Siapa yang tidak tahu dengan minuman yang satu ini, warnanya yang hitam dan cita rasanya yang unik. Membuat pencitanya ada dimana-mana, aromanya yang khas juga membuat rileks. Biasanya kopi disajikan di pagi hari ataupun sore hari. Sekarang tidak hanya dicampurkan dengan gula, kopi juga disajikan dengan susu, kayu manis dan lain-lain.

Kopi diproduksi lebih dari 50 negara, diantaranya adalah Brazil yang merupakan produsen terbesar. Pada tahun 2017-2018, negara Brazil memproduksi lebih dari 51 juta karung berisi biji kopi. Posisi kedua ditempati oleh Vietnam. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia berada di posisi ketiga dengan produsen terbesar. Bukan rahasia lagi kalau indonesia menjadi salah satu negara dengan penghasil kopi terbaik dunia, sejak dikenalkan oleh Belanda ratusan tahun lalu.

Advertisement

Ajang bergengsi yang diadakan di Paris, Prancis pada 23 Oktober 2018 lalu yang diselenggarakan oleh AVPA atau Agency for the Valorization of the Agricultural bertujuan untuk membantu para produsen produk pertanian dari seluruh dunia untuk memasarkan produk-produk mereka dalam pasar Eropa. Kompetisi ini lebih dari 170 negara yang ikut berkontribusi dalam acara ini seperti EI Savador, Brazil, Kolombia, Indonesia, Laos, Kenya, Meksiko, dan lain-lain.

Meskipun Indonesia diperingkat tiga dalam memproduksi kopi, ternyata tidak menjadikan orang-orang indonesia mendapatkan gelar menjadi negara dengan peminum kopi terbanyak. Jika menyangkut negara dengan orang-orang terbanyak mengomsumsi kopi, hanya dua negara yang termasuk. Negara ini menyeruput lebih dari 10 kilogram kopi per orang pertahun, yaitu Finlandia dan Swedia.

Sebagian juga, kopi menjadi salah satu gaya hidup dari orang-orang indonesia, kenapa bisa disebut seperti itu? Karena orang-orang Indonesia mempunyai cara tersendiri dalam mengomsumsi kopi, beda wilayah beda juga cara menikmati kopi. Ada dengan cara memasukkan arang ke dalam kopi, ada juga meletakkan gelas kopi dengan cara terbalik yang dibawah gelas itu ada piring kecil sebagai alat menyeruput kopi, unik sekali bukan?

Advertisement

Sangking populernya kopi Indonesia dan memiliki banyak peminat, tidak hanya dari orang-orang Indonesia sendiri tetapi juga sampai diekspor terutama ke negara-negara lain seperti, Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan Arab. Ini juga sebagai komuditi ekspor Indonesia. Komoditi adalah sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dijual dan dibeli oleh investor melalui bursa berjangka.

Bisa dikatakan kualitas kopi indonesia tidak diragukan lagi, ditanam di lokal kualitas Internasional, mengapa bisa dikatakann seperti itu? Karena semakin banyaknya negara-negara lain yang sudah tergabung dalam ekspor kopi Indonesia, itu menandakan kopi dari Indonesia semakin digemari oleh orang-orang dari luar negeri, dari situ juga bisa dinilai kalau biji kopi dari Indonesia memang berkualitas internasional dan semakin membantu perekonomian Indonesia dalam bidang ekspor.

Dari sekian banyak jenis-jenis kopi di Indonesia yang paling banyak diekspor itu ada 5 macam biji kopi yang pertama, kopi gayo yang berasal dari Aceh, kopi kintani berasal dari dataran tinggi Kintamani, kopi bajawa berasal dari Kabupaten Ngada, di Flores, kopi jawa berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, kopi toraja berasal dari Sulawesi.

Bukan hanya untuk nikmat diminum oleh individual, kopi juga mengutungkan negara, dengan kopi juga bisa sebagai salah satu alternatif mempromosikan Indonesia. Dari kopi orang semakin penasaran dengan Indonesia, dari situ banyak yang mencari tahu tentang Indonesia. Lama-lama tidak hanya kopi yang dunia tahu tentang Indonesia. Masih banyak lagi kebudayaan yang sangat beragam, tempat wisata yang sangat mengagumkan walaupun berawal dari kopi.

Kebun kopi juga bisa mendatangkan hasil, yaitu menjadi mata pencarian untuk penduduk lokal yang berada disekitar wilayah perkebunan kopi dan meninggkatkan perekonomian disuatu wilayah. Hal ini juga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Semakin banyak perkebunan kopi semakin banyak juga orang-orang  disekitar wilayah tersebut yang diperkerjakan. Ini sangat membantu perekonomian daerah, juga bagi petani kopi.

Sebagian orang juga masih banyak  yang belum tahu kalau ternyata kopi juga bermanfaat bagi tubuh. Dapat mengurangi risiko diabetes dengan cara meminum kopi dalam kadar yang tidak berlebihan, kopi juga dapat melawan kanker, menurunkan resiko demensia (pikun), melindungi tubuh dari penyakit parkinson atau penyakit yang menyerang otak, dan juga mencegah depresi. Kopi juga bisa untuk kecantikan, seperti untuk body scrub yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu kopi dapat mencerahkan kulit wajah yang dengan cara dibuat seperti masker wajah. Tinggal diolehkan ke wajah dengan diberisedikit.

Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat bangga dengan Indonesia yang menjadi salah satu kualitas kopi terbaik dunia, ini juga tidak lepas dari letak geografis Indonesia yang menjadikan tanaman-tanaman yang ditanan di Indonesia yang menghasilkan perkebunan yang berkualitas, semoga tidak hanya kopi yang dikenal indonesia melainkan hal-hal lain yang bisa membantu perekonomian indonesia dalam kedepannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya