penasaran dan menginstallnya lagi :')

Banyak orang yang kecanduan game namun mereka tidak sadar kalau sedang kecanduan karena hal itu kita perlu sadar jika diri kita ini sedang kecanduan game.

Setelah mengakui jika diri kita sendiri sudah kecanduan game, mulailah berpikir berhenti bermain game tersebut, maka mungkin ada alasan pribadi bermain game untuk bersenang-senang.

Ketika sudah sadar kecanduan merenunglah berapa banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk bermain game? apa yang kamu dapatkan dari bermain game tersebut?

Banyak orang yang kecanduan game menghabiskan waktu dan uang hanya untuk membeli item di game tersebut, apakah kamu salah satunya? jika iya coba renungkan apa yang kamu dapatkan dari game tersebut?

Apakah hanya untuk bersenang-senang, coba pikirkan lagi game untuk bersenang-senang hanya dimainkan di waktu luang dan tidak berfokus serta menghabiskan waktu seharian hanya untuk bermain game. Jika beralasan bermain game hanya untuk senang-senang maka aktivitas dunia nyata akan berjalan normal.

Tapi faktanya kamu sudah kecanduan game dan membuat semua aktivitas berantaan bahkan tidak peduli dengan sekitar maupun orang terdekat.

Setelah sadar diri dan merenung biasanya akan muncul niat berhenti dari kecanduan game tersebut. NIAT ingin menghilangkan kecanduan game adalah hal penting. Jika semua dilakukan dengan NIAT maka saya yakin semua orang bisa mencapainya.

Bisa juga menghilangkan kecanduan game dengan mencari aktivitas lain yang lebih bermanfaat seperti melihat Anime, Drama Korea, dsb. Yang jelas kamu harus memulai hari dengan aktivitas lain selain game. Dihari pertama hal ini memang sangat sulit karena pola pikiran masih terikat dengan game tetapi lakukanlah itu secara bertahap dan jangan berhenti.

Saya sendiri terkadang memulai dengan kegiatan yang lain seperti membaca buku maupun membuat / mengembangkan aplikasi karena saya sendiri juga menyukai dunia programming.

Kesimpulannya, berhenti bermain game itu harus sadar diri jika kita sudah kecanduan game, lalu merenung berapa banyak waktu yang dihabiskan sehari-hari untuk bermain game, setelah menyadari hal tersebut saya mulai aktivitas lain seperti membaca buku ataupun menonton anime, saya mencoba merubah fokus otak saya yang sebelumnya hanya bermain game.

Secara perlahan membuat saya tidak kecanduan bermain game lagi karena d isana pikiran saya menjadi normal dan tidak terikah pada game lagi sehingga bisa melakukan aktivitas dengan normal kembali.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE