Banyak hal yang membuat lo harus bersyukur. Jangan hanya karena hari ini lo dapat tugas dari atasan yang super duper banyak, lo ngeluh yang seakan-akan hal sepele seperti itu wajib dikeluhin.


Its simple, hari ini lo bisa hidup aja sudah menjadi alasan terbesar kenapa lo harus bersyukur!


Sederhana kan, dulu gue juga sering banget ngeluh kalau ada problem, entah itu tempatnya di sekolah, di rumah yang jelas problem mau kecil mau gede pasti ngeluhnya sama aja pake kata "Ahhhhhhhhhhhhhhhhhh" yang mengisyaratkan ke Tuhan bahwa gue lelah, capek, dan sejenisnya.

Tapi pernah nggak sih kita mikir, kita ngeluh emang bagi kita ada untugnya? Tiba-tiba uang jatuh dari langit atau mungkin tiba tiba masalahnya selesai. Hey wake up, its not clear! Semua persoalan yang dibarengi dengan keluhan itu sama sekali nggak ada feedback-nya untuk kita.


Bukannya Tuhan udah bilang ya, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".


Jadi coba deh syukuri hal kecil, entah itu kepeleset dari satu tangga trus bilang "Ya Allah, terima kasih" and think again! Kalau hal kecil kayak gitu aja harus kita syukurin gimana nikmat yang benar-benar nikmat yah? :)

Oke, nggak yakin sih ada yang bakal nanya soalnya gue tau semua pembaca blog pasti percaya dengan adanya ke-Tuhan-an, tapi nggak tau aja pengen bahas ini soalnya dulu gue pernah dengar kata-kata yang bilang gini "Ngapain sih bilang makasih ke Tuhan, bukanya dia udah Maha Kaya ya, masa terima kasih aja dia butuhin?"

Tapi serius, ini pertanyaan yang sederhana yang membutuhkan jawaban paling hati-hati menurut gue. Dan menurut pendapat gue sendiri yang notabenya beragama Islam, kenapa kita harus bersyukur bukan karena Tuhan butuh itu. Tapi karena dia pengen liat dari sekian banyak ummatnya yang diberi nikmat, siapa aja sih yang masih ingat sama pemberi nikmat itu?


Jadi, biasakan bersyukur ya teman-teman, setidaknya hari ini bisa ngebuka mata untuk bertemu kembali dengan semesta adalah hal besar yang lo harus bilang ke Tuhan "Terima Kasih Tuhan!"


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya